EDUKASI MENTAL HEALTH AND WELL-BEING KEPADA MAHASISWA INDONESIA DI THAILAND

Kusuma Estu Werdani, Sheena Ramadhia Asmara Dhani, Yeni Indriyani, Erna Sunarti, Eko Prastyo

Abstract


Abstrak: Untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik serta meningkatkan status ekonomi dan sosial, banyak mahasiswa Indonesia memilih untuk melanjutkan studi di luar negeri. Selain mendapatkan suasana belajar yang baru di negara lain, tinggal di negara asing dengan budaya yang berbeda dapat menimbulkan ketidakseimbangan pada kesehatan mental mahasiswa karena diwaktu yang bersamaan harus beradaptasi terhadap bahasa baru, budaya baru, dan lingkungan baru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa internasional terhadap hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan bagaimana mengatasi berbagai sumber stress yang dialami selama menjadi menempuh studi di luar negeri. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah 20 mahasiswa internasional yang sedang menempuh Pendidikan di Khon Kaen Unviersity. Kegiatan evaluasi dilakukan dengan metode brainstorming yang telah dilakukan bersama seluruh peserta dan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta telah menyadari tingginya tekanan akademik yang dihadapi. Sesi brainstorming juga menunjukkan bahwa melalui penyuluhan yang diberikan oleh tim pengabdian, peserta mengetahui lebih jauh terkait berbagai metode coping mechanism.

Abstract: To pursue better education and improve their economic and social status, many Indonesian students choose to continue their studies abroad. In addition to experiencing a new learning environment in a foreign country, living in a different country with a distinct culture can disrupt students' mental health due to the need to simultaneously adapt to a new language, culture, and environment. This community service activity aims to enhance international students' knowledge of factors affecting mental health and how to address various sources of stress experienced during their studies abroad. The target audience for this activity consists of 20 international students currently studying at Khon Kaen University. The evaluation activities were conducted using a brainstorming method with all participants, revealing that most of them recognized the high academic pressure they face. The brainstorming session also indicated that, through the counseling provided by the service team, participants gained a deeper understanding of various coping mechanisms.


Keywords


Mental Health; Well-Being; International Students.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ayumaruti, D., Dien Anshari, & Evi Martha. (2023). Determinan Sosial yang Berhubungan dengan Tingkat Literasi Kesehatan Mental Mahasiswa S1 Reguler Angkatan 2018 Universitas Andalas Provinsi Sumatera Barat. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(12), 2539–2549. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i12.4049

Boy, E., & R Gurtibakti. (2020). Artikel Pengabdian Masyarakat Edukasi Olah Raga Di Rumah Saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran Fisik Dan Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Implementa Husada, 1(2), 152–161.

Deprizon, D., Refika, R., Sahlan, S., Nursyam, U. R., Lestari, A., & Widyanthi, A. (2024). Peran Edukasi Digital Islami dalam Menyikapi Kesehatan Mental (Stres) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(1), 127–140. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i1.1668

Ernyasih, E., Fajrini, F., Herdiansyah, D., Aulia, L., Andriyani, A., Lusida, N., Fauziah, M., & Dihartawan, D. (2023). Analisis Perubahan Iklim dan Kesehatan Mental pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta. Environmental Occupational Health and Safety Journal, 3(2), 95. https://doi.org/10.24853/eohjs.3.2.95-102

Fauziyah, D. U., & Abidin, Z. (2020). Hubungan Antara Gratitude Dengan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2016 Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal EMPATI, 8(3), 620–625. https://doi.org/10.14710/empati.2019.26504

Gaol, T. P. L., & Darmawanti, I. (2022). Hubungan antara Gratitude dengan Subjective Well-Being pada Mahasiswa Psikologi UNESA di Masa Pandemi Covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 180–194.

Ghaniyy, A. Al, & Akmal, S. Z. (2018). Kecerdasan Budaya Dan Penyesuaian Diri Dalam Konteks Sosial-Budaya Pada Mahasiswa Indonesia Yang Kuliah Di Luar Negeri. Jurnal Psikologi Ulayat, 5(2), 123–137. https://doi.org/10.24854/jpu02018-179

Ghaniyy, A. Al, & Akmal, S. Z. (2020). Kecerdasan budaya dan penyesuaian diri dalam konteks sosial budaya pada mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri. Jurnal Psikologi Ulayat, 5(2), 123–137. https://doi.org/10.24854/jpu75

Karisma, N., Rofiah, A., Afifah, S. N., & Manik, Y. M. (2024). Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 560–567. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3439

Lipson, S. K., Lattie, E. G., & Eisenberg, D. (2019). Increased rates of mental health service utilization by U.S. College students: 10-year population-level trends (2007-2017). Psychiatric Services, 70(1), 60–63. https://doi.org/10.1176/appi.ps.201800332

Maharaj, R., Ndwiga, D., & Chutiyami, M. (2024). Mental health and wellbeing of international students in Australia: a systematic review. Journal of Mental Health, 0(0), 1–19. https://doi.org/10.1080/09638237.2024.2390393

Peterie, M., Ramia, G., Broom, A., Choi, I., Brett, M., & Williams Veazey, L. (2024). “You’re on your own, kid”: A critical analysis of Australian universities’ international student mental health strategies. Australian Journal of Social Issues, September 2023, 1–19. https://doi.org/10.1002/ajs4.349

Putri, N. A. S., Juhri, N. A., Asy’ari, A. H., Mufid, S. Al, Sari, D. R., Kinasih, D. S. S., Pratiwi, O. G., Melbiarta, R. R., Mudjianto, G. P., Divamillenia, D., & Indiastuti, D. N. (2021). Edukasi daring untuk pengelolaan kesehatan mental mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 151–164. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.3617

Utami, P. W., & Duryati. (2023). Hubungan Self-Disclosure dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3435–3442.

Xiong, W., Radunz, M., Ali, K., & King, D. L. (2024). Comparing the Mental Health and Wellbeing of Domestic and International Tertiary Students: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of International Students, 14(4), 702–740.

Xu, Z. (2024). The Impact of Online Resources on Reducing Mental Health Stigma among International College Students: A Case Study. Lecture Notes in Education Psychology and Public Media, 58(1), 141–147. https://doi.org/10.54254/2753-7048/58/20241770




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.28067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kusuma Estu Werdani, Sheena Ramadhia Asmara Dhani, Yeni Indriyani, Erna Sunarti, Eko Prastyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: