PENDAMPINGAN PEMBUATAN BILLINGUAL ILLUSTRATED STORYBOOK BERBASIS INFORMASI GEOSPASIAL SEBAGAI INOVASI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN CITRA EDUWISATA
Abstract
Abstrak: Desa Kemumu memiliki potensi wisata edukasi berbasis alam dan budaya yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik utama di Kabupaten Bengkulu Utara. Namun, promosi wisata di Desa Kemumu masih terbatas, sehingga diperlukan inovasi dalam media promosi yang lebih menarik dan informatif. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemandirian Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Argatirta Kemumu yang beranggotakan 18 orang dalam mempromosikan wisata edukasi melalui pengembangan buku cerita ilustratif dwibahasa berbasis informasi geospasial. Metode pengabdian dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan penyusunan konten cerita, pemilihan bahasa, ilustrasi gambar serta penggunaan informasi geospasial untuk memperkuat narasi dalam buku Sistem evaluasi dilakukan melalui analisis kuesioner dengan indikator keberhasilan berupa minat masyarakat, relevansi program, dan tingkat kepuasan peserta. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa 90% peserta merasa puas dan memahami pentingnya inovasi media promosi melalui buku cerita bergambar berbasis informasi geospasial.
Abstract: Kemumu Village has the potential for nature and culture-based educational tourism that can be developed as the main attraction in North Bengkulu Regency. However, tourism promotion in Kemumu Village is still limited, so innovation is needed in more attractive and informative promotional media. This community service aims to increase the understanding and independence of the Argatirta Kemumu Tourism Awareness Group (Pokdarwis), which has 18 members promoting tourism education through developing bilingual illustrative storybooks based on geospatial information. The community service method is carried out through training and mentoring in compiling story content, choosing languages, illustrating images, and using geospatial information to strengthen the narrative in the book. The results of the community service showed that 90% of participants were satisfied and understood the importance of innovation in promotional media through illustrated storybooks based on geospatial information.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aguilar, R., Calisto, L., Flacke, J., Akbar, A., & Pfeffer, K. (2021). OGITO, an Open Geospatial Interactive Tool to support collaborative spatial planning with a maptable. Computers, Environment and Urban Systems, 86(June 2020), 101591.
Bassano, C., Barile, S., Piciocchi, P., Spohrer, J. C., Iandolo, F., & Fisk, R. (2019). Storytelling about places: Tourism marketing in the digital age. Cities, 87(June 2018), 10–20.
Daly, N. (2018). The linguistic landscape of English–Spanish dual language picturebooks. Journal of Multilingual and Multicultural Development, 39(6), 556–566.
Fauziah, K., & Ramadhan, C. S. (2022). Pemberdayaan Guru PAUD dalam Penulisan dan Penerbitan Buku Cerita Anak. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 87.
Isnaniah, S., Uswatun Hasanah, D., Rahmawati, E., & Agustina, T. (2022). Pelatihan Penulisan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Wonogiri. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 3(1), 194–203.
Lailiyah, S., & Yusnita, A. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Buku Cerita Bergambar (Pictbook) Di Komunitas Guru Kreatif Suka Menulis Kalimantan Timur. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada …, 6(2), 86–91.
Lestari, I. W., & Arfiandhani, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Pelatihan Daring dengan Media Buku Anak Dwibahasa. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 549.
Lestari, S. A. P., Susanti, F., Kurniawan, A., & Ridha, R. (2019). Penyusunan Peta Administrasi dan Fasilitas Berbasis Masyarakat di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Sinergi: Jurnal Pengabdian, 2(1), 22–26.
Mahrani, Tambunan, E. E., Siregar, A. P., Nastasya, A., & Lubis, R. R. (2022). Menumbuhkan Minat Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui. Kalandra Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–17.
Moscardo, G. (2020). Stories and design in tourism. Annals of Tourism Research, 83(May), 102950.
Nurwicaksono, B. D., Suratni, S., & Diah, A. (2022). Pendampingan Literasi Menulis Buku Anak di Sekolah Melalui Literacy Fair. Mitra Abdimas, 2(2), 31–39.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2021). Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Keterampilan Membuat Media Buku Cerita Anak Usia Dini. 01(3), 88–92.
Saragih, D., Batubara, O. P., Halawa, V. P. A., & Sipayung, S. R. (2022). Strategies To Improve Speaking Skill for Tourism Students. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(1), 1–7.
Strouse, G. A., Nyhout, A., & Ganea, P. A. (2018). The role of book features in young children’s transfer of information from picture books to real-world contexts. Frontiers in Psychology, 9(FEB), 1–14.
Wehrli, R., Priskin, J., Demarmels, S., Schaffner, D., Schwarz, J., Truniger, F., & Stettler, J. (2017). How to communicate sustainable tourism products to customers: results from a choice experiment. Current Issues in Tourism, 20(13), 1375–1394.
Wijaya, S. (2019). Indonesian food culture mapping: A starter contribution to promote Indonesian culinary tourism. Journal of Ethnic Foods, 6(1), 1–10.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29915
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Akbar Abdurrahman Mahfudz, Ana Ariasari, Nur Lina Maratana Nabiu, Mayang T Afriwilda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: