PENINGKATAN PENGETAHUAN PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN
Abstract
Abstrak: Permasalahan pangan jajanan sekolah (PJAS) yang sering muncul adalah penggunaan bahan tambahan pangan yang tidak memenuhi standar keamanan pangan. Peran guru dalam pemberian informasi dan pengawasan keamanan pangan sangat penting meningkatkan kesehatan peserta didik. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan peran guru sekolah dasar dalam pengawasan keamanan pangan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyuluhan dengan menggunakan media powerpoint dan buku saku, serta Focus Group Discussion (FGD). Mitra pengabdian yang terlibat adalah guru-guru sekolah dasar di Wilayah Kecamatan Kartasura sebanyak 26 peserta. Evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui tercapainya tujuan pengabdian ini dengan menggunakan pretest dan posttest sebanyak 10 soal. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa penyuluhan, pemberian buku saku dan Focus Group Discussion (FGD) dengan p value 0,019. Hasil rata-rata menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dari pretest dan posttest yaitu dari 48,57 menjadi 65,71.
Abstract: The common issues with school snack foods often arise from the use of food additives that do not meet food safety standards. Teachers play a crucial role in providing information and supervising food safety to improve students' health. The objective of this community service program was to enhance elementary school teachers' knowledge regarding their role in monitoring food safety. The methods employed in this program included counseling sessions using PowerPoint presentations and pocketbooks, as well as Focus Group Discussions (FGDs). The program partners involved 26 elementary school teachers from the Kartasura sub-district. Evaluation to determine the program's success was conducted through pretests and posttests as many as 10 question. The results showed a significant difference in knowledge before and after the intervention, which included counseling, pocketbook distribution, and FGDs, with a p-value of 0.019. The average results demonstrated an increase in knowledge, with scores rising from 48.57 in the pretest to 65.71 in the posttest.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ammitra Febrianis. (2023). Pengawasan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (Pjas) Di Kota Solok Tahun 2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9631–9643.
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat. (2024). BPOM Temukan 102 Sampel Takjil Tidak Memenuhi Syarat.
BPOM RI. (2012). Pedoman Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pada Pangan Industri Rumah Tangga Dan Pangan Siap Saji Sebagai Pangan Jajanan Anak Sekolah. Direktorat Standardisasi Produk Pangan, Deputi III, Badan POM RI.
BPOM RI. (2019). Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan tentang No 11 Tahun 2019 Bahan Tambahan Pangan. Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia, 1–10.
Cecep Dani Sucipto. (2015). Keamanan Pangan untuk Kesehatan Manusia. Gosyen Publishing.
Fitri, D. E., & Kurnia, E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Focus Group Discussion Terhadap Pengetahuan Siswi Tentang Persiapan dalam Menghadapi Menarche. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(2). https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i2.154
Hadi, H., Triastanti, R. K., Anggraeni, D., Nurwanti, E., Lewis, E. C., Colon-Ramos, U., Kang, Y., Yamaguchi, M., & Gittelsohn, J. (2022). The Role of the School Food Environment in Improving the Healthiness of School Canteens and Readiness to Reopen Post COVID-19 Pandemic: A Study Conducted in Indonesia. Journal of Public Health Research, 11(1), jphr.2021.2287. https://doi.org/10.4081/jphr.2021.2287
Indah Paramita Sari, Fitri Nur Afifah, Sarbini, Rheina Faticha Asyamsa Hidayat, Lanjar, Yuni Hartati, & Rarastoeti Pratiwi. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Padukuhan Malangrejo dalam Pemanfaatan Pewarna Alami Makanan. Warta LPM, 27(1), 102–113. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/warta.v27i1.1584
Irwan, Hasbi, & Rosdiana. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO:Journal of Islamic Education, 1(1), 43–54. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312
Jelaine, A., Pajantoy, C., & Ubane, S. C. (2022). Assessment on the Canteen Services in All Central Schools of Catarman: Basis in the Design of a Model Canteen. In Journal of Positive School Psychology (Vol. 2022, Issue 7). http://journalppw.com
Khairuna Hamida, Siti Zulaekah, & Mutalazimah. (2012). Penyuluhan Gizi dengan Media Komik untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Keamanan Makanan Jajanan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 67–73. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas
Patimah, S., Sharief, S. A., Muhsanah, F., Nukman, N., & Rachmat, M. (2024). Pendampingan Pencegahan Risiko Anak Stunting pada Masyarakat, Kader Kesehatan, dan Guru PAUD/TK. Warta LPM, 259–268. https://doi.org/10.23917/warta.v27i2.3760
Pratiwi, I. D., Purwanto, E., Azizah, A. N., & Wijaya, M. R. E. (2023). Pendampingan Program Penguatan Gizi Seimbang dan Screening Kesehatan bagi Anak Pra Sekolah di TK ABA 37 Kota Malang, Jawa Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 393–398. https://doi.org/10.54082/jamsi.657
Rahayu, S., Arifah, S., Widodo, A., Rahayuningsih, F. B., Kristinawati, B., Dewi, E., Tamelia, Y., Azizah, I. N., Baety, N. C. N., Pratiwi, J. S., Dinasti, T. W., Fauzan, A., & Ananta, D. S. (2024). Peningkatan Pengetahuan Kader ‘Aisyiyah tentang Hipertensi Melalui Kegiatan Edukasi Kesehatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 194. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19714
Rapotan Hasibuan. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Masyarakat. Nasya Expanding Management.
Rizky Dzariyani Laili, Luki Mundiastuti, Dewinta Hayudanti, Rossa Kurnia Ethasari, Alifah Nur Aimanda, & Nabila Cindy Apsari. (2023). Pembinaan Peningkatan Kualitas Jajanan Anak Sekolah Dasar di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Kota Surabaya. Journal of Community Engagement in Health and Nursing, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.30643/jcehn.v1i1.222
Ross, J., Stevenson, F., Lau, R., & Murray, E. (2016). Factors that influence the implementation of e-health: A systematic review of systematic reviews (an update). In Implementation Science (Vol. 11, Issue 1). BioMed Central Ltd. https://doi.org/10.1186/s13012-016-0510-7
Satrio Kusnanda Murdiqi Kusaeri, Nutrisia Nu’im Haiya, & Iwan Ardia. (2020). Promosi Kesehatan dengan Metode Focus Group Discussion dapat Mempengaruhi Pengetahuan tentang Diabetes Melitus. Bima Nursing Journal, 1(2), 113–118. https://doi.org/https://doi.org/10.32807/bnj.v1i2.490
Susanto, Muchlis Catio, Jintan Hutapea, Pantjawidi Djuharnoko, Ariyono, Liza Jalinus, Jauhari, Zulkifli, Irwan Panca Wariaseno, & Zulkarnaen Haryo Nugroho. (2019). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Windi Wulandari, Retno Mulatsih, & Rezha Kharisma Putri. (2024). Gambaran Pengetahuan dan Sikap tentang Penggunaan Pemanis Buatan (Siklamat dan Sakarin) di Sekitar SD Kecamatan Laweyan.
Wulan Agustin Ningrum, & Urmatul Waznah. (2017). Keamanan Pangan Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni terhadap Persepsi Orang Tua dan Guru. The 5th Urecol Proceeding.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Windi Wulandari, Rezania Asyfiradayati, Mitoriana Porusia, Citra Maulia Dewi, Elvina Savarinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: