PENINGKATAN NILAI JUAL GULA SEMUT MELALUI DESIGN KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING
Abstract
Abstrak: Desa Candi, daerah di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep, memiliki potensi pengembangan gula merah (luas lahan mencapai 317,917 Ha). Salah satu strategi untuk meningkatkan nilai tambah dari gula merah yaitu diversifikasi olahan gula merah menjadi gula semut. Satu-satunya pengrajin gula merah yang memproduksi gula semut yaitu Kelompok Tani Wanita (KWT) Al Cholifah, Adanya permintaan pasar yang tinggi dan kontinyu terhadap gula semut ini, nyatanya belum dapat dipenuhi dikarenakan bahan baku gula semut harus menggunakan gula merah atau nira siwalan yang berkualitas bagus yang hanya ada di musim kemarau. Pemasaran yang masih bersifat lokal di kabupaten Sumenep, sehingga untuk menjangkau pasar yang lebih luas dibutuhkan produksi gula yang kontinyu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual gula merah menggunakan metode dan pendekatan pelatihan dan pendampingan strategi pasar dan inovasi kemasan produk sebagai bentuk solusinya. Kegiatan pelatihan dan pendampingan telah terlaksana dengan baik, mendapat dukungan penuh dari 20 orang anggota mitra dan tim pendamping. Evaluasi keberhasilan dilakukan menggunakan pretest-postest, kuisioner, dan wawancara langsung. Hasil kegiatan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam menerapkan teknologi selama proses penyimpanan dan inovasi kemasan gula semut sebesar 81% dan peningkatan produksi sebesar 60% serta inovasi kemasan produk gula semut dalam bentuk sachet.
Abstract: Candi village, an area in Dungkek District, Sumenep Regency, has potential for developing brown sugar (land area reaches 317,917 Ha). One strategy to increase the added value of brown sugar is the diversification of brown sugar processing into palm sugar, the only brown sugar craftman who produces palm sugar is the Al Cholifah Women’s Farmers Group (KWT), established in 2009 and starting production of palm sugar since 2015. The hgh abd continuous market demand for this palm sugar, in fact, cannot be met because the raw material for palm sugar must use good quality brown sugar or palm sugar sap whivh is only available in dry season. Marketing is still lical in Sumenep Regency, so to reach a wider marker, continuous sugar production is needed. This activity aims to increase the selling value of brown sugar using a training approach and mentoring of market strategies and product packaging innovation as a form of solution. Training and mentoring activities have been carried out well, receiving full support from 20 partner members and the mentoring team. Evaluation of success was Carried out using pretest-posttest, questionanaires, and direct interviews. The results of the activity can increase the knownledge and skills of partners in applying technology during the storage process and innovation of plam sugar packaging by 81% and increase production by 60% as well as innovation in palm sugar product packaging in the form of scathes.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Artanti, Y., & Yusdia, P. (2011). Pengaruh Faktor-Faktor Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pop Mie Di Supermarket Giant Wiyung. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 157–171.
Fatmawati, I., Puspaningrum, I. I., & Sugiarti, Y. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Pencatatan Arus Kas Pada Usaha Gula Semut. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains, September, 283–288.
Febriliand, V. K., & Khabibah, U. (2022). Pembuatan Konten Promosi Video Iklan Produk Untuk. Jurnal Aplikasi Bisnis, 157–162.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Gede, I., Mertayasa, A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review. Edunomika, 08(02), 1–10.
Hoiriyah, S., Probowati, B. D., & Purwandari, U. (2016). Analisis Faktor-Faktor Daya Tarik Kemasan Gula Merah Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen. Agrointek, 9(2), 102. https://doi.org/10.21107/agrointek.v9i2.2140
Indrawati, R., Cahyono, S., & Putra, D. E. (2019). Inovasi Teknologi Produksi Gula Semut di Tasikmalaya. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i1.477
Lahtinen, N., Pulkka, K., Karjaluoto, H., & Mero, J. (2023). Digital marketing strategy. In Digital Marketing Strategy (Issue October). https://doi.org/10.4337/9781035311316
Musita, N. (2019). Pengembangan Produk Gula Semut dari Aren dengan Penambahan Bubuk Rempah. Warta Industri Hasil Pertanian, 36(2), 106. https://doi.org/10.32765/wartaihp.v36i2.5212
Pardi, I. W., Yudiana, I. K., & Miskawi, M. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Gula Semut di Desa Patoman Kabupaten Banyuwangi. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 84. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1792
Pratiwi, D. E., Auliah, A., & Maryono, M. (2019). Pembuatan Gula Semut dari Gula Merah Kelapa di Kabupaten Bulukumba. Dedikasi, 21(1), 2–4. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v21i1.9448
Putri, A., Hetami, A., Fourqoniah, Andriana, Andriyani, Salsabila, Muniro, T., Riandani, Muliyani, Yasshyka, Listiana, & Indah. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 828–839.
Putri, D. D. (2020). Studi Komparatif Pendapatan, Biaya Dan Kelayakan Usaha Agroindustri Gula Semut Pada Setiap Pelaku Rantai Pemasaran. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 17(1), 65. https://doi.org/10.20961/sepa.v17i1.42878
Reggina Wike Anjani. (2023). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.4
Salat, S. Y. S., Yuniastri, R., Pramasari, I. F., Tukiran, T., Ruhana, A., & Imron, A. (2024). Peningkatan Produktivitas Jamu Serbuk Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 985. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20318
Sayyida, S., Alwiyah, A., & Fatmawati, I. (2018). Diversifikasi Olahan Dan Kemasan Gula Kelapa. Jurnal ABDIRAJA, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24929/adr.v1i1.632
Sufaidah, S., Munawarah, M., Aminah, N., Prasastii, M. A., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v3i3.3195
Suma, E., Yusuf, S. A., & Umar, J. (2023). Pengaruh Bentuk Kemasan, Desain Produk Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 111–115. https://doi.org/10.35797/jab.13.2.111-115
Sumenep, D. K. dan I. K. (2022). Buku Data Statistik Sektoral Kabupaten Sumenep Tahun 2022.
Sutrisno, Yulianto, M. E., Ariwibowo, D., & Maulinda, N. A. (2019). Peningkatan Produktivitas Industri Gula Semutmelalui Pengembangan Proses Pemasakan Nira Aren Dan Pengeringan Gula Semut. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(02), 125–131.
Tajali, A., Sastrawan, M., Arya, E., Dwitama, G., & Tsania, C. (2023). Branding Produk dan Digital Marketing Produk Gula Merah Dusun Clapar II , Hargowilis , Kokap , Kulon. 552–557.
Wahida. Shinta Nur; Arief, M.Y; Syahputra, H. (2023). Pengaruh Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Anita Cake Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 2(8), 1670–1686.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.27921
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dody Tri Kurniawan, Ratih Yuniastri, Ika Fatmawati Pramasari, Tukiran, Ali Imron, Amalia Ruhana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: