PENINGKATAN MOTIVASI WIRAUSAHA, MANAJEMEN KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN PADA PETERNAK PUYUH DI SLEMAN YOGYAKARTA

Lintang Kurniawati, Laila Oshiana Fitria A'zizah, Dewita Puspawati

Abstract


Abstrak: Potensi ekonomi dari usaha peternakan unggas yaitu beternak burung puyuh semakin diminati oleh kalangan Masyarakat. Namun, potensi yang ada seringkali belum menguatkan motivasi Masyarakat dalam berwirausaha. Lebih lanjut, bagi Masyarakat yang sudah memiliki usaha terkadang belum memiliki pemahaman yang cukup memadai dalam hal pengelolaan keuangan dan strategi pemasaran produk. Tujuan dari kegiatan pengabdian Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan softskill pelaku usaha dalam meningkatkan motivasi, pengelolaan keuangan dan strategi pemasaran produk. Mitra tim pengabdian adalah para pelaku usaha UMKM Peternak Burung Puyuh yang ada di Sleman Yogyakarta berjumlah 8 pelaku usaha. Metode pengabdian adalah ceramah dan FGD. Kegiatan terdiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu: (1) pra-pelaksanaan: identifikasi masalah; (2) pelaksanaan: tahap pelatihan dan pemberian maeri; dan (3) tahap monitoring dan evaluasi. Evaluasi dilaksanakan melalui diskusi dan memberikan kuesioner sebagai pre-test dan post-test. Hasil evaluasi memberikan Kesimpulan bahwa pemahaman peserta terkait materi yang diberikan meningkat secara signifikan sebesar 56,62 persen.

Abstract: The economic potential of poultry farming, particularly quail farming, has gained increasing interest among the community. However, this potential often does not fully strengthen the motivation of individuals to pursue entrepreneurship. Furthermore, even for those who already have businesses, there is sometimes an inadequate understanding of financial management and product marketing strategies. The goal of this community service activity is to enhance the soft skills of business owners in increasing motivation, financial management, and product marketing strategies. The partners in this project are eight small and medium-scale quail farmers in Sleman, Yogyakarta. The methods used in this community service are lectures and Focus Group Discussions (FGD). The activities consist of three phases: (1) Pre-implementation: problem identification; (2) Implementation: training and material delivery; (3) Monitoring and evaluation. The evaluation was carried out through discussions and administering questionnaires as pre-tests and post-tests. The evaluation results concluded that participants' understanding of the material significantly increased by 56.62 percent.


Keywords


The Poultry Farming Business; Entrepreneurial Motivation; Financial Management; Product Marketing Strategies.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agus, A. (2023). Penambahan Limbah Organik Dalam Pakan Untuk Meningkatkan Produksi Telur Burung Puyuh: Literature Review. Peterpan (Jurnal Peternakan Terapan), 5(1), 25–29. https://doi.org/10.25181/peterpan.v5i1.2901

Andria, F., Effendi, E. M., & Maesya, A. (2017). Otomatisasi Mesin Tetas Telur Puyuh Untuk Optimasi Pembibitan, Peningkatan Produksi Dan Pemasaran Bagi Peternak Puyuh. Qardhul Hasan Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 107. https://doi.org/10.30997/qh.v3i2.946

Dewi, Y. L. (2023). Pembuatan Pupuk Bokashi Berbasis Kotoran Sapi. Buletin Udayana Mengabdi, 22(2), 105. https://doi.org/10.24843/bum.2023.v22.i02.p09

Fairliantina, N. I. R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee. Jurnal Ecoment Global, 8(2), 18–29. https://doi.org/10.35908/jeg.v8i2.2945

Hadi, R. M. E., Amani, H., Tripiawan, W., & Sagita, B. H. (2022). Peternakan Puyuh Terintegrasi Di Ikhlas Quail Farm – Posyantekdes Ikhlas Ramaku Desa Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Cosecant, 1(2). https://doi.org/10.25124/cosecant.v1i2.17504

Hariwibowo, I. N. (2023). Literasi Pemanfaatan Business Model Canvas Dan Analisis SWOT Dalam Perumusan Strategi Usaha Burung Puyuh Di Desa Dero, Pakem, Sleman. Jurnal Abdimas Bsi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 8–20. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.13197

Jabbar, Z. M., & Sirin, K. (2022). Pengaruh Pengetahuan Dan Promosi Produk Amanah Terhadap Minat Masyarakat Kutabumi Kabupaten Tangerang Menggunakan Pegadaian Syariah. Jurnal Manajemen Dakwah, 9(2), 240–259. https://doi.org/10.15408/jmd.v9i2.24950

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk Dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. Caradde Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18

Novita, E., Yustinus, Y., & Pradana, H. A. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Limbah Peternakan Burung Puyuh Menggunakan Larva Black Soldier Fly (Bsf) Guna Mendukung Pengembangan Ekonomi Sirkular. Logista - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 188. https://doi.org/10.25077/logista.6.1.188-195.2022

Panekenan, J. O., Loing, J. C., Rorimpandey, B., & Waleleng, P. O. (2017). Analisis Keuntungan Usaha Beternak Puyuh Di Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. Zootec, 32(5). https://doi.org/10.35792/zot.32.5.2013.991

Rosnah, U. S. (2021). Peningkatan Pendapatan Peternak Desa Binaan Fapet Undana Melalui Diversivikasi Pemeliharaan Ternak Puyuh. JPKM LPPM Undana, 15(2), 56–65. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v15i2.6056

Setyaningrum, S., Siregar, D. J. S., Amrul, H. M. Z. N., & Warisman, W. (2021). Pelatihan Penggunaan Minuman Herbal Di Peternakan Puyuh Desa Sukadamai Timur Kecamatan Hinai. Jpkmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(3), 231–237. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v2i3.212

Siregar, D. J. S., Warisman, W., Setyaningrum, S., & Amrul, H. M. Z. N. (2022). Pemanfaatan Larva Lalat Black Solder Fly (Hermetia Illucens) Dengan Berbagai Media Berbeda Sebagai Pakan Puyuh Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Jpkmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(1), 88–95. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v3i1.332

Sulaeman, S., Pasaru, F., Wahid, A., Najamudin, N., Nasir, B., & Idham, I. (2023). Memantapkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Integrasi Tanaman Dan Ternak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 233–239. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.197

Sutriyono, S., Harahap, A. S., Dadang, S., & Giovani, A. (2022). Analisis Ekonomi Dan Keberlanjutan Usaha Ternak Puyuh Pada Saat Pandemi Corona Virus Desease (Covid–19) Di Kecamatan Muarabangkahulu Kota Bengkulu. Buletin Peternakan Tropis, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.31186/bpt.3.1.8-16

Syaifuddin, A. (2023). Penerapan Metode Content-Based Filtering Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Responsif Riset Sains Dan Informatika, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.51977/jti.v5i2.1282

Widodo, T., & Setyawan, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Umkm Olahan Singkong Dan Ubi “Yaska 57” Tingkir Salatiga. Among Makarti, 16(1). https://doi.org/10.52353/ama.v16i1.409

Yunus, M., Napirah, A., & Aku, A. S. (2020). Performans Produksi Burung Puyuh (Coturnix-Coturnix Japonica) Dengan Rasio Jantan Dan Betina Yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo, 2(1). https://doi.org/10.56625/jipho.v2i1.11168




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.27832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lintang Kurniawati, Laila Oshiana Fitria A'zizah, Dewita Puspawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: