PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENUNJANG PROSES BELAJAR SISWA: STUDI KASUS PENGGUNAAN GENERATIVE PRE-TRAINED TRANSFORMER SEBAGAI ASISTEN PEMBELAJARAN
Abstract
Abstrak: Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) menawarkan potensi besar dalam mendukung proses pembelajaran di berbagai institusi pendidikan, termasuk SMK Darussalam Balapulang. Pemanfaatan AI, khususnya Generative Pre-trained Transformer (GPT), masih terbatas karena rendahnya pemahaman, keterbatasan pelatihan, dan infrastruktur yang belum memadai. Melalui program pengabdian masyarakat, dilaksanakan pelatihan interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa dan guru mengenai teknologi GPT serta aplikasinya dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan terdiri dari ceramah untuk pemaparan materi dan praktikum setelah siswa memperoleh pemahaman dasar. Kegiatan diawali dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa tentang AI. Setelah itu, materi disampaikan melalui ceramah interaktif, diikuti sesi praktikum di mana siswa langsung mencoba penggunaan GPT untuk tugas akademik seperti menyusun ringkasan dan mencari solusi masalah akademik. Evaluasi dilakukan melalui post-test untuk mengetahui peningkatan pemahaman. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata pre-test 46,25 menjadi 91,25 pada post-test. Implementasi GPT terbukti meningkatkan efisiensi pembelajaran serta mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja berbasis teknologi. Program ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di SMK Darussalam Balapulang.
Abstract: The development of artificial intelligence (AI) technology offers great potential to support the learning process in various educational institutions, including SMK Darussalam Balapulang. The use of AI, particularly Generative Pre-trained Transformer (GPT), remains limited due to a lack of understanding, insufficient training, and inadequate infrastructure. Through a community service program, an interactive training session was conducted to enhance students' and teachers' understanding of GPT technology and its applications in education. The implementation method consisted of lectures for material presentation and practical sessions after students had acquired essential knowledge. The activity began with a pre-test to assess students' initial knowledge of AI. Then, the material was delivered through an interactive lecture, followed by a practical session where students directly experimented with GPT for academic tasks such as summarizing texts and solving academic problems. Evaluation was carried out through a post-test to measure the improvement in understanding. The training results showed a significant increase, with the average pre-test score rising from 46.25 to 91.25 in the post-test. Implementing GPT has enhanced learning efficiency and prepared students for a technology-driven workforce. This program contributes significantly to improving the quality of education at SMK Darussalam Balapulang.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731
Azhar, A. B., Putri, E. T., Fikri, M. F., Assyukron, I. F., & Dairoh, D. (2023). Pelatihan Microsoft Office Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bagi Kader Dan Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3144. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15589
B, I., Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology, 4(1), 714–723. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.4512
Dyah Apriliani, Ginanjar Wiro Sasmito, & Hepatika Zidny Ilmadina. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Optimalisasi Dakwah Bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah Bulakamba-Brebes. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1255–1261. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.7972
Firman, A., Yassir, M. A. I., Istiqamah, N., Paula, E. W., Nooviar, M. S., Komeini, M., & Agusrianto. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Menunjang Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3617–3624.
Fitriani, E. (2024). Pelatihan aplikasi Chatgpt sebagai alat pendukung pembelajaran. 8(September), 2690–2695.
H.I.A, P. (2023). Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/156
Hakim, L. (2022). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan - Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG). https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan%0A
Harmin, A., Moeis, D., & Usman, N. (2024). Pelatihan pemanfaatan chatGPT untuk efektivitas belajar dan penyelesaian tugas akademis siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8, 499–507.
Hidayati, S. N., Widodo, W., Subekti, H., Aulia, E. V., & Sari, D. P. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Pendidik Ipa Dalam Memfasilitasi Microlearning. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 182. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19712
Hulu, A. E., Sari, Y. K., Amrin, N. G., Bidala, Z., Lemba, M., Lareke, A., Suni, M. A., Naharuddin, N., Baharuddin, R. F., & Purnama, R. (2023). Fly High With Setma : Pelatihan Penggunaan Uav Dalam Mewujudkan Mahasiswa Yang Berkompetensi Di Era Revolusi Industri 4.0. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3711. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16209
Hutapea, G. L., & Rantung, J. (2024). Hubungan Persepsi Mahasiswa Keperawatan dengan Sikap Penggunaan Chat GPT. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(2), 519–528. https://doi.org/10.54082/jupin.350
Idris, I., Adi, K. R., Firmansyah, R., Nadhianty, A., Mobaroq, M. H., Putri, P. G., Pratama, A. S., & Wahono, E. R. (2021). Developing smart tourism using virtual reality as a tourism promotion strategy in Indonesia. Geojournal of Tourism and Geosites, 35(2), 332–337. https://doi.org/10.30892/GTG.35210-656
Ilmadina, H. Z., Apriliani, D., & Maulana, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Videografi sebagai Upaya Pendukung Promosi Produk UMKM. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(2), 304–313. https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.17613
Jati, B. S., Akbar, M., & Susilawati, I. (2024). Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan untuk guru kinderstation school. 8(September), 2223–2230.
Munawir, Fitria, L., & Hermansyah, M. (2020). Implementasi Face Recognition pada Absensi Kehadiran Mahasiswa Menggunakan Metode Haar Cascade Classifier. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 4(2), 314–320. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i2.2333
Ramadanti, A., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Darmurtika, L. A., Rezkillah, I. I., & Ningsih, A. S. P. (2024). Mengintegrasikan Teknologi untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Anak-anak di Daerah Terpencil. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 118–129.
Saluza, I., Yulianti, E., Putri, I. P., Marcelina, D., & Sartika, D. (2024). Pelatihan pemanfaatan teknologi artificial intelligence bagi guru sekolah dasar. SELAPARAANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8, 1445–1452.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Setiawan, D., Karuniawati, E. A. D., & Janty, S. I. (2023). Peran Chat Gpt (Generative Pre-Training Transformer) Dalam Implementasi Ditinjau Dari Dataset. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 9527–9539. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3286
Sucahyo, N., Usanto, U., & Sopian, A. (2023). Peran artificial intelegent terhadap peningkatan kreativitas siswa dengan menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Abdimas Siliwangi, 6(3), 676–686. https://doi.org/10.22460/as.v6i3.18078
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Ummah, I., & Helwani, A. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis AI dalam Menunjang Prestasi Akademik Siswa. 4, 85–95.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dyah Apriliani, Hepatika Zidny Ilmadina, Muhammad Fikri Hidayattullah, Ginanjar Wiro Sasmito, Berliani Risqi Dwi Saputri, Humam Asathin Haqqani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: