PELATIHAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN PENGUATAN EKONOMI KELUARGA BAGI ANGGOTA PIMPINAN RANTING ‘AISYIYAH SEDAYULAWAS, JAWA TIMUR
Abstract
Abstrak: Keterbatasan literasi digital di kalangan anggota ‘Aisyiyah Sedayulawas, Jawa Timur, menjadi masalah utama yang menghambat pemanfaatan teknologi digital untuk penguatan ekonomi keluarga. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan literasi digital peserta melalui pelatihan yang meliputi pengelolaan keuangan digital, pembangunan personal brand, dan strategi bisnis online. Metode yang digunakan adalah workshop interaktif dengan mitra Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sedayulawas, diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari anggota ranting. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman, serta kuesioner kepuasan untuk menilai efektivitas pelatihan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan rata-rata skor post-test (70) yang lebih tinggi dibandingkan pre-test (40). Peserta juga mampu mempraktikkan materi pelatihan, seperti membuat akun e-commerce dan mengelola media sosial untuk bisnis digital. Selain itu, 75% peserta menilai materi sangat sesuai dengan kebutuhan mereka. Kegiatan ini berhasil meningkatkan softskill dan hardskill peserta, membuka peluang peningkatan pendapatan keluarga melalui bisnis digital, serta mendorong keberlanjutan pembelajaran melalui pendampingan via group WhatsApp dan rencana coaching clinic.
Abstract: The limitation of digital literacy among members of 'Aisyiyah Sedayulawas, East Java, is the main problem that hinders the use of digital technology to strengthen the family economy. The purpose of this service is to increase participants' digital literacy through training that includes digital financial management, personal brand development, and online business strategy. The method used was an interactive workshop with the partner of the Branch Leader 'Aisyiyah Sedayulawas, followed by 30 participants from branch members. Evaluations were conducted through pre-tests and post-tests to measure improvement in understanding, as well as satisfaction questionnaires to assess the effectiveness of training. The results showed a significant improvement in participants' understanding, with an average post-test score (70) higher than pre-test (40). Participants are also able to practice training materials, such as creating e-commerce accounts and managing social media for digital businesses. In addition, 75% of participants rated the material as very suitable for their needs. This activity succeeded in improving the soft skills and hard skills of participants, opening up opportunities to increase family income through digital business, and encouraging learning sustainability through mentoring via WhatsApp groups and coaching clinic plans.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Anwar, S. (2021). The Need for Improvement of Digital Literacy to Fighting Against Fake News in Indonesia. Webology, 18(SI05), 630–645. https://doi.org/10.14704/WEB/V18SI05/WEB18251
Arum, P. R., Amri, S., Ridwan, M., Puspitasari, L., Supriyadin, S., & Putro, D. P. (2024). Implementasi Sistem Informasi Kemitraan Berbasis Cloud Untuk Meningkatkan Keterjangkauan dan Aksesbilitas Bagi UMKM Aisyiyah Jawa Tengah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10166–10173.
Ayuni, R. D., Hayat, M. A., Apriliyanti, R., Basrahil, R., & Rico. (2024). Penggunaan Media Sosial Melalui Lterasi Digital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 1–10.
Budiartiningsih, R., Ekwarso, H., & Kurniasih, C. E. (2025). Mewujudkan smart society 5.0 melalui edukasi literasi cerdas bermedia bagi perempuan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 11–12.
Cahyono, H., Sutantri, S., & Mala, I. K. (2024). Pengembangan Model Bisnis Inklusif Berbasis Digital Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Baitul Maal Wal Tamwil (BMT). Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 1326–1341.
Candrasari, Y. C., Dyva Claretta, & Sumardjiajti. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 611–618. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4003
Chusnul, R., Mardi, A., & Primaadi, A. (2025). Inovasi Pemasaran Digital Kelompok GSH Morosunggingan Guna Peningkatan Ekonomi Keluarga. COMVICE: Journal Of Community Service, 8(2), 33–42. https://doi.org/10.26533/comvice.v8i2.1317
Chusnul Rofiah, Suaidah, Y. M., & Widijanto, S. R. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Sosial: Kreasi Tas Hajatan dan Daster dari Sarung Bekas. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.59024/faedah.v3i1.1231
Drummond, C., O’Toole, T., & McGrath, H. (2020). Digital engagement strategies and tactics in social media marketing. European Journal of Marketing, 54(6), 1247–1280. https://doi.org/10.1108/EJM-02-2019-0183
Dubbelink, S. I., Herrando, C., & Constantinides, E. (2021). Social Media Marketing as a Branding Strategy in Extraordinary Times: Lessons from the COVID-19 Pandemic. Sustainability, 13(18), 10310. https://doi.org/10.3390/su131810310
Fatchiya, A., Wijianto, A., Prasetyo, K., & Sulistiawati, A. (2023). Rumah Rumah Kita: Model Pemberdayaan Perempuan Tani Secara Terpadu Menuju Pencapaian SDG’s. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 376–385. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.9.3.376-385
Fu, X., Avenyo, E., & Ghauri, P. (2021). Digital platforms and development: a survey of the literature. Innovation and Development, 11(2–3), 303–321. https://doi.org/10.1080/2157930X.2021.1975361
Handayani, A. (2022). Pendampingan Pengaplikasian E-Commerce dan Pelatihan Peyusunan Laporan Keuangan Sederhana Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Trojalu, Baureno, Bojonegoro. Jurnal Pengabdian Manajemen, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.30587/jpmanajemen.v2i1.4068
Hapsah, R. H., Zahrah, F. A., & Yasin, M. (2024). Dinamika interaksi manusia, masyarakat, dan budaya dalam era globalisasi dan modernisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), 2(2), 191–202.
Hati, F. S., & Kurnia, A. R. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 67–78.
Helmi, S., Setyadi, B., Wedadjati, R. S., AM, M. A., & Yahya, N. (2025). Digital Literacy Model To Improve The Marketing Skills Of Msme Women With A Community-Based Educational Approach. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 9(1), 313–322. https://doi.org/10.22437/jiituj.v9i1.32670
Kusumawati, A., Salsabilla, A. N., & Iswantoro, N. S. P. (2024). Sosialisasi Literasi Digital dan Village Branding Berbasis Website. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 5–8.
Mahrinasari, M. S., Bangsawan, S., & Sabri, M. F. (2024). Local wisdom and Government’s role in strengthening the sustainable competitive advantage of creative industries. Heliyon, 10(10), 247–255. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31133
Maslamah, M., & Anawarudin, A. (2023). Gerakan Literasi Berbasis Digital Library di Komunitas Masjid. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1755. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.12099
Mukhzamilah, M., Basri, A., Marsudi, I., Haryudo, S. I., & Haq, M. (2022). Pelatihan Pengembangan Digitalisasi Local Wisdom Berbasis Mobile APPs Sebagai Rintisan Desa Pancasila. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 136–148.
Nafisah, S., Anggraeni, A. D., & Pentury, H. J. (2022). PKM Pemberdayaan Perempuan Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital dan Entreprenurship. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(3), 408–415. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4202
Nugroho, A., Sari, R., & Utami, P. (2020). Pemanfaatan E-commerce untuk Peningkatan Pendapatan UKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 22(1), 45–56.
Nurhayati, S., Sari, R., & Utami, P. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran Produk Kerajinan Tangan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(3), 112–125.
Purbaratri, W., Tachjar, N. K., & DT, L. P. (2024). Peningkatan daya saing UMKM melalui pelatihan digital marketing berbasis Canva. Jurnal KKN Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–5.
Qalbia, F., & Saputra, M. R. (2024). Transformasi digital dan kewirausahaan syariah di era modernitas: Peluang dan tantangan dalam ekonomi syariah di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(2), 389–406.
Rahayu, D., & Fitriani, R. (2023). Strategi Peningkatan Literasi Digital bagi Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 11(1), 34–45.
Reed, N. D., Sarche, M., Shrestha, U., Bull, S., Howley, C. T., Shangreau, C., Asdigian, N. L., Vossberg, R. L., Leon, J. S., & Kaufman, C. E. (2023). Creating a Virtual Indigenist Community-Based Participatory Approach: Lessons Learned from Centering Urban Native Young Women in Research. Adversity and Resilience Science, 4(4), 423–433. https://doi.org/10.1007/s42844-023-00114-z
Rochefort, T., & Ndlovu, Z. (2024). Digital Marketing Strategies in Building Brand Awareness and Loyalty in the Online Era. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 3(2), 107–114. https://doi.org/10.33050/sabda.v3i2.539
Saharuddin, E., Khumaira, A., & Fathah, R. N. (2024). Pemberdayaan Anggota Ranting ’Aisyiyah Guwosari Dalam Peningkatan Ketahanan Pangan Melalui Sistem Budikdamber. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10412–10416.
Sardjono, W. (2021). The impact of digital literation on social and economic factors in urban communities. ICIC Express Letters, 15(4), 397–407. https://doi.org/10.24507/icicel.15.04.397
Sari Ningsih, D. (2024). Pengembangan Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi di Desa Wukirsari Cangkringan Sleman. MUJAHADA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 56–73. https://doi.org/10.54396/mjd.v2i2.1655
Suhaeli, E., Nasution, N. A., Januarika, J., Setyaningsih, R., & Rudi, R. (2024). Strategi Digitalisasi Untuk Kemandirian UMKM dan Pemberdayaan Wanita: Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Kebon Pedas, Sukabumi. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(3), 323–329.
Sulistyowati, F., & Agustina, F. K. (2021). Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Online Pada Ibu-Ibu KKPA (Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak) Dusun Jodog Desa Gilangharjo Pandak Kabupaten Bantul. SHARE: “SHaring - Action - REflection,” 7(2), 67–72. https://doi.org/10.9744/share.7.2.67-72
Sunanih, S., Hendrawan, B., & Febrian, S. (2022). The Role Of ’Aisyiyah City of Tasikmalaya in Social Services, Education and Community Health. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1129–1135. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.2169
Susetyo, D. P., & Firmansyah, D. (2023). Literasi ekonomi, literasi keuangan, literasi digital dan perilaku keuangan di era ekonomi digital. Economics and Digital Business Review, 4(1), 261–279.
Syahrani, C. P., Lutfiah, D. A. F., & Idhoh, N. H. (2025). Digital Branding Introduction for UMKM Women’s Group PKK RT 07 RW 13 Blimbing Malang: SDGs Implementation in Gender-Based Economic Empowerment: Pengenalan Branding Digital UMKM Kelompok PKK RT07/RW13 Blimbing Malang: SDGs Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Gen. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 9(1), 23–30.
Trisninawati, T., & Sartika, D. (2024). Digital literacy model to improve the marketing skills of micro, small, and medium enterprises women with a community-based educational approach. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(2). https://doi.org/10.29210/020244149
Tuhuteru, H., Sumah, J., Etwiory, U. N., & Samusamu, R. (2024). PKM Literasi Digital dan Implementasi Website. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 1–10.
Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2021). Narasi Perempuan dan Literasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(1), 1. https://doi.org/10.32332/jsga.v3i1.3286
Werthi, K. T., & Perwira, A. (2024). Penguatan Literasi Digital di Era Digital Ekonomi Sebagai Program Penguatan Peran Perempuan Sebagai Penopang Ekonomi Keluarga. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 606–610. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7560
Zamista, A. A., & Charona, M. S. (2023). Tingkat Literasi Digital dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Abad-21 Mahasiswa ditinjau dari Perspektif Gender. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 745–756. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2760
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.30138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Suyitno, Yulie Wahyuningsih, Ardista Dwi Elsania, Silvi Aulia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: