PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL DALAM RUANG LINGKUP BISNIS PADA SISWA/SISWI SMK DI KABUPATEN TEGAL

Ghea Dwi Rahmadiane, Fitri Amaliyah, Bahri Kamal

Abstract


Abstrak: Tujuan pada kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran literasi keuangan digital bagi siswa karena beberapa alasan utama yang berkaitan dengan masa depan mereka dalam menghadapi dunia yang semakin digital dan kompleks. Siswa saat ini akan tumbuh di dunia yang semakin didominasi oleh teknologi digital, termasuk dalam aspek keuangan. Di masa depan, banyak pekerjaan yang akan memerlukan pemahaman tentang keuangan digital. Dalam kesempatan kali ini, tim pengabdian masyarakat melaksanakan kegiatan peningkatan literasi keuangan digital dalam dunia bisnis pada siswa. Berdasarkan hasil survei pada siswa/siswi SMK di Kabupaten Tegal masih kurang referensi terkait dengan penggunaan layanan keuangan digital. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan yang dilakukan selama 2 hari, dimana peserta terdiri dari siswa siswi SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal sebanyak 46 siswa. Kegitan PKM ini dilaksanakan di ruang Aula sekolah. Kegiatan PKM dapat meningkatkan kemampuan pemahaman literasi keuangan digital dan penerapannya menggunakan aplikasi Si Apik dalam transaksi bisnis sehari-hari pada siswa/siswi SMK di Kabupaten Tegal. Dari hasil evaluasi pelaksanaan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada peserta, dapat digambarkan bahwa setelah materi disampaikan terlihat kenaikan tingkat pemahaman menjadi 86% dari peserta.

Abstract: The aim of this service activity is to increase awareness of digital financial literacy for students for several main reasons related to their future in facing an increasingly digital and complex world. Students will grow up in a world that is increasingly dominated by digital technology, including financial aspects. In the future, many jobs will require an understanding of digital finance. On this occasion, the community service team carried out activities to increase digital financial literacy in the business world among students. Based on the results of a survey of students at Vocational School in Tegal, there is still a lack of references related to the use of digital financial services. This Community Service activity was carried out in the form of training which was carried out for 2 days, where the participants consisted of 46 female students from Vocational School in Tegal. This PKM activity was carried out in the school hall. PKM activities can improve the ability to understand digital financial literacy and its application using the Si Apik application in daily business transactions for students at Vocational School in Tegal. From the results of the implementation evaluation using a questionnaire distributed to participants, it can be seen that after the material was presented, the level of understanding increased to 86% of the participants.


Keywords


Digital Financial Literacy; Si Apik Application; Business.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Arwien, R. T., Wirawan, Z., Veryani, A. N., Sahabuddin, E., Muriati, S., & Sari, J. (2024). Pelatihan Literasi Digital dalam Mendukung Sustainable Development Berwawasan Lingkungan Hidup. Malebbi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11.

Asbari, M., & Prasetya, A. B. (2021). Managerial Coaching: Rahasia Membangun Kinerja, Komitmen Tim dan Modal Psikologis Guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 490–506. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1248

Cahyadinata, Yulianti, M. E. P. Y., & Supratman, I. (2021). Digital Literacy in Tackling Infodemic Among Bengkulu People. Jurnal Fikom, 22(2), 203–2015.

Cleopatra, M., Sahrazad, S., Mila Vernia, D., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Soft Skill Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan, 33(1), 463–468. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4857

Haliza, N. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2017. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneurship and Finance, 2(2), 172–186. https://doi.org/10.53067/ijebef.v2i2

Isabella, Iriyani, A., & Puji Lestari, D. (2023). Literasi Digital sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat Digital. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(3), 167–172.

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunikasi, Meida, Dan Informatika, 10(1), 33–43. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.3795

Rahmadiane, G. D. (2023). Upaya Pelaku UMKM Kota Tegal Dalam Perspektif Inovasi dan Kreativitas. Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 3(2), 379–385.

Rahmadiane, G. D., & Mahmudah, N. (2023). The Analysis of Marketing, Strategy Planning, Enterprise Orientation, Technology, and Capital on Indonesian MSMEs Performance. In Proceedings of the Tegal International Conference on Applied Social Science & Humanities (TICASSH 2022) (pp. 8–17). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-09-1_3

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. PEDAGOGIA, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/PDGIA.V16I2.11327

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.

Supriyanto, Hadi, H. K., Beny, A. O. N., Muhimmah, H. A., & Wiryanto. (2024). Pemberdayaan Komunitas Tuli Gresik (Kotugres) Melalui Pelatihan Bisnis Digital. ABIMANYU: Journal of Community Engagement, 5(1), 56–61.

Suwana, F., & Lily. (2017). Empowering Indonesian Women Through Building Digital Media Literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 212–217. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.10.004

Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). Analisis Literasi Digital Pada Konten Instagram @Infinitygenre. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 25–34. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744

Werthi, K. T., Agung, A., Agung, G., & Perwira, N. (2024). Penguatan Literasi Digital di Era Digital Ekonomi Sebagai Program Penguatan Peran Perempuan Sebagai Penopang Ekonomi Keluarga. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 606–610. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7560




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ghea Dwi Rahmadiane, Fitri Amaliyah, Bahri Kamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: