PENDEKATAN TOYA DALAM PEMBERDAYAAN GENERASI Z SEBAGAI AGEN PERUBAHAN MELALUI PELATIHAN INTERNET OF THINGS

Deva Baskara Utoyo, Tri Farin Meydiantika Anggia Putri, Beni Widiawan, I Gede Wiryawan

Abstract


Abstrak: Generasi Z membawa pengetahuan, keterampilan, dan semangat yang memiliki potensi untuk membentuk arah perkembangan ekonomi dunia. Peran Gen- Z sebagai agen perubahan menjadi pusat kemajuan bangsa Indonesia. Teknologi Internet of Things memainkan peran sentral dalam pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Solusi untuk mengatasi tantangan penerapan IoT di ancaman stabilitas dan pembangunan pendidikan di Indonesia melalui penerapan pendekatan Tutor Sebaya. Tujuan kegiatan ini mengenalkan penerapan teknologi IoT dengan pendekatan Toya untuk meningkatkan kemampuan hardskill bagi peserta dan softskill bagi tutor sebaya, serta mendapatkan perbandingannya dengan tenaga pengajar di kelas biasa menggunakan kuesioner metode pretest dan posttest. Tahapan kegiatan dilakukan mulai tahap pra, pelaksanaan, dan evaluasi. Bentuk tahapan kegiatan melalui focus group discussion, kerja sama, perancangan modul, pengujian prototipe, pelatihan workshop IoT dan simulasi pendampingan tutor sebaya, terakhir evaluasi. Hasil yang didapatkan dari 50 peserta, nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan dan selisih perbedaan tidak signifikan, yaitu hanya 2% selisih perbedaan antara siswa yang mengikuti pelatihan IoT kelas dengan tutor sebaya dan siswa yang mengikuti pelatihan IoT dengan tenaga pengajar di kelas biasa. Inisiatif tutor sebaya ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, Gen-Z dapat menjadi agen perubahan yang efektif.

Abstract: Gen-Z brings knowledge, skills and passion that have the potential to shape the direction of the world's economic development. Gen-Z's role as agents of change is central to Indonesia's progress. Internet of Things technology plays a central role in sustainable economic growth. The solution to overcome the challenges of applying IoT in the threat of stability and educational development in Indonesia through the application of the Peer Tutor approach. The purpose of this activity is to introduce the application of IoT technology with Toya approach to improve hardskills and softskills, and get a comparison with teaching staff in normal classes using a pretest and posttest method questionnaire. The activity stages were carried out starting from the pre, implementation, and evaluation stages. The form of activity stages through focus group discussions, cooperation, module design, prototype testing, IoT workshop training and peer tutor mentoring simulations, finally evaluation. The results obtained from 50 participants, the pretest and posttest scores have increased and the difference is not significant, which is only 2% difference between students who take part in class IoT training with peer tutors and students who take part in IoT training with teaching staff in regular classes. This peer tutor initiative shows that with the right approach, Gen-Z can be effective agents of change.


Keywords


Agent of Change; Generation Z; Internet of Things; Peer Tutor.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alvira, S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Muda sebagai Agent of Change. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9201–9207.

Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asnur, L., Martin Kustati, & Rezki Amelia. (2024). Pelatihan Baca Tulis Qur’an Santri Menggunakan Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) berbasis Halaqah di Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah (MDTA) Nurul Haq Kota Padang. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 168–178. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1577

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Bukian, P. A. W. Y., & Sujana, I. W. (2025). Pendekatan Tutor Sebaya dalam Pengajaran Agama Hindu : Membangun Prestasi dan Koneksi Sosial Siswa SD di Kubutambahan. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 31–42.

Gazis, A. (2021). What is IoT? The Internet of Things explained. Academia Letters, July 2021, 1–9.

Hakim, A. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Membangun Karakter dan Moral Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 748–752. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.341

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533–541.

Irnawan, R., Juwairiyah, A., & Saputra, E. E. (2025). Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Catha : Journal of Creative and Innovative Research, 2(1), 1–14.

Kuslulat, N. A. (2023). Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2029

Manfaluthy, M., & Ekawati, R. (2019). Pelatihan Internet of Things (IoT Trainer) Berbasis ESP8266 pada SMK Al-Muhadjirin Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5430%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/viewFile/5430/3640

Novitasari, A. A. S., & Dwijayanthi, A. A. I. A. O. (2024). Peran Pendidikan Dalam Meningkatkan Pemahaman Generasi Muda Mengenai Tantangan dan Peluang Menuju Indonesia Emas 2045 Pendahuluan. Jhr 247: Abdimas, 2(3), 1–7.

Persada Sembiring, J., Jayadi, A., Putri, N. U., Sari, T. D. R., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pelatihan Internet of Things (IoT) Bagi Siswa/Siswi SMKN 1 Sukadana, Lampung Timur. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 181–186. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2021

Putra, H. M., Nuzuluddin, M., Akbar, T., & Ahmadi, A. (2024). Pelatihan Internet of Things ( IoT ) guna Meningkatkan Kompetensi Siswa SMKN 1 Pringgabaya. TEKNOKRAT: Jurnal Teknologi Untuk Masyarakat, 2(1), 27–35.

Qutni, D., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Human Resource Management in Improving The Quality of Education. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 354–366. https://doi.org/10.51276/edu.v2i2.132

Sihombing, A., Meisien, M., Aini, N., Ekapardas, S., & Manukalia, Y. (2024). Peran Teknologi dan Inovasi Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital. EKOMA : Jurnal Ekonomi, 3(5), 179–185.

Wahyuddin, N. R., Azwar, Arnas, R., & Kadir, A. (2022). Evaluasi Pretest dan Posttest Peserta Pelatihan Praktik Budidaya Jamur Tiram Desa Tasiwalie Kabupaten Pinrang. JAPMIS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ichsan Sidenreng Rappang, 1(1).

Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Deva Baskara Utoyo, Tri Farin Meydiantika Anggia Putri, Beni Widiawan, I Gede Wiryawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: