PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM MENGEDUKASI DAN MENUMBUHKEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak: Pembelajaran kewirausahaan dapat menjadi sarana bagi siswa/i untuk mengembangkan ide usaha dan keterampilan serta menumbuhkembangkan minat dalam berwirausaha. SMK Negeri mengalami kendala dalam mengedukasi dan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan siswa/i karena minimnya pemahaman, pengalaman dan bimbingan terhadap sisiwa/i tentang praktek kewirausahaan yang tepat serta tidak memiliki akses yang memadai terhadap teknologi informasi dalam melakukan praktek kewirausahaan. Sasaran kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan satu mitra SMK Negeri diikuti 30 orang siswa/i yang bertujuan dalam memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dengan melakukan pengembangan softskill dan karakter untuk penguatan profil pelajar pancasila melalui penguatan keterampilan literasi digital kewirausahaan dan teknologi informasi bagi siswa, Kegiatan ini terdiri dari tahapan persiapan dengan melakukan observasi dan wawancara, tahapan pelaksanaan mencakup workshop Entrepreneurial Self-Efficacy (ESE), pelatihan kewirausahaan berbasis TIK dan tahapan evaluasi meliputi outcome monitoring melalui kuisioner pre-test dan post-tes. Hasil dari kegiatan PKM yang telah dilakukan dapat mengedukasi dan menumbuhkembangkan minat kewirausahaan siswa SMK Negeri berdasarkan aspek prediksi diri sebesar 0,62%, niat perilaku sebesar 5,07%, pengambilan resiko sebesar 6,57% dan inovasi sebesar 3,6%. Praktek kewirausahaan berbasis TIK dengan membuat draft business plan menggunakan aplikasi Visme AI Business Plan mampu meningkatkan 21% kemampuan pengetahuan dan pemahaman siswa SMK Negeri tentang business plan.
Abstract: Entrepreneurship learning can be a means for students to develop business ideas and skills and foster an interest in entrepreneurship. State Vocational High Schools experience obstacles in educating and developing students' entrepreneurial spirit due to the lack of understanding, experience and guidance for students about appropriate entrepreneurial practices and inadequate access to information technology in carrying out entrepreneurial practices. The target of the Community Partnership Empowerment (PKM) activity with one State Vocational High School partner was attended by 30 students which aimed to strengthen the implementation of the Merdeka Curriculum in schools by developing soft skills and character to strengthen the profile of Pancasila students through strengthening digital literacy skills in entrepreneurship and information technology for students. This activity consists of preparation stages by conducting observations and interviews, implementation stages include Entrepreneurial Self-Efficacy (ESE) workshops, ICT-based entrepreneurship training and evaluation stages include outcome monitoring through pre-test and post-test questionnaires. The results of the PKM activities that have been carried out can educate and develop the entrepreneurial interests of SMK Negeri students based on aspects of self-prediction of 0.62%, behavioral intentions of 5.07%, risk taking of 6.57% and innovation of 3.6%. ICT-based entrepreneurial practices by creating a draft business plan using the Visme AI Business Plan application can increase 21% of the knowledge and understanding of SMK Negeri students about business plans.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Agung, C. P., Debby, T., Tiffani, I., & Gomulia, B. (2024). Entrepreneurial Self-Efficacy (ESE) dan Perannya Terhadap Kebertahanan Bisnis. Jurnal MODUS, 36(1), 18–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/modus.v36i1.8178
El Hasan, S. S., Maden, M., Misa, B., & Wahyudi. (2020). Pelatihan Business Plan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 37–43.
Harding, D., Padjadjaran, U., Kadiyono, A. L., Hafiar, H., Titin, P., & Ma’mun, N. (2020). Readiness Of Technology Adaptation Toward Digital Based Entrepreneurship. International Journal of Entrepreneurship, 24(1), `1-5.
Hasan, M., Santoso, I., Syahfitri, D., & Karoma, S. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. Journal of Business Management Education |, 6(1), 28–39.
Irwansyah, M. R., & Tripalupi, L. E. (2018). Menguji Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha di Kalangan Mahasiswa. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 251–255.
Iskhakova, L., Hilbert, A., & Joehnk, P. (2021). Cross-cultural Research in Alumni Loyalty: An Empirical Study among Master Students from German and Russian Universities. Journal of Nonprofit and Public Sector Marketing, 33(4), 457–492. https://doi.org/10.1080/10495142.2020.1760995
Mariana Ulfa, S., & Suharsono, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital & Prakerin (edit). Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 263–272.
Maudina, A. (2022). Pengaruh Belajar Digital Literari dan Entrepreneuri Terhadap Niat Wirausaha. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneuship and Finance, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.53067/ijebef.v2i2
Munawaroh, M., Lisan Nia, V., Agustina, R., & Rif, D. (2021). Strategi Penanaman Jiwa Kewirausahaan pada Peserta Didik di SDN 02 Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Prosiding SEMAI, 569–585. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/
Ovinus Ginting, S., Efendi, N., & Halomoan Hutasoit, A. (2022). Managerial Capability Training for Village Owned Enterprises (BUMDes) Management. Abdimas Umtas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 2134–2139. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/abdimas.v5i1.2084
Ovinus Ginting, S., Perangin-Angin, N., Tiadoraria br Ginting, L., & Ginting, M. (2024). Transformasi Financial Behavior Mahasiswa Medan:Peran Financial Literacy, Financial Attitude dan Financial Socialization Agents. OWNER : Riset & Jurnal Akuntansi, 8(4), 4160–4173. https://doi.org/10.33395/owner.v8i4.2383
Peraturan Pemerintah (PP). (2022). Standar Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022
Rahmawati, S., & Nugrahani, T. S. (2019). Pengembangan Pendekatan Kreatif Inovatif Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), 129. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n2.p129-144
Santosa, M., Com, M., & Natsir, M. (2015). Pengaruh Mentoring Terhadap Efikasi Diri Kewirausahaan. Seminar Nasional : Strategic Agility : Thrive In Turbulent Environment (Research and Practices), 142–156.
Sihwadi, S., Santoso, B., Kuat, T., & Mahmudah, F. N. (2023). Meningkatkan Jiwa Wirausaha Melalui Pengembangan Pembelajaran Berbasis Produk Pada Siswa SMK. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 986–1000. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.320
Sudarto, Yunis, R., & Ovinus Ginting, S. (2024). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Keterlibatan dan Keterhubungan Alumni SMA. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(3), 3007–3019. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22915
W H Lubis, T., Efendi, N., & Ovinus Ginting, S. (2022). Kewirausahaan Untuk Generasi Z Pada Siswa Methodist Tanjung Morawa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1536–1542. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11080
Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1, 1–20.
Yanti, A., & Mauliza, P. (2021). Strategi Mengembangkan Jiwa Entrepreneur kepada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal Informatika, 9(3), 102–108. http://eprints.dinus.ac.id
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sugianta Ovinus GInting, Sudarto, Roni Yunis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: