PELATIHAN PENGGUNAAN E-COMMERS DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PERTANIAN NENAS BERBASIS PEMANFAATAN DIGITAL
Abstract
Abstrak: Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor pertanian. Dalam era digital, e-commerce menawarkan peluang besar bagi petani untuk memperluas akses pasar, meningkatkan efisiensi pemasaran, dan mengoptimalkan manajemen usaha. Kelompok Wanita Tani Makmur Jaya di Desa Temiang menghadapi kendala utama dalam memanfaatkan platform e-commerce untuk pemasaran nenas. Tujuan pengabdian ini meningkatkan pengetahuan Kelompok Wanita Tani Makmur Jaya menggunakan e-commerce. Metode yang digunakan berupa pelatihan, diskusi, dan pendampingan monitoring maupun kontroling. Mitra pengabdian ini pemerintah desa dan Kelompok Wanita Tani Makmur Jaya dengan partisipasi 40 peserta di Desa Temiang. Sistem evaluasi dilakukan dua bentuk, yaitu melalui pre dan posttest selama kegiatan pengabdian. Hasil dari kegiatan ini, peningkatan kemampuan teknis, pengetahuan, berkomunikasi atau mendapatkan informasi melalui e-commerce. Mayoritas 90% peserta tahu tentang konten fungsi dan aktif menggunakan e-commerce, serta 10% paham mengelola e-commerce.
Abstract: The digital era has brought significant changes in various aspects of life, including the agricultural sector. In the digital era, e-commerce offers great opportunities for farmers to expand market access, increase marketing efficiency and optimize business management. The Makmur Jaya Women Farmers Group in Temiang Village faces major obstacles in utilizing e-commerce platforms for marketing pineapples. The aim of this service is to increase the knowledge of the Makmur Jaya Women's Farmers Group using e-commerce. The methods used are training, discussion, and monitoring and supervision assistance. The service partners are the village government and the Makmur Jaya Farming Women's Group with the participation of 40 participants in Temiang Village. The evaluation system is carried out in two forms, namely through pre and posttests during service activities. The results of this activity are increased technical skills, knowledge, communication or obtaining information through e-commerce. The majority, 90% of participants, know about functional content and actively use e-commerce, and 10% understand managing e-commerce.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alridhani, D., & Persada, A. G. (2020). Implementasi Media Sosial dan E-commerce untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Sayur dan Peternakan (Studi Kasus: Desa Sumberejo). Jurnal Automata, 1(2), 1–5.
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI: Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2), 131–136.
Arvianti, E. Y., Anggrasari, H., & Masyhuri, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi melalui Digital Marketing pada Petani Milenial di Kota Batu, Jawa Timur. Agriekonomika, 11(1), 11–18. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v11i1.10403
Dwipradnyana, I. M. M., Pratiwi, I. G. A. M. A. M. A., & Diatmika, I. G. N. D. (2022). Penerapan Digital Economy Dalam Sektor Agribisnis. Majalah Ilmiah Untab, 19(2), 207–210. https://ejournal.universitastabanan.ac.id/index.php/majalah-ilmiah-untab/article/view/212
Harahap, L. M., Surbakti, O. M. B., Gerald, J., & Ramadhan, R. (2024). Strategi Pemgembangan Agribisnis Berkelanjutan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi | JIMBE, 1(5), 126–132. https://malaqbipublisher.com/index.php/JIMBE/article/view/218/231
Islami, S., Tamaila, A., Andika, A., Farisa, A., Nurhaliza, S., Sari, D. K., Khairunisa, T., & Mighuel, M. (2021). Penerapan Sistem Digital Marketing Pada Penjualan Produk Hasil Olahan KWT (Kelompok Wanita Tani) Pekon Muara Baru. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 3(1), 43–53. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v3i1.97-103
Josiah, T., Saleh, K., & Yamin, Y. (2023). Pengenalan dan Pelatihan E-Commerce Sebagai Media Pengembangan Bisnis Bagi Kelompok Wanita Tani - Komunitas Ayo Menanam Indonesia (KWT-KAMI) Bandar Lampung. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1328–1337. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3163
Jumu, L., Warouw, N. H., Krisanty, P., & Istyanto, F. (2023). Profil Kandungan Nutrisi dalam Buah Nanas Kota Kotamobagu Sulawesi Utara: Kajian Komprehensif untuk Potensi Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa (JKMK), 10(2), 107–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/jkmk.v10i2
Lumintang, J. J. B., Rumagit, G. A. J., & Taroreh, M. L. G. (2020). Kajian Manfaat E-Commerce Pada Penjualan Produk Usaha “Snacking” Di Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 16(3), 413. https://doi.org/10.35791/agrsosek.16.3.2020.31131
Madesko, H. (2019). Sistem Informasi E – Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Pulau Panjang Hilir Inuman. Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, Dan Komputer, 2(1), 76–82.
Mariati, R., Yulianto, E. H., & Andraini, R. (2023). Strategi Pengembangan Tanaman Nanas (Ananas Comosus) di Kelurahan Bukit Merdeka Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Ziraa’Ah Majalah Ilmiah Pertanian, 48(2), 298. https://doi.org/10.31602/zmip.v48i2.11146
Masyhur, F. (2016). The ICT Literacy Development Model for Farmers and Fishermen Community (Model Pengembangan Literasi TIK Masyarakat Tani dan Nelayan). Journal Pekommas, 1(1), 101. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010110
Maulana, S. I., Syaufina, L., Prasetyo, L. B., & Aidi, M. N. (2019). Pola Tutupan, Penggunaan, Serta Tantangan Kebijakan Perlindungan Ekosistem. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, 9(3), 549–565. https://doi.org/10.29244/jpsl.9.3.549-565
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Nurjati, E., Fahmi, I., & Jahroh, S. (2018). Analyzing the Efficiency of Shallot Production in Pati Regency Using the Cobb-Douglas Stochastic Frontier Production Function. Jurnal Agro Ekonomi, 36(1), 15–29. http://dx.doi.org/10.21082/jae.v36n1.2018.15-29
Pratama, M. A., Sintaman, P. I., & Verawati, V. (2022). Peningkatan Kapasitas Kelompok Wanita Tani Melalui Digital Marketing Dalam Memaksimalkan Hasil Tani Yang Berkelanjutan Pasca Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 5(2), 105–109.
Putra, Y. K., Astuti, S., & Munanto, T. S. (2023). Strategi Petani Dalam Pemasaran Salak Dengan E-Commerce (Perdagangan Berbasis Elektronik). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 26(2), 81–91. https://doi.org/10.55259/jiip.v26i2.200
Rachman, F. P. A. putra, Goejantoro, R., & Hayati, M. N. (2018). Penentuan Jumlah Replikasi Bootstrap Menggunakan Metode Pretest Pada Independent Sampel T Test ( Pendapatan Asli Daerah Kabupaten / Kota di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2015 ). Jurnal Eksponensial, 9(1), 35–40. blob:chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/27956194-298e-41aa-9c94-ec7a856961d4
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E-Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Raya, A. B., Kriska, M., Wastutiningsih, S. P., Cahyaningtyas, M. U., Djitmau, A., & Cahyani, G. F. (2018). Strategi Pemanfaatan Aplikasi Desa Apps Dalam Literasi Informasi Pertanian. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 274–285. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.16.2.274-285
Roy, P., & Saha, P. (2023). Digital Agriculture: The Future of Indian Agriculture. International Journal of Environment and Climate Change, 3(11), 10–14. https://doi.org/10.9734/ijecc/2023/v13i113577
Sarjita, S., Cahyono, E., & Listyawati, I. H. (2024). Pemasaran Online Bagi Anggota Kelompok Wanita Tani ( KWT ) Tunas Asri Trimurti Srandakan Bantul. Jurnal Pengabdian Abdimas STIBSA, 1(1), 1–5.
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Shofa, F., Sari, A., Ramelan, M. R., Asri, D., & Ambarwati, S. (2018). Marketing Web Based ( E-Commerce ) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Pertanian Di Desa Mulyosari Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran. Prosiding Pengabdian Masyarakat.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.28550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Asiah, Meki Herlon, Zulhamid Ridho, Amrul Khoiri, M. Rasyid Hamidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: