PENDAMPINGAN HAK CIPTA MERK, SERTIFIKASI HALAL, DAN RE-PACKAGING TEPUNG MODIFIED CASSAVA FLOUR UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAINGUMKM DI KABUPATEN MALANG
Abstract
Abstrak: Pendampingan terhadap UMKM tepung mocaf di Desa Ngenep, Jawa Timur, dilakukan untuk meningkatkan daya saing melalui pendaftaran hak cipta merek, sertifikasi halal, dan perbaikan kemasan. Kegiatan ini mencakup peningkatan baik softskill maupun hardskill dari masyarakat terkait pentingnya legalitas usaha, bimbingan teknis dalam proses sertifikasi, serta desain ulang kemasan agar lebih menarik dan sesuai dengan standar pasar. Kegiatan pendampingan tersebut dilaksanakan secara Focus Group Discussion (FGD) dan simulasi dengan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta dari Ibu-ibu PKK Desa Ngenep. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa UMKM mampu memahami dan memenuhi persyaratan administratif, mendapatkan legalitas usaha, serta meningkatkan daya tarik produk melalui kemasan yang lebih baik. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil observasi yang dilakukan bahwa hampir keseluruhan pendampingan telah berhasil dilakukan, dengan peningkatan persentase sebesar 90%. Dengan adanya sertifikasi halal dan branding yang kuat, produk tepung mocaf dari Desa Ngenep diharapkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
Abstract:Mentoring for mocaf flour UMKM in Ngenep Village, East Java, was carried out to increase competitiveness through trademark copyright registration, halal certification, and packaging improvements. This activity includes improving both the soft skills and hard skills of the community regarding the importance of business legality, technical guidance in the certification process, and redesigning packaging to be more attractive and by market standards. The mentoring activity was conducted through a Focus Group Discussion (FGD) and simulasion attended by approximately 50 participants from the PKK mothers of Ngenep Village. The results of this mentoring showed that UMKM was able to understand and meet administrative requirements, obtain business legality, and increase product appeal through better packaging. This can be seen based on the observations that almost all mentoring has been successful, with a percentage increase of 90%. With halal certification and strong branding, mocaf flour products from Ngenep Village are expected to reach a wider market and improve the welfare of the local community.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abbas, W., Amin, A., Prawira, M. R., & Antuli, R. R. (2023). Penguatan UMKM di Desa Sumberjo Melalui Program 3P: Pembuatan Brand, NIB, dan Pendampingan Sertifikasi Halal. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.35912/yumary.v4i2.2536
Ampuero, O., & Vila, N. (2006). Consumer perceptions of product packaging. Journal of Consumer Marketing, 23(2), 102–114. https://doi.org/10.1108/07363760610655032
Ardiani Aniqoh, N. A. F., & Hanastiana, M. R. (2020). Halal Food Industry: Challenges and Opportunities in Europe. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5799
Balik, A., Tjoanda., M., & Sopamena, R. F. (2023). The Effects of Trademark Registration for MSMEs. Batulis Civil Law Review. https://doi.org/10.47268/ballrev.v4i2.1772
Fadila. M.A, & Putri, N. . (2023). Analysis of Food Security Development in Indonesia : A Big Data and Data Mining Approach. Seminar Nasional Official Statistics , 2022, 1–10.
Habib, I., Novansyah, D., Arianto, R. D., Darmawan, H. N., & Radianto, D. O. (2023). Marketing Development Strategy in the Digital Age. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan. https://doi.org/10.53697/emak.v4i3.1347
Hermawan, D., Mahasiswa, S., Tata, P., Fakultas, B., Universitas, T., Surabaya, N., & Bahar, A. (2013). Pengaruh Substitusi Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) dan Penambahan Puree Wortel (Daucus carota L) Terhadap Sift Organoleptik Mie Telur. Yudisium Oktober. Tahun, 02, 25–33.
Heryadi, D. Y., Rofatin, B., Tedjaningsih, T., & Nurcahya, I. (2024). Implementasi Diversifikasi Konsumsi Pangan Lokal dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya dalam Menu Keluarga untuk Menunjang Ketahanan Pangan. Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 843. https://doi.org/10.25157/ma.v10i1.12612
Hidayati, L. N., Indrawati, D. V., Kes Pendidikan, M., & Keluarga, K. (2015). Penganekaragaman Produk Rich Biscuit Berbasis Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour). E-Journal Boga, 20–29.
Irianto, A., Nushron Ali Mukhtar, M., & Lasiyono, U. (2023). Pendampingan Legalitas Usaha Untuk Mendukung Perkembangan Umkm Keripik Pisang Zefanya. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2023, 221–227. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Izyumenko, E. (2021). A Freedom of Expression Right to Register “Immoral” Trademarks and Trademarks Contrary to Public Order. IIC - International Review of Intellectual Property and Competition Law, 52, 893–914. https://doi.org/10.1007/s40319-021-01085-3
Miyasto. (2014). Strategi Ketahanan Pangan Nasional guna Meningkatkan Kemandirian dan Daya Saing Ekonomi dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 1(17), 17–34. https://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/151
Nurrachmi, R. (2017). The Global Development of Halal Food Industry : A Survey Halal industry is the latest trend in the world market . With Moslem Halal food market is one of the largest consumer markets in the world as reported by the Stated of The Global Islamic Economy Rep. Tazkia Islamic Finance and Business Review, 11(1), 41–56.
Putri, A. D. R. A., Winata, L. S., Tanggono, A., & Durry, F. D. (2024). Mitigasi Krisis Pangan Global Warming: SDGs Pencegahan Malnutrisi(Literature Review). Prosiding Seminar Nasional Kusuma III Kualitas Sumberdaya Manusia, 2, 10–19.
Rosmeri, V. I. D. B. N. M. (2013). Pemanfaatan Tepung Umbi Gadung ( Dioscorea hispida Dennst ) dan Tepung MOCAF ( Modified Cassava Flour ) Sebagai Bahan Substitusi dalam Pembuatan Mie Basah, Mie Kering, dan Mie Instan. Teknologi Kimia Dan Industri, 2(2), 246–256.
Sadeli, A. H., Qanti, S. R., Syamsiyah, N., Sosial, D., Pertanian, E., Pertanian, F., & Padjadjaran, U. (2024). Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis Tinjauan Literatur Pangan lokal di Indonesia Literature Review of Local Food in Indonesia. 10, 2020–2027.
Tushnet, R. (2016). Registering Disagreement: Registration in Modern American Trademark Law. Harvard Law Review, 130, 867. https://consensus.app/papers/registering-disagreement-registration-in-modern-tushnet/1b8cb00033c250a19ce5eb88d6964f44/
Utami, W. W. (2023). Program Diversifikasi Pangan Sebagai Salah Satu Upaya Pencapaian Ketahanan Pangan Di Desa Cikeusik Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Jurnal Pengabdian Dinamika, 10(1), 26. https://doi.org/10.62870/dinamika.v10i1.21809
van Ooijen, I., Fransen, M. L., Verlegh, P. W. J., & Smit, E. G. (2017). Packaging design as an implicit communicator: Effects on product quality inferences in the presence of explicit quality cues. Food Quality and Preference, 62(June), 71–79. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2017.06.007
Widowati, S., & Nurfitriani, R. A. (2023). Diversifikasi Pangan Lokal untuk Ketahanan Pangan Perspektif Ekonomi, Sosial, dan Budaya. In BRIN (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29646
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Neza F. Rayesa, Dego Yusa Ali, Fahriyah, Deny Meitasari, Heptari E. Dewi, Della Aprilia DP

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: