EDUKASI PENGENALAN BILANGAN MATEMATIKA KEPADA SISWA TUNAGRAHITA BERBASIS MEDIA NUMBERBOX MULTISENSORY DI SLB KARYA BHAKTI SURABAYA
Abstract
Abstrak: Siswa penyandang tunagrahita merupakan siswa yang memiliki keterbatasan intelektual dan kemampuan kognitif yang berada di bawah rata-rata. Selain itu, mereka juga memiliki daya serap dan daya ingat yang cukup rendah sehingga kesulitan dalam mengingat dan menyebutkan angka yang guru ajarkan kepada mereka. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa tunagrahita SLB Karya Bhakti Surabaya dalam mengenal dan belajar bilangan 1-20 beserta operasinya dengan menggunakan media numberbox multisensory. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa tunagrahita kelas 4 dan 5 SLB Karya Bhakti Surabaya yang terdiri dari 6 orang siswa. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah metode Community Based Participatory. Adapun tahapan dalam proses penerapan metode Community Based Participatory terbagi ke dalam 4 fase, yaitu: (1) tahap persiapan, (2) tahap sosialisasi, (3) tahap implementasi, (4) tahap evaluasi, dan (5) tahap keberlanjutan program. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan daya ingat siswa terhadap angka 1-20 yang dibuktikan dengan hasil pre-test 36% dan post-test 62%. Artinya terdapat peningkatan pemahaman siswa tunagrahita sebesar 26% setelah menggunakan media pembelajaran numberbox multisensory pada materi pengenalan angka 1-20. Selain itu, penguunaan media numberbox multisensory dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.
Abstract: Students with disabilities are students who have intellectual limitations and cognitive abilities that are below average. In addition, they also have a fairly low absorption and memory so that it is difficult to remember and mention the numbers that the teacher teaches them. The purpose of this service is to educate and provide assistance to students with disabilities in recognizing and learning mathematical numbers and their operations using the Multisensory Numberbox learning media. The target of this activity is students with disabilities in grades 4 and 5 of SLB Karya Bhakti Surabaya consisting of 6 students. The method used in the implementation of this activity is the Community Based Participatory method. The stages in the process of implementing the Community Based Participatory method are divided into 4 phases, namely: (1) preparation stage, (2) socialization stage, (3) implementation stage, (4) evaluation stage, and (5) program sustainability stage. The result of this activity is an increase in students' knowledge and memory of the numbers 1-20 as evidenced by the results of the pre-test 36% and the post-test 62%. This means that there is an increase in the understanding of students with disabilities by 26% after using multisensory numberbox learning media in the number 1-20 recognition material. In addition, the acquisition of multisensory numberbox media can make learning more effective and fun.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, Helmi, M., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Anoraga, L. N. (2019). Keefektifan Media Flash Card terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-5 pada Siswa Tunagrahita sedang di SLB Yapenas Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(6), 550–560.
Azis, F. R. N., Pamujo, & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26–31. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2658
BPS. (2022). Jumlah Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas yang Mengalami Kesulitan Mengurus Diri Sendiri menurut Kelompok Umur, Daerah Perkotaan/Perdesaan, Jenis Kelamin, dan Sebab Kesulitan Mengurus Diri Sendiri.
Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2017). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Sman 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1), 77. https://doi.org/10.31958/js.v8i1.443
David, D., Tendra, G., Susanti, W., Gusrianty, G., & Oktarina, D. (2023). Media Pembelajaran Kimia menggunakan Mobile Learning berbasis Android. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(1), 69–78. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.13000
Dewi, C., Gani, R. A., & Handayani, R. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Pemecahan Masalah Siswa Tunagrahita Ringan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(3)Halaman?.
Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. F. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda Pendahuluan Anak tunagrahita adalah individu yang memiliki inteligensi yang berada di bawah rata- rata dan disertai dengan ketidakmampuan dalam ada. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, Issue?34–41.
Giana, G. J., & Lutfi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Pada Kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Sakra. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 20. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1390
Hidayah, N., Nashoih, A. K., Asyari, T. R., & Chumaidi, A. (2021). Sosialisai Edukasi Smartphone terhadap Anak “Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone pada Anak.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–26. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i1.1159
Magdalena, I., Nur, A., Universitas, A., & Tangerang, M. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–8. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904
Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Nafisa, R. S., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Metode Drill. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 210–218. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.635
Novayani, W., Rachmawati, H., & Yaman, Q. (2023). Pengembangan Game 3D Mobile Edukasi untuk Membantu Proses Pembelajaran Pengenalan Benda bagi Anak Tunagrahita. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(2), 465–474. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i2.23856
Nurus Sofia, M., & Rasyidah, N. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Abk Tunagrahita. NUSANTARA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 459–477. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Pahlevi, R., Utomo, P., & Zubaidah. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 3(1), 25–32.
Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Peserta Didik Slow Learner. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 94–107. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.108
Saputra, V. H., Darwis, D., & Febrianto, E. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Game Matematika Untuk Penyandang Tunagrahita Berbasis Mobile. Computatio : Journal of Computer Science and Information Systems, 3(2), 116. https://doi.org/10.24912/computatio.v3i2.6033
Saputri, S., Ningsih, E. F., & Widyawati, S. (2017). Analisis Kesulitan Anak Tunagrahita Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Ibu Metro. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a3
Siregar, A. M. (2021). Perlindungan Hukum terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi COVID-19 dalam Persppektif Hukum Islam dan Hukum Positif.
Sulaeman, & Supriadi. (2020). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases–19 (Covid-19). Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 1(1), 65–69. http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JP/article/view/144
Syaeful Bahar, M., Nurhayati, A., Nuril Huda, M., dan Hasan Mahfudh Penyunting Ahli, W., Niam, K., Basyid, A., Halim, A., & Arifin dan Ali Mustofa, A. (2022). Model Partisipasi Berbasis Komunitas dalam Pembangunan Desa (Potret Masyarakat Samin dan Tengger di Jawa Timur).
Syarifuddin, Pratiwi, V. E., Efendi, J. F., Marini, & Tantri, A. H. (2024). Pendampingan Inovasi Media Pembelajaran VR-Jafstories untuk Penyandang Disabilitas di SLB B-C1 Karya Bhakti Surabaya. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1)Halaman?.
Tea, Y. V., Pio, M. O., Tini, F. A., & Tia, E. (2023). Implementasi Pemenuhan Hak-Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 75–87. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2121
Wilantara, I. M. D., & Fitriah. (2023). SENARING (Seminar Nasional Daring) Pendidikan Dasar, Bahasa, dan Seni STKIP PGRI Banjarmasin Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 3 (SENSASEDA) 3 Universitas PGRI Kalimantan 13 Desember 2023 ISSN 2963-2528. Senaring (Seminar Nasional Daring) Pendidikan Dasar, Bahasa, Dan Seni STKIP PGRI Banjarmasin,Vol? Issue? 153–160.
Witono, A. H. (2020). Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Progres Pendidikan, 1(3), 154–167. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.20
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.28216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fajar Setiawan, Syarifuddin, Achmad Hidayatullah, Lala Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: