SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DI SMP
Abstract
Abstrak: Kemampuan Bahasa Inggris di desa kecil sangat memprihatinkan, contohnya salah satu sekolah menengah pertama (SMP) berbasis pesantren di desa Jatirogo kabupaten Tuban masih kesulitan dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris meskipun aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris sudah sangat banyak dan mudah diakses melalui handphone. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu aplikasi Bahasa Inggris yakni Duolingo dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa disana. Metode yang digunakan adalah sosialisasi di sebuah sekolah SMP berbasis pesantren yang ada di desa Jatirogo kabupaten Tuban. Jumlah yang ikut dalam sosialisasi adalah 90 orang. Hanya saja karena keterbatasan jumlah gadget (HP) yang bisa digunakan untuk praktik aplikasi Duolingo, maka peserta praktikum difokuskan pada kelas 7 saja yang berjumlah 26 orang. Adapun peserta lainnya tetap diberikan akses ke Duolingo diluar dari jadwal siswa kelas 7 sebagai tambahan pembelajaran namun tidak menjadi kelompok yang ditargetkan. Dalam sosialisasi ini dilakukan pretest saat sosialisasi dan posttetst dilakukan setelah satu minggu penggunaan aplikasi secara rutin untuk mengetahui keefektifan aplikasi Duolingo. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Bahasa Inggris sebesar 83% dari nilai rata-rata pretest 20-40 menjadi 45-65 saat posttest. Hal ini menunjukkan penggunaan aplikasi Duolingo berdampak positif bagi siswa.
Abstract: English language skills in small villages are very worrying, for example, one of junior high schools with the Islamic boarding school-based in Jatirogo village, Tuban district, is still having difficulty in improving English language skills even though there are many English learning applications available and easily accessible via mobile phone. This service aims to introduce one of the English applications, namely Duolingo, in improving the English language skills of students there. The method used was socialization at an Islamic boarding school-based junior high school in Jatirogo village, Tuban district. The number who took part in the socialization was 90 people. However, due to the limited number of gadgets (mobile phones) that can be used to practice the Duolingo application, the practicum participants focused on class 7 with 26 people. Other participants were given the opportunity to access Duolingo outside the class 7 schedule as additional learning but not as targeted group. In this program, a pre-test was carried out during socialization and a post-test was carried out after one week of regular use of the application to determine the effectiveness of the Duolingo application. The results show an increase with 83% in English language skills from an average pre-test score of 20-40 to 45-65 at post-test. This shows that using the Duolingo application has a positive impact on students.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aisyah, N., & Hidayatullah, M. (2023). Implementasi Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6.(1), 44–59.
Astarilla, L. (2018). University students’ perception towards the use of Duolingo application in learning English. Conference ProceedingsCelSciTech-UMRI 2018Vol 3-Sep2018ISSN: 2541-3023LP2M-UMRIEDU -1University Students’Perceptiontowardsthe Useof Duolingo Application InLearning English, 1–9.
Bahjet Essa Ahmed, H. (2016). Duolingo as a Bilingual Learning App: A Case Study. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2814822
Benlaghrissi, H., & Ouahidi, L. M. (2024). The impact of mobile-assisted project-based learning on developing EFL students’ speaking skills. Smart Learning Environments, 11(1), 18. https://doi.org/10.1186/s40561-024-00303-y
Budiharto, R. A., & Syahroni, A. W. (2020). Pendampingan Pemanfaatan Duolingo melalui Smartphone Sebagai Alat Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Masyarakat. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 339–346. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.374
Chen, C.-M., Chen, L.-C., & Yang, S.-M. (2019). An English vocabulary learning app with self-regulated learning mechanism to improve learning performance and motivation. Computer Assisted Language Learning, 32(3), 237–260. https://doi.org/10.1080/09588221.2018.1485708
Fauzan, U., Muklis, M., Hadijah, S., Noor, W. N., Samu, L. O., Aulia, R., Safitri, D., Auliya R, A., Dani, S. A., & Zulfikar, M. (2023). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Melalui English Course. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 111. https://doi.org/10.21093/simas.v1i2.7129
Gou, P. (2023). Teaching english using mobile applications to improve academic performance and language proficiency of college students. Education and Information Technologies, 28(12), 16935–16949. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11864-9
Hardiyanto, M. R. P., Pahlevi, G., & Nugroho, M. F. (2023). Pengaruh Fitur-Fitur Aplikasi Duolingo Terhadap Popularitasnya. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 3(1). https://doi.org/10.20885/snati.v3i1.28
Lovantika, E. (2022). Penerapan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaaan Kosakata Siswa Kelas VII SMPN 43 Jakarta Selatan. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 478–486.
Muniandy, J., & Selvanathan, M. (2024). ChatGPT, a partnering tool to improve ESL learners’ speaking skills: Case study in a Public University, Malaysia. Teaching Public Administration. https://doi.org/10.1177/01447394241230152
Munisah, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Melalui Program Teras Belajar Di Desa Kota Negara Ilir. Edukasi Lingua Sastra, 19(1), 24–30. https://doi.org/10.47637/elsa.v19i1.328
Najwa, S., & Ramadan, Z. H. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9372–9377. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5363
Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 67. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3251
Ork, Y., Chin, P., Ban, T., & Em, S. (2024). Factors Causing Students’ Challenges in Learning English Speaking Skills: A Review. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4806990
Pradana, A., Putra, D. A., Alzuhdi, M. N., & Pramana, A. (2024). Penggunaan Aplikasi Belajar Duolingo untuk Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 3(2). https://doi.org/10.37676/jdun.v3i2.6307
Putri, L. M., & Islamiati, A. (2018). Teaching listening using Duolingo application. Journal of English Education, 1(4), 460–465.
Salsabila, T., Nafilah, N., Patangga, F., Zulfa, S., & Listyaningsih, N. (2025). Literature Review: Efektivitas Penggunaan Aplikasi Duolingo Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Jurnal EMPATI, 13(4), 302–312.
Susini, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 37–48. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48
Ullah, S., Yousuf, M., & Ahsan, M. (2024). Exploring the Role of Mobile Phone Applications in Improving Foreign Language Learners’ Vocabulary Stuff. International Research Journal of Management and Social Sciences, 5(1), 406–422.
Zamhari, Z., Noviani, Dwi., & Zainuddin, Z. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Faridatul Istighfaroh, Ana Kumalasari, Tasya Pradita Sari, Vita Nugrah Septiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: