PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Abstrak: Kualitas pembelajaran di madrasah ibtidaiyah sangat dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi guru madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Sijunjung dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Canva. Canva, sebagai platform desain grafis yang mudah diakses dan ramah pengguna, memberikan peluang bagi guru untuk menciptakan materi ajar yang inovatif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode Partisipation Action Research (PAR) dengan jumlah guru sebanyak delapan belas orang di Yayasan Syafa’at El-Qur’an kabupaten Sijunjung dengan lima tahapan, yaitu: (1) Diagnosa, (2) Rencana tindakan, (3) pelaksanaan, (4) evaluasi, dan (5) penentuan temuan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa setelah pendampingan, guru mampu menghasilkan media pembelajaran yang lebih variatif dan efektif dalam meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Pendampingan ini juga meningkatkan keterampilan teknologi guru sebesar 85% dalam mendukung pembelajaran abad ke-21. Program ini memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran, baik dari segi peningkatan motivasi siswa maupun kualitas pengajaran guru. Dengan demikian, pendampingan pembuatan media berbasis Canva menjadi solusi praktis untuk mendukung pembelajaran yang lebih modern dan adaptif di madrasah ibtidaiyah.
Abstract: The quality of learning in madrasah ibtidaiyah is greatly influenced by the creativity of teachers in using engaging and interactive learning media. This research aims to assist madrasah ibtidaiyah teachers in Sijunjung Regency in creating interactive learning media based on Canva. Canva, as an easily accessible and user-friendly graphic design platform, provides opportunities for teachers to create innovative, engaging, and student-needs-aligned teaching materials. The service method used is the Participation Action Research (PAR) method with a total of eighteen teachers at the Syafa’at El-Qur’an Foundation in Sijunjung Regency, consisting of five stages: (1) Diagnosis, (2) Action plan, (3) Implementation, (4) Evaluation, and (5) Determination of findings. The results of the service show that after the mentoring, teachers were able to produce more varied and effective learning media in increasing students' interest and understanding of the subject matter. This mentoring also improved the teachers' technological skills by 85% in supporting 21st-century learning. This program has a positive impact on the learning process, both in terms of increasing student motivation and the quality of teacher instruction. Thus, the assistance in creating Canva-based media becomes a practical solution to support more modern and adaptive learning in madrasah ibtidaiyah.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177.
Arafah, A. A., Mustamiroh, M., Masriani, M., & Riyanti, R. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva Bagi Guru Di SDN 021 Sungai Kunjang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12600–12606.
Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Paud di Kota Tangerang dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 151–157.
Ariwibowo, M. F., & Hidayat, I. S. (2023). Workshop Pembuatan Media Belajar Dengan Menggunakan Canva. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8173–8178.
Baihaqi, W. M., Putri, A. D., Mutiara, D. A., Nursaddam, M., & Izzati, F. A. (2023). Pemanfaatan Canva Dan Powtoon Untuk Peningkatan Kualitas Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Society: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 99–108.
Fadillah, F. (2023). Analisis Respon Guru Terhadap Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam membuat Media Pembelajaran di SDN 004 Muaro Sentajo. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 392–400.
Familoni, B. T., & Onyebuchi, N. C. (2024). Augmented and virtual reality in us education: a review: analyzing the impact, effectiveness, and future prospects of ar/vr tools in enhancing learning experiences. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 6(4), 642–663.
Fitriani, F., Faisol, A., Wamiliana, W., Chasanah, S. L., & Kurniasari, D. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(3), 193–202.
Friska, J., Pramuaniati, I., & Mahriyuni. (2023). Effectiveness of using Canva Application to Improve Learning Outcomes of Tenth Grades Students. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 421–427. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.67879
Ginda, G. (2020). Pemberdayan Karakter Dan Pengembangan Skill Santri Melalui Pendidikan Khatil Qur, An. Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam Dan Pengembangan Masyarakat, 5(1), 1–18.
Harahap, H., Syafitri, S. E., & Ramadhani, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru PAUD IT Bismillah. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 4(1), 67–78.
Insani, M., Wartariyus, W., Febriansyah, F. E., Mutiarani, A., Putri, N. A. D., Aziz, A. F., Fadillah, A., Kholis, Y. N., Nurani, S., & Rineksowati, A. F. (2023). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru Di Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 290–294.
Iramaynti, I., Nurjannah, N., Heriyanti, A., Mirna, M., & Sari, F. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Education di MTs Nurul Izzah. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 73–82.
Irsan, I., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417.
Ismail, Rustan, N. A., & Risaldi, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva Bagi Guru dan Siswa SDN 25 Madello Soppeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNIPOL, 2(1), 9–12.
Judijanto, L., Atsani, M. R., & Chadijah, S. (2024). Trends In The Development Of Artificial Intelligence-Based Technology In Education. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1722–1723.
Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta Kementeri Pendidik dan Kebud Direktorat Jenderal Pendidik Dasar dan Menengah Direktorat Pembin Sekol Menengah Pertama.
Komara, E., Maulana, Y., Dalina, L., & Rahman, A. (2024). Utilization of Canva Application as an Innovative Learning Media at Al-Wahdah Kindergarten, Bandung City. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 512–523.
Kunandar, K. (2013). Penilaian autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta Rajawali Pers.
Latif, J. J. K., Triputra, A. A., Kesuma, M. A., & Maulana, F. I. (2023). Design and Development a Virtual Planetarium Learning Media Using Augmented Reality. Procedia Computer Science, 227, 726–733. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.10.577
Liskinasih, A., Sulistyo, T., & Purnawati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbantuan Canva Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89–95.
Mintarsih, R. R., & Putra, L. D. (2023). Indonesian Journal of Primary Education Development Canva-based Interactive Learning Multimedia of English Subject for 3 rd Grade in Elementary School. 7(2), 167–180.
Muhajir, M., Sarwendah, A., & bin Ibrahim, A. (2024). Utilization of Canva for education to improve learning effectiveness of vocational students. Research and Development in Education (RaDEn), 4(1), 698–708.
Mulyati, I., Indri Astuti, & Eny Ernawaty. (2022). Development of Canva Application Assisted Learning Media in Class XII Advanced Study Materials with 4-D Models. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(3), 322–329. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i3.30483
Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru Sd Di Sdn Pulogebang 09 Pagi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 170–174.
Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201–206.
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan pendampingan desain dan produksi media pembelajaran berbasis aplikasi canva for education bagi guru bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180.
Partasiwi, N., Safitri, D., & Syaadah, R. S. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(2), 152–156.
Prastyana, V., Anggoro, S., Prisilawati, D. E., Nazirah, A., & Cyril, N. (2023). Development of Canva-Based Interactive E-Book and Book Creator Using the Radec Learning Model To Support Creative Thinking Skills. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(1), 57. https://doi.org/10.30595/dinamika.v15i1.17407
Pulungan, A., Harumy, T. H. F., Manik, F. Y., Ginting, D. S. B., Purnamasari, F., Selvida, D., Nababan, A. M., Nasution, U. R. P., & Nuzuliati, N. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Canva Bersama Guru Yayasan Harum Sentosa Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 483–488.
Putri, P., Syafwan, H., & Nofriadi, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Bagi Guru-guru UPTD SDN 014671 Sentang. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 2(1), 52–57.
Raibowo, S., Ilahi, B. R., Wijanarko, A., & Hiasa, F. (2024). Pelatihan Menjadi Guru Kreatif Dengan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Canva, Figma, Wordwall Di Era Merdeka Belajar. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(2), 286–294.
Ramadina, A., Putri, A., & Marhamah, M. (2022). Audio-visual-based learning media through Canva application for eight grade students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 331–342.
Ratnawati, D., Vivianti, V., Fatmawati, S., Widodo, T., & Hardiyantari, O. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva. BANTENESE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 516–526.
Saputra, A. G., Rahmawati, T., Andrew, B., & Amri, Y. (2022). Using Canva Application for Elementary School Learning Media. Scientechno: Journal of Science and Technology, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.55849/scientechno.v1i1.4
Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. M. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208–213.
Sarmini, S., Insan, M. U. P., Susantari, A. A., Mauludhi, J., Putra, N. R., & Listiana, Y. R. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran menggunakan aplikasi canva pada guru SD Negeri 3 Jatilawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1471–1476.
Sipan, M., Jayati, A. E., & Muliandi, P. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru DI SDN 01 Pomah Klaten. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1261–1265.
Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105.
Surur, M., Sugianto, R., Jannah, S., & Udzri, K. R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 85–98.
Ulfa, M., Fatoni, F., Suryayusra, S., Syazili, A., Irawan, D., & Triana, C. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Guru SD Negeri 11 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2874–2880.
Ulfa, M., Solikin, I., Amin, Z., & Adly, R. H. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva Bagi Guru Di Desa Durian Gadis. Proceedings of Bina Darma Conference on Community Service Results, 1(1), 75–84.
Utomo, D. W., Kartikadarma, E., Dolphina, E., Kurniawan, D., & Purwanto, P. (2024). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Bagi Guru SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. ABDIMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 141–146.
Zulherman, Z., & Ashari, H. M. W. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru SDN Mekarsari 02 Cimanggis, Depok, Jawa Barat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6121–6126.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.27960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dina Dahliana, Guesa Maiwinda, Sispa Yulia, Yelna Hernita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: