PENINGKATAN PENGETAHUAN DESAIN MODEL BISNIS PADA WOMENPRENEUR
Abstract
Abstrak: Menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan dilakukan pemerintah dan swasta untuk mengatasi pengangguran dan mendorong perekonomian. Namun, kinerja positif dari UMKM belum sepenuhnya dirasakan oleh pelaku usaha itu sendiri, dalam hal ini pengusaha perempuan (womenpreneur). Kebanyakan pengusaha perempuan di negara-negara berkembang masih beroperasi di usaha kecil dan mikro dengan pertumbuhan yang lebih kecil dan kurang produktif dibandingkan laki-laki, dengan jenis usaha di sektor perempuan informal dan tradisional, dan hal faktor ini menjadi pendorong diselenggarakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Tujuan PkM ini adalah untuk memberikan pemahaman pengusaha perempuan mengenai model bisnis kewirausahaan Business Model Canvas (BMC). Kegiatan PkM dilakukan pada perempuan pengusaha di Desa Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi melalui tiga tahapan yaitu pre-test, ceramah, dan evaluasi (post-test) sebanyak empat pertanyaan. Dari kegiatan ini diperoleh bahwa setelah diberikan pelatihan dan sosialisasi mengenai BMC, pengetahuan dan pemahaman womenpreneur di Desa Koto Baru mengalami peningkatan dari 67 persen bertambah menjadi 76 persen, hal ini ditunjukkan dengan hasil kertas kerja bisnis Canvas yang dihasilkan para peserta dalam membuat model bisnis sesuai dengan usaha yang dijalani.
Abstract: Fostering the spirit of entrepreneurship is carried out by government and the private sector to overcome unemployment and boost the economy. However, the positive performance of MSMEs has not been fully felt by the business actors themselves, in this case women entrepreneurs itself, in this case women entrepreneurs (womenpreneurs). Most women entrepreneurs in developing countries still operate in small and micro businesses with smaller and micro enterprises with smaller growth and less productivity than their male counterparts, with types of business in the informal and traditional women's sectors, and this is the driving force to organize this community service activity. The purpose of this community service is to provide understanding of women entrepreneurs about the Business Model Canvas (BMC). Community service activities were carried out on 15 women entrepreneurs in Koto Baru Village, Singingi Hilir District, Kuantan Singingi Regency through three stages, namely pre-test, lecture, and evaluation (post-test) with four questions. From this activity, it was found that after being given training and socialization about BMC, the knowledge and understanding of womenpreneurs in Koto Baru Village increased from 67 percent to 76 percent. It can be shown by the results of Canvas business working paper produced by the participants in creating a business model following the business being undertaken.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Cahyani, A. B., Imaniah, S., Rulita Sari, P. D., Hidayat, A., Aziz, D. T., & Noviarita, H. (2021). Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kewirausahaan Dalam Pembangunan. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 2(1), 37–43. https://doi.org/10.57084/bej.v2i1.1013
Indrasari, M., Purnomo, B. R., Yunus, E., Syamsudin, N., & Kartini, I. A. N. (2018). Phenomenological Study: Determinants of Success of Women Entrepreneurs in Surabaya. 2nd International Conference of Communication Science Research, 165(Iccsr), 410–414. https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.90
Junaidi, M. (2023). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. Kementerian Keuangan RI.
Kemen PPPA. (2024). Pemberdayaan Perempuan: Perkuat Ketahanan Keluarga, Capai Pembangunan Berkelanjutan. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).
Kharisma, B., Nur, Y. H., & Wardhana, A. (2022). Strategi Penanggulangan Kemiskinan Dan Pengangguran Melalui Pemberdayaan Kewirausahaan Sosial: Kasus Di Jawa Barat. Creative Research Journal, 8(1), 47–64. https://doi.org/10.34147/crj.v8i1.306
Kominfo. (2023). Pemerintah Dorong Perempuan Pelaku UMKM Kembangkan Bisnis. Kementerian Komunikasi Dan Informatika.
Kurniasih, C. E., Aqualdo, N., & Zuryani, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce Wirausaha Perempuan. Jurnal Socius: Jurnal of Sociology Research and Education, 9(2), 62–74. https://doi.org/10.24036/scs.v9i2.446
Kurniasih, C. E., Tampubolon, D., & Ula, T. (2022). Analisis Pengaruh Indikator Pasar Tenaga Kerja Perempuan Terhadap Kemiskinan Antar Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. UMJember Proceeding Series National Multidisciplinary Sciences, 572–584. https://doi.org/10.32528/nms.v1i4.109
Permata, I. R., & Daga, R. (2021). Analisis Bisnis Model Kanvas Produk Hijab Online Shop (Studi Kasus @Needhijab.Mks). Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 4(2), 71–86. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v4i2.41
Pramularso, E. Y., Nurhayaty, E., Susilowati, I. H., & Marginingsih, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Business Plan Dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas (Bmc) Pada Komunitas Perempuan Indonesia Maju. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 726. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8335
Rubiyatno, Sutadi, T., Rahmawati, C. H. T., & Hardianto, F. N. (2023). Pengembangan Business Model Canvas untuk Penguatan Bisnis di UMKM De Thela Moyudan Sleman. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 2445–252. https://doi.org/10.54082/ijpm.154
Sardanto, R., Damayanti, S., Muslih, B., Sumantri, B. A., Ainun, F., & Khiftiyah. (2022). Pelatihan Penyusunan Bisnis Model Kanvas Untuk Peningkatan Daya Saing Kelompok UMKM Desa Karang Talun. Abdimas Akademika, 3(02), 127–135.
Sugiarto, E. C. (2021). Kewirausahaan UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi. Kementerian Sekretariat Negara RI.
Sulastri, S., Adam, M., Saftiana, Y., Nailis, W., & Putri, Y. H. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Bisnis Model Kanvas Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 121. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6120
UNDP. (2025). What are the Sustainable Development Goals? UNDP.
Veron, & Victor. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Kuliner Di Asia Mega Mas Medan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(1), 49–57. https://doi.org/10.52643/jam.v12i1.2109
World Bank. (2016). Women Entrepreneurs in Indonesia: A Pathway to Increasing Shared Prosperity.
Yohanna, L., & Sondari, E. (2019). Menumbuhkan Minat Berwirausaha melalui Pelatihan Perancangan Model Bisnis Kanvas. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 19. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i01.2961
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.28423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Cut Endang Kurniasih, Rahmita Budiartiningsih, Ando Fahda Aulia, Rosyetti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: