PENDAMPINGAN PENINGKATAN INOVASI PRODUK MAKANAN KHAS SUBANG JAWA BARAT

Opan Arifudin, Juhadi Juhadi, Rahman Tanjung, Hendar Hendar

Abstract


Abstrak: Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan pada mitra terkait inovasi kemasan, inovasi rasa, peningkatan hasil produksi dan perluasan pemasaran usaha keripik gitrek. Dengan pengabdian masyarakat terkait pendampingan UMKM pada jenis makanan tradisional keripik gitrek diharapkan dapat memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan UMKM. Mitra yang mendapatkan pendampingan dalam pengabdian kepada masyarakat adalah UMKM Keripik Gitrek Desa Leles Kecamatan Segalaherang Kabupaten Subang Jawa Barat. Metode pelaksanaan program pengabdian masyarakat dalam mendampingi UMKM Keripik Gitrek Desa Leles Kecamatan Segalaherang Kabupaten Subang Jawa Barat dilakukan dengan beberapa tahapan pelaksanaan program, yaitu tahapan persiapan dan perencanaan, tahapan implementasi kegiatan, tahapan monitoring dan evaluasi, dan tahap pelaporan. Hasil dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah perubahan yang dialami oleh mitra program selama dan setelah pelaksanaan program dilakukan dapat dilihat dari 2 indikator perubahan berdasar pada data-data yang diperoleh dalam setiap monitoring dan evaluasi program terhadap mitra. Indikator ini terdiri dari inovasi kemasan, rasa, peningkatan hasil produksi dan perluasan pasar keripik Gitrek Desa Leles Kecamatan Segalaherang.

Abstract:  The purpose of this community service is to provide assistance to partners related to packaging innovation, taste innovation, increased production results and expansion of marketing gitrek chips business. With community service related to the assistance of MSMEs on traditional food types gitrek chips are expected to provide solutions in improving the welfare of MSMEs. Partners who get assistance in community service are MSMEs Gitrek Chips Village Leles District Allherang Subang Regency West Java. The method of implementing community service program in assisting MSMEs Chips Gitrek Village Leles District Allherang Subang Regency West Java is carried out with several stages of program implementation, namely the stages of preparation and planning, stages of implementation of activities, stages of monitoring and evaluation, and reporting stages. The result in this community service is the changes experienced by program partners during and after the implementation of the program can be seen from 2 indicators of change based on the data obtained in each monitoring and evaluation of the program to the partner. This indicator consists of packaging innovation, taste, increased production and expansion of the chip market Gitrek Village Leles Sub-District Allherang.

Keywords


Innovation; Production; Marketing

Full Text:

Download [PDF]

References


Aang Curatman, D. (2016). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Inovasi Produk Yang Berdampak Pada Keunggulan Bersaing Ukm Makanan Dan Minuman Di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, Xviii. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/view/263/155

Anastasia. (2016). Inovasi Desain, Teknologi, Dan Pemasaran Lewat Website Usaha Kecil Menengah Batik Dan Lutik (Lurik Batik) Di Kecamatan Laweyan Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16. https://ejournal.uksw.edu/jeb/article/view/410

Anggraeni, F. D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/195

Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. GLOBAL (PT.GM). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 184–190.

Arifudin, O. (2020a). Manajemen Desa Wisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa Cibuluh Tanjungsiang Kabupaten Subang. Jurnal Al Amar, 1(Ekonomi syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan), 1–7. http://journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/view/1/1

Arifudin, O. (2020b). PKM Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Aptekmas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 20–28. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/2053/1031

Burhanuddin, N. H. (2018). Strategi Pemasaran Makanan Khas Tradisional Di Kecamatan Wotu. Dinamis- Journal of Islamic Management and Bussines, 1. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/dinamis/article/view/993/732

Damayanti, F. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Fasa, I. (2020). Eksistensi Bisnis Islami Di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Himawan, & Santoso. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji/article/view/3641

Kusumawaty, Y. (2018). Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan Khas Riau (Keripik Nenas Dan Rengginang Ubi Kayu). Jurnal Agribisnis, 20. https://journal.unilak.ac.id/index.php/agr/article/view/2235/1421

Mahmudah Masyhuri, S. W. U. (2017). Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Sleko Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 59–72.

Susilawati, & Yakin, S. H. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional (Studi Kasus Industri Rengginang Di Kecamatan Sakra Pusat). JPEK, 1. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/view/460

Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di Pt. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(1), 1291–1301.

Tanjung, R. (2020). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Wijayanti, T., & Lestari, P. B. (2017). IbM-Pendampingan Usaha Kerupuk Rumahan Di Desa Kembang Kabupaten Pacitan. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 2. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/1280




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.2813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Opan Arifudin, Juhadi, Rahman Tanjung, Hendar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: