PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA ENERGI BARU TERBARUKAN TERINTEGRASI INTERNET OF THINGS
Abstract
Abstrak: Keterampilan guru SMAN 1 Indralaya dalam membuat alat energi terbarukan masih perlu ditingkatkan dan minimnya ketersediaan alat peraga dan penyimpanan alat yang perlu disediakan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat alat peraga energi baru terbarukan terintegrasi Internet of Things (IoT). Metode pengabdian dilakukan dengan kegiatan pendampingan terkait pembuatan alat peraga energi angin, air, dan sel surya yang terintegrasi IoT. Mitra kegiatan ini merupakan guru SMAN 1 Indralaya yang terdiri dari 17 guru yang berlatarbelakang guru matematika, fisika, biologi, geografi dan teknologi informasi. Kegiatan ini dievaluasi berdasarkan dengan menggunakan lembar observasi terdiri tiga aspek keterampilan yaitu merangkai peralatan, menjalankan program, dan memadu rangkaian dan program. Hasil kegiatan pengabdian masyakarat menunjukkan guru telah terampil membuat alat peraga energi terbarukan terintegrasi IoT dengan kategori sangat baik 41,67%, baik 50%, dan cukup baik 8,33%. Dengan kegiatan ini diharapkan guru-guru SMAN 1 Indralaya semakin terampil membuat alat peraga sehingga siswa semakin termotivasi, kreatif, dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran.
Abstract: The skills of SMAN 1 Indralaya teachers in making renewable energy props still need to be improved and the lack of availability of props and storage of props that need to be provided. This community service aims to improve teachers' skills in creating new renewable energy teaching props integrated with the Internet of Things (IoT). The service method is carried out with mentoring activities related to making IoT-integrated wind, water and solar cell energy props. The partner of this activity is SMAN 1 Indralaya teachers consisting of 17 teachers with backgrounds in mathematics, physics, biology, geography and information technology. This activity is evaluated based on using an observation sheet consisting of three aspects of skills, namely assembling equipment, running programs, and integrating assembling equipment and programs. The results of community service activities show that teachers have been skilled at making IoT-integrated new renewable energy props with the categories very good 41.67%, good 50%, and quite good 8.33%. With this activity, it is hoped that SMAN 1 Indralaya teachers will become more skilled at making props so that students will be more motivated, creative, and innovative in learning.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Cyrilla, S. R., Fitriyani, V., Ningsih, S. M. J., Bayyinah, B., Febriani, I. S. D., Muflih, A. M., Jamaludin, J., Heriyanto, Y. W., Luhukay, J. R., Djatmiko, W., Yaqin, A. A., & Sugihartono, I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Fisika sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2023 (SNPPM-2023), 2023, 36–48.
Delima, E. M., Mayub, A., & Nursa’adah, E. (2023). Pengembangan Alat Peraga Energi Terbarukan Berbasis Solar Cell pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 284–290. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.889
Efendi, Y. (2018). Internet of Things (IoT) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(2), 21–27. https://doi.org/10.35329/jiik.v4i2.41
Gumelar, B. W., Widiastuti, I., & Wijayanto, D. S. (2019). Pembelajaran Energi Terbarukan untuk Sekolah Dasar Studi Kasus di Kabupatan Klaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 11(1), 16–21. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i1.18504
Irawati, F., Kartikasari, F. D., & Tarigan, E. (2021). Pengenalan Energi Terbarukan dengan Fokus Energi Matahari kepada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Publikasi Pendidikan, 11(2), 164–169. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.16413
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022. In Kemendikbudristek BSKAP (pp. 1–384). Kemendikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf
Lehan, A. A. D., Koroh, T. R., Nawa, N. E. A., Kota, M. K., Nurhabibah, S., & Fembriani, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–28.
Nasbey, H. (2024). Interaktif Digital Modul Berbasis STEM - Problem Based Learning (PBL) pada Materi Energi Terbarukan untuk Siswa SMA. XII, 167–174. https://doi.org/10.21009/03.1201.pf24
Prasasty, A. T., Isroyat, I., & Nurhidayati, R. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran 3D pada Guru kelas di SDN Pondok Terong 1Kota Depok. Rangkiang, 4(1), 32–37.
Prastyo, A., Fithriyah, H., & Ekawati, E. Y. (2022). Konstruksi Indikator Penilaian Proyek Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Fisika Fase F. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) 2022, 1–9.
Ritonga, A. F., Wahyu, S., & Purnomo, F. O. (2020). Implementasi Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Jakarta 1. Risenologi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.57
Sanjaya, L. A., Budi, A. S., & Astra, I. M. (2016). Pengembangan Alat Peraga Energi Terbarukan. Prosiding Seminar Nasional Fisika, V, 45–48. https://doi.org/10.21009/0305010210
Satria, R., Adiprima, P., Kandi, S. W., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek.
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik dan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2), 143–152. https://doi.org/10.22146/bb.41076
Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 596–601.
Sriyanti, I., Siahaan, S. M., Muslim, M., Sudirman, S., & Ariska, M. (2016). Pendampingan Pembuatan Alat Peraga IPA Sederhana sebagai Upaya untuk Menciptakan Karya Inovatif bagi Guru- Guru IPA SMP Se-Kota Lubuklinggau. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (JIPF), 6(2), 23–36.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29083
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ahmad Fitra Ritonga, Iin Seprina, Melly Ariska

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: