PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN PEMBELAJARAN AIK BERBASIS VIDEO MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI SD MUHAMMADIYAH

Abd. Madjid, Siti Bahiroh, Farida Kartini, Akbar Nur Aziz

Abstract


Abstrak: Penggunaan media pembelajaran berbasis video semakin penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, termasuk dalam pelajarn Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Namun, banyak guru di SD Muhammadiyah belum memiliki keterampilan dalam pembuatan konten video pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru dalam membuat konten pembelajaran AIK berbasis video menggunakan Canva di SD Muhammadiyah Tamantirto. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, workshop, dan praktik langsung dengan partisipasi 30 guru. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan keterampilan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru dalam menggunakan Canva untuk membuat video pembelajaran AIK, dengan rata-rata peningkatan keterampilan sebesar 85%. Selain itu, guru merasa lebih percaya diri dalam menciptakan materi yang menarik dan interaktif. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas guru dalam menyampaikan materi AIK serta meningkatkan minat belajar siswa. Keberlanjutan program ini akan difokuskan pada pendampingan intensif dan pengembangan konten lebih lanjut.

Abstract: The use of video-based learning media is increasingly crucial in enhancing educational effectiveness, including in Islamic and Muhammadiyah Studies (AIK). However, many teachers at Muhammadiyah elementary school lack the skills to create video learning content. This community service program aims to train teachers in developing AIK learning content using Canva as SD Muhammadiyah Tamantiro. The methods employed include socialization, workshops, and hands-on practice, involving 30 teachers. Evaluation was conducted through pre-test and post-test assessments to measure skill improvement. Results indicate a significant increase in teachers’ ability to use Canva for AIK video content creation, with an average skill improvement of 85%. Additionally, teachers reported increased confidence in designing engaging and interactive materials. This training is expected to enhance teachers' creativity in delivering AIK lessons and boost students' learning interest. Future programs will focus on intensive mentoring and further content development.


Keywords


Digital Literacy; Learning Videos; AIK; Canva; Teacher Creativity; Learning Innovation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Aziz, A. N., Prastya, D. E., Jubba, H., & Wahyuni, H. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama di Sekolah Dasar Muhammadiyah 001 Sebatik Barat. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 1–10. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.409

Baharuddin, & Hatta. (2024). Transformasi Manajemen Pendidikan: Integrasi Teknologi dan Inovasi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7535–7544. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Cahyono, G. (2019). Pembelajaran PAI bagi Anak Autis Berwawasan Teknologi Pendidikan. Educasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 62–76.

Chou, C. C., Chuang, H. H., & Wharton-Beck, A. N. (2019). Fostering the Development of Social Capital to Enrich Student Experiences Through After-School Digital Tutoring Programs. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.18785/jetde.1201.01

Data Pokok Pendidikan. (2024). Data Pokok Pendidikan SD Muhammadiyah Tamantirto. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Keementerian Pendidikan, Kebudayaa, Riset Dan Teknologi. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/60F21CDC415E70BCCA0D

Faturrahman, M. I. (2022). Urgensi kurikulum ISMUBA dalam membentuk karakter siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah. Journal of Islamic Education and Innovation, 3(1), 47–55. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6428

Herman, U., Rochman, C., & Maslani, M. (2020). Model evaluasi ketercapaian kompetensi dasar qur’an hadits berbasis kognitif pada pembelajaran pendidikan agama islam. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 136–148. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.8575

Husein Ritonga, A., & Bafadhal, F. (2018). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam pada Era Milenial. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 18(1), 27–38. https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.38

Kleftodimos, A., & Evangelidis, G. (2016). Using open source technologies and open internet resources for building an interactive video based learning environment that supports learning analytics. Smart Learning Environments, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40561-016-0032-4

Marshalsey, L., & Sclater, M. (2018). Critical perspectives of technology-enhanced learning in relation to specialist Communication Design studio education within the UK and Australia. Research in Comparative and International Education, 13(1), 92–116. https://doi.org/10.1177/1745499918761706

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Muchlis, S. (2020). Strategi Komunikasi Dakwah Penyuluh Agama Islam Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kota Kisaran. Jurnal Ilmiah Komunikasi Communique, 3(1), 9–17.

Munir, M. (2020). Pembelajaran Digital. Alfabeta.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Suryati, L., Nizwardi Jalinus, Rizal Abdullah, & Sri Rahmadhani. (2023). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Prespektif Filsafat Konstruktivisme pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 195–202. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.57408

Tamrin, M. (2019). Al-Islam dan Kemuhadiyahan (AIK) Pilar Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin (Studi Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di NTT). TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 69–87. https://doi.org/10.52166/talim.v2i1.1299

Tamrin, M. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin Pada Pembelajaran Al Islam Dan Kemuhammadiyah (Aik/Ismuba) Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Daerah Minoritas. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 22–38. https://doi.org/10.52166/talim.v3i1.1754




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Abd Madjid, Siti Bahiroh, Farida Kartini, Akbar Nur Aziz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: