EFEKTIVITAS PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG SAMPAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR

Azka Hayyina Nur Faizah, Hasna Salsabila Najiyah, Rifairrohman Marfansyah, Kusuma Estu Werdani

Abstract


Abstrak: Permasalahan sampah terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk, perilaku konsumsi, dan gaya hidup masyarakat. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa Sekolah Dasar tentang pengelolaan sampah. Metode yang digunakan ada dua, yakni ceramah menggunakan bantuan Power Point dan video animasi. Kegiatan ini melibatkan 50 siswa kelas 5 dan 6 yang dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan metode penyuluhan. Penilaian dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan kuesioner sebanyak 8 pertanyaan. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pengetahuan sebesar 18,04 pada kelompok metode ceramah dan 13,4 pada kelompok metode video animasi. Metode ceramah terbukti lebih efektif dibandingkan video animasi karena memberikan kesempatan untuk interaksi langsung dan tanya jawab, sementara metode video animasi cenderung menarik perhatian siswa pada elemen visual. Kesimpulannya, metode ceramah lebih cocok digunakan dalam edukasi pengelolaan sampah di tingkat sekolah dasar untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Abstract: Waste problems continue to increase with population growth, consumption patterns, and people's lifestyles. This service program aims to increase the knowledge of elementary school students about waste management. Two methods are used, namely lectures with the help of Power Point and animated videos. This activity involved 50 5th and 6th grade students who were divided into two groups based on the guidance method. Evaluation was done by pre-test and post-test using a questionnaire of 8 questions. The results showed an increase in the average knowledge score of 18.04 in the lecture method group and 13.4 in the animated video method group. The lecture method proved to be more effective than the animated video method because it provided opportunities for direct interaction and question and answer, while the animated video method tended to focus students' attention on the visual elements. In conclusion, the lecture method is more suitable for waste management education at the primary school level to achieve optimal learning outcomes.


Keywords


Education; Waste; Elementary School; Video Animation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ankesa, H. A., Amanah, S., & Asngari, P. S. (2016). Partisipasi Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan dalam Penanganan Sampah di Sub DAS Cikapundung Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 12(2), 105. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i2.10929

Apatiga, Y., & Vu, K.-P. L. (2022). Comparing the Effectiveness of Instructor-Led Versus Video-Based Learning Methods for Online Website Accessibility Training. In G. Meiselwitz, A. Moallem, P. Zaphiris, A. Ioannou, R. A. Sottilare, J. Schwarz, & X. Fang (Eds.), HCI International 2022 - Late Breaking Papers. Interaction in New Media, Learning and Games (pp. 189–206). Springer Nature Switzerland.

Apriliani, F., Windusari, Y., Sari, N., & Fajar, N. A. (2024). Systematic Review: Penyuluhan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dalam Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat Untuk Menjaga Lingkungan. Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1), 94. https://doi.org/10.33757/jik.v8i1.976

Atmanti, H. D. (2019). Kajian Pengelolaan Sampah Di Indonesia. Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Tujuan Ekonomi Inklusif, 2, 15–27.

Axmalia, A., & Mulasari, S. A. (2020). Dampak Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Terhadap Gangguan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Komunitas, 6(2), 171–176. https://doi.org/10.25311/keskom.vol6.iss2.536

Azima, N. F. (2022). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar. 22(2021), 1–11.

Brockfeld, T., Müller, B., & de Laffolie, J. (2018). Video versus live lecture courses: a comparative evaluation of lecture types and results. Medical Education Online, 23(1). https://doi.org/10.1080/10872981.2018.1555434

Dewi, L., Kurniawan, D., Matsumoto, T., Rachman, I., & Mulyadi, D. (2020). Pendidikan Lingkungan Hidup Mengenai Pengelolaan Dan Pengolahan Sampah: Perspektif Peserta Didik. EDUTECH, 19(2), 150–172.

Dewi, N. P. M. Y. K., & Pradhana, I. P. D. (2022). Pengelolaan Sampah Anorganik Menjadi Nilai Rupiah Pada Generasi Muda Di Desa Jungutbatu. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1), 251–257. https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.15757

Endartiwi, S. S. E., Warniningsih, W., Amyati, A., Mar'atus Sholiha, & Amin Rahayu Puji Lestari. (2024). Pengelolaan Sampah Berbasis Sekolah Untuk Mewujudkan Green School. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(2), 260–266. https://doi.org/10.36985/q7rm7k56

Febriyanti, R., Rahayu, N. V. A., Pitaloka, W. D., Yakob, A., & Samsuri, M. (2023). Edukasi Pemilahan Sampah sebagai Upaya Penanganan Masalah Sampah di SD Muhammadiyah Baitul Fallah Mojogedang. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 37–45. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22456

Ilham, A. J., Kusuma, A. T., Putri, F. R., & Selsia, B. (2023). Peran Pendidikan Lingkungan Dalam Meningkatkan Kesadaran dan Tindakan Berkelanjutan di Sekolah Dasar. MASALIQ, 3(5), 907–917.

Lin, Y., & Yu, Z. (2023). A Meta-analysis Evaluating the Effectiveness of Instructional Video Technologies. In Technology, Knowledge and Learning (Issue 0123456789). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s10758-023-09669-3

Lingga, L. J., Yuana, M., Sari, N. A., Syahida, H. N., & Shahron, C. S. (2024). Sampah di Indonesia : Tantangan dan Solusi Menuju Perubahan Positif. 4, 12235–12247.

Manyullei, S., Saleh, L. M., Arsyi, N. I., Azzima, A. P., & Fadhilah, N. (2022). Penyuluhan Pengelolaan Sampah dan PHBS di Sekolah Dasar 82 Barangmamase Kecamatan Galesong Selatan Kab. Takalar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 169–175. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i2.210

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf

Mukhlis, M. (2024). Optimalisasi Penerapan Kebijakan Pengelolaan Sampah Dalam Mengatasi Penanggulangan Darurat Sampah Tpa Regional Payakumbuh. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(4), 11964–11976.

Nagong, A. (2021). Studi Tentang Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 02 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah. Jurnal Administrative Reform, 8(2), 105. https://doi.org/10.52239/jar.v8i2.4540

Nakuloadi, H., Aribowo, F., Setyawan, E., Sutrisna, E., & Cahyaningrum, T. (2024). Kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah di sekolah dasar. Abdimas Ekonomika, 2(1), 37–46.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta.

Purnami, W. (2020). Pengelolaan sampah di lingkungan sekolah untuk meningkatkan kesadaran ekologi siswa. 9(2), 110–116. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50083

Rahmawati, A. F., Amin, Rasminto, & Syamsu, F. D. (2021). Analisis Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Pada Wilayah Perkotaan di Indonesia. Bina Gogik, Vol.8(1), 1–12.

Robertson, B., & Flowers, M. J. (2020). Determining the impact of lecture videos on student outcomes. Learning and Teaching, 13(2), 25–40. https://doi.org/10.3167/latiss.2020.130203

Runtunuwu, P. C. H. (2020). KAJIAN SISTEM PENGOLAHAN SAMPAH. Ahlimedia Press.

Sánchez, A., Artola, A., Font, X., Gea, T., Barrena, R., Gabriel, D., Sánchez-Monedero, M. Á., Roig, A., Cayuela, M. L., & Mondini, C. (2015). Greenhouse Gas from Organic Waste Composting: Emissions and Measurement. In E. Lichtfouse, J. Schwarzbauer, & D. Robert (Eds.), CO2 Sequestration, Biofuels and Depollution (pp. 33–70). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-11906-9_2

Septiani, B. A., Arianie, D. M., Risman, V. F. A. A., Handayani, W., & Kawuryan, I. S. S. (2019). Pengelolaan Sampah Plastik Di Salatiga: Praktik, dan tantangan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(1), 90. https://doi.org/10.14710/jil.17.1.90-99

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., Fauziah, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2020). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10768

Sustiyono, A. (2021). Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah dan Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan. Faletehan Health Journal, 8(02), 71–76. https://doi.org/10.33746/fhj.v8i02.241




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Azka Hayyina Nur Faizah, Hasna Salsabila Najiyah, Rifairrohman Marfansyah, Kusuma Estu Werdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: