PELATIHAN DAN PEMBENTUKAN TIM SIAGA BENCANA SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA
Abstract
Abstrak: Hasil identifikasi masalah ditemukan, sekolah mitra kegiatan Pengabdian kapada Masyarakat (PKM) selalu dilanda bencana angin puting beliung setiap tahun. Para guru mengaku, belum memiliki kapasitas dalam melakukan penyelamatan diri dan juga ke anak-anak bila terjadi bencana selama jam sekolah. Tujuan kegiatan PKM adalah memfasilitasi terbentuknya Tim Siaga Bencana Sekolah (TSBS), meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan TSBS tentang program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) serta terampil melakukan tindakan pertolongan dini pada korban saat kejadian bencana di sekolah. Metode kegiatan dalam bentuk pelatihan dan simulasi bencana. Mitra kegiatan terdiri dari guru dan siswa sebanyak 20 orang. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dari 90% peserta terhadap program SPAB melalui perbandingan skor pre-test dan post-test. Hasil evaluasi kegiatan simulasi bencana juga menunjukkan terjadinya peningkatan kesiapsiagaan dan ketrampilan dalam melakukan pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban bencana di sekolah. Kegiatan PKM juga berhasil membentuk struktur TSBS yang beranggotakan perwakilan guru, siswa, pegawai dan komite sekolah.
Abstract: The problem identification results revealed that the partner of the community service activities (PKM) is struck by strong winds every year. Teachers reported lacking the capacity to conduct self-rescue or assist children during school hours in the event of a disaster. The objective of this Community Service Program activity is to facilitate the establishment of a School Disaster Response Team (TSBS), enhance the knowledge and skills of the TSBS members regarding the Safe School Program for Disaster Preparedness (SPAB), and train them in providing initial assistance to victims in case of disasters. The activity methods include training and disaster simulations. The activity partners consisted of 20 teachers and students. Results show a 90% increase in participants' knowledge of the SPAB program based on pre-test and post-test score comparisons. Simulation evaluations further demonstrated increased readiness and skill in search, rescue, and evacuation of disaster victims. The PKM activity also successfully formed a TSBS structure, including representatives from teachers, students, staff, and the school committee.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Andung, P. A., Lobo, L., & Mandaru, S. S. E. (2021). Disaster Information Literacy During Covid-19 Pandemic at a Christian School in Disaster-Prone Area. 514(Icoship 2020), 5–9. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210101.002
Andung, P. A., Messakh, J. J., & Doko, M. M. (2023). Komunikasi Bencana: Konsep, Teori & Praktik Baik Berbasis Kearifan Lokal. Zifatama Jawara.
Anisah, N., & Sumarni, S. (2019). Model Sekolah Aman Bencana Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter di MIN 1 Bantul. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 9. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).9-20
Ariani, F. (2021). Penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMA Negeri 8 Mataram. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 108–117. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781865
Arisona, R. D. (2020). Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sdn 2 Wates Ponorogo. Journal of Social Science And Education, 1(1), 1–7. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka/article/view/1939/1214
Budiman, L., Akbar, L. M. T., & Rasyid, L. M. F. (2024). The Role of the Disaster Preparedness Team in Central Lombok. Jurnal Konstituen, 6(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jk.v6i1.4097
Haikal, D. F., Hijri, Y. S., & Kamil, M. (2021). Penanggualangan Bencana Melalui Program Sekolah Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 7(1), 86–108. https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v7i1.195
Hardy, F. R., Pulungan, R. M., & Permatasari, P. (2021). Pembentukan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Cikulur. Jurnal Ikraith-Abdimas, 4(3), 132–144.
Harnita, P. C. (2021). Pengembangan dan Implementasi Komunikasi Pendidikan Bencana Tsunami. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 224. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1586
Ibrahim, K., Emaliyawati, E., Yani, D. I., & Nursiswati, N. (2020). Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana Bagi Masyarakat. Media Karya Kesehatan, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.24198/mkk.v3i1.23991
Indira Karina Parahita, Novia Luthviatin, E. I. (2016). Peran Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dalam Kesiapsiagaan Bencana di Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 4(2), 345–351.
Kasman, R. (2019). Bimbingan Satuan Pendidikan Aman Bencana Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan Pasca Bencana Di Kota Palu, Sigi Dan Donggala. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 67. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2251
Ma’sum, A. A. (2024). Implementasi Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dalam Membangun Resiliensi Sekolah di MAN 3 Bantul. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 13(2), 69–76. https://www.dwijo.id/2023/02/implementasi-program-satuan-pendidikan.html
Marlyono, S. G., Pasya, G. K., & Nandi. (2016). Pengaruh Literasi Informasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana di Provinsi Jawa Barat. Gea. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(2), 116–123. https://doi.org/10.17509/gea.v16i2.4491
Mujiburrahman, Nuraeni, & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 317–321. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1082
Ndaparoka, S. L., Ike Kusdyah, R., & Agus R. A. (2023). Pengaruh Pemberdayaan Lembaga, Pengetahuan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Program Terhadap Ketangguhan Hotel dalam Menghadapi Ancaman Bencana di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. 12(1), 496–516.
Noviani, R., Muryani, C., & Prihadi, S. (2023). Literasi Satuan Pendidikan Aman Bencana ( SPAB ) untuk Meningkatkan Kapasitas MGMP Geografi Kabupaten Boyolali. Jurnal SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat) Vol., 12(2), 208–215. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/semar.v12i2.76890 Literasi
Patel, R. K., Pamidimukkala, A., Kermanshachi, S., & Etminani-Ghasrodashti, R. (2023). Disaster Preparedness and Awareness among University Students: A Structural Equation Analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(5), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph20054447
Rahady, M. K., & Kurniawan, F. A. (2023). Kesiapsiagaan Sekolah SD Negeri 2 Sanden Kabupaten Bantul Dalam Menghadapi Bencana Alam Gempabumi. Indonesian Journal of Environment and Disaster, 2(2), 165–177. https://doi.org/10.20961/ijed.v2i2.845
Rudiyanto, Rosuli, A., Prasetyawan, R. D., Iswahyudi, U. A., Arifuddin, Y. W., Barata, B. P., & Prasetyono, J. D. (2023). Upaya Peningkatan Siap Siaga Bencana Tsunami Pada Siswa Sma di Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 7(2), 85–93.
Rysnawati, N. ., Sukarasa, I. ., & Paramarta, I. B. . (2017). Analisa Tingkat Bahaya Dan Kerentanan Bencana Gempa Bumi Di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Buletin Fisika, 18(1), 32 – 37.
Safitri, R. W., & Syarifah, M. N. (2023). Sosialisasi Penerapan Sekolah Aman Bencana Pada Guru UPT SD Negeri 339 Gresik. Jurnal Abdimas PHB, 6(1), 126–132.
Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Analisis Etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18–24. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.327
Sunimbar, Wulakada, H. H., Samin, M., & Mari, N. A. H. N. (2022). Meningkatkan Kesiapsiagaan Warga Sekolah Dasar. Journal of Character Education Society, 5(4), 171–180.
Suryadi, Y., Lukitawati, L., & Ulya, H. (2024). Penerapan Pendidikan Bencana dalam Membangun Kesiapsiagaan Sekolah Dasar dari Risiko Bencana. Jurnal Basicedu, 8(1), 633–642. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7158
Syamsuddin, S., Alaa, S., Ahyana, R., Kurniawidi, D. W., Ayub, S., & Zuhdi, M. (2023). Simulasi Sekolah Aman Bencana di SMKN 1 Kuripan Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Bencana di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 4((1)), 9–12. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(1).175
Virgiani, B. N., Aeni, W. N., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana dengan Metode Simulasi terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana : Literature Review. Bima Nursing Journal, 3(2), 156. https://doi.org/10.32807/bnj.v3i2.887
Wulandari, T., Tanjung, Y. I., Festiyed, Asrizal, Desnita, & Diliarosta, S. (2023). Literature Review: Analisis Integrasi Mitigasi Bencana pada Pembelajaran. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 390. https://doi.org/10.30998/sap.v7i3.15462
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Petrus Ana Andung, Maria Via Dolorosa Pabha Swan, Meryana Micselen Doko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: