PELATIHAN PEMBUATAN ECO-ENZYM PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Fitra Suzanti, Wan Syafi’i, Sri Wulandari, Imam Mahadi, Darmawati Darmawati, Asih Rahayu Ajeng Agesti

Abstract


Abstrak: Profil Pelajar Pancasila adalah bagian dari Kurikulum Merdeka melalui kegiatan proyek. Gaya hidup berkelanjutan adalah salah satu tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hasil analisis di sekolah mitra menunjukkan bahwa banyak guru belum mengetahui tentang eco-enzim dan cara menggunakan nya dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memperkaya pengetahuan, keterampilan, dan persiapan guru tentang eco-enzym untuk merencanakan proyek yang akan dijalankan di P5. Pengabdian dilakukan di SMAN 1 Siak dengan 15 peserta yang merupakan guru SMAN 1 Siak. Kegiatan terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan metode ceramah dan demonstrasi. Tingkat keberhasilan kegiatan pengabdian ini diukur berdasarkan peningkatan pemahaman dan pengetahuan peserta yang bisa dilihat dari hasil pretest dan posttest dengan masing-masing terdiri dari 10 soal. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa (1) pengetahuan guru tentang eco-enzim dan manfaatnya meningkat sebesar 70.8%, (2) respon peserta melalui angket kepuasan tergolong sangat baik dengan persentase 98.4%, dan (3) guru memiliki kemampuan serta keterampilan dalam membuat eco-enzim sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis projek.

Abstract: The Pancasila Learner Profile is part of the Merdeka Curriculum and involves project activities. One of the themes of the Pancasila Profile Student Strengthening Project (P5) is sustainable lifestyle. In partner schools, it was found that many teachers still needed to learn about eco-enzymes and how to use them in teaching. This service activity is focused on teaching teachers about eco-enzymes. The goal is to help them gain knowledge, improve their skills, and prepare projects for P5 implementation. The service project took place at SMAN 1 Siak with 15 participants. The activity has three stages: preparation, implementation, and evaluation. The success of this service activity is determined by how much participants learn, as shown by their scores on a test before and after the activity. The activity results showed that: (1) Teacher knowledge about eco-enzymes and their benefits increased by 70.8%. (2) Participants gave very good feedback in satisfaction questionnaires, with a percentage of 98.4%. (3) Teachers demonstrated the ability and skills needed to make eco-enzymes, enabling them to implement this knowledge independently.


Keywords


Merdeka Curriculum; Training; Competency; Project.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anita, Y., Kenedi, A. K., Azizah, Z., Arwin, A., Safitri, S., & Khairani, R. (2023). Pelatihan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Teknologi Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 367–380. https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2652

Autila, R., Melvina, M., & Yulmiati, Y. (2024). Pendampingan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pemimpin: Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v4i1.1189

Budiono, A. N., Yahya, S. R., Siyono, S., Pratiwi, D. A., & Ginting, R. (2023). Pelatihan Mendesain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi Komite Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 410–420. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7672

Damayanti, N. A. (2023). Peran Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Kelas Rendah Upaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.177

Dewey, J. (1974). John Dewey on Education: Selected Writings. University of Chicago Press.

Dwiyani, N. A., Suprijono, A., & Wisnu, W. (2023). Studi Eksplorasi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Sepuluh Nopember Sidoarjo. Jurnal Artefak, 10(2), 159–170. https://doi.org/10.25157/ja.v10i2.10725

Fahinsa, F. R., Safarani, A. Z., Fitria, N., Saputra, M., & Sahliya, S. (2024). Pendampingan Projek P5 Melalui Program Asistensi Mengajar di SMA Laboratorium UM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1729–1737. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1101

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1

Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279. https://doi.org/10.54832/jupe2.vli2.169

Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Mujab, S. (2023). Transformasi Pendidikan SMK : Menuju SDM Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan. Penerbit Adab.

Muktamar, A., Yusri, H., Amalia, B. R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1–8.

Nedi, R. M. P., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2024). Pembelajaran Transformatif untuk Generasi Z: Dinamika Pendidikan di Era Digital. Jurnal Eksplorasi Teologi, 8(1), 50–65.

Prasetio, V. M., Ristiawati, T., & Philiyanti, F. (2021). Manfaat Eco Enzyme Pada Lingkungan Hidup Serta Workshop Pembuatan Eco Enzyme. Darmacitya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–29.

Siregar, J., Kasyadi, S., Haratua, C. S., & Marbun, L. (2024). Pengembangan Motivasi Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP PAX ECCLESIA Bekasi. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(6), 355–360.

Tungka, N. F., Taroreh, E., Eliaumra, E., Tungka, C. V., Ratimba, K., & Anwar, R. A. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Proyek P5 Berbasis Literasi di SDN 1 Silanca Poso. Jurnal Anugerah, 5(2), 119–131. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6218

Yanto, N., Sari, R. N. I., Alqadri, Z., & Jesnita, P. (2024). Pelatihan Penyusunan Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Abdimas Pedagogi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 81–88. https://doi.org/10.17977/um050v7i22024p81-88




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.27967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fitra Suzanti, Wan Syafi’i, Sri Wulandari, Imam Mahadi, Darmawati, Asih Rahayu Ajeng Agesti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: