MENINGKATKAN PELAYANAN PENJUALAN DENGAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA UMKM CAFE DAN RESTO CRUMBZ
Abstract
Abstrak: Pengabdian ini berguna untuk meningkatkan layanan penjualan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) café dan resto Crumbz dimana dengan menerapkan sistem informasi penjualan berbasis web dapat meningkatakan pelayanan. Dengan pengembangan teknologi yang cepat, sistem informasi berbasis web dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penjualan, memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Adapun yang menjadi subjek pengabdian adalah Cafe dan Resto Crumbz, adapun pemilik dari usaha ini adalah bapak Oktavianus yang menjadi informan pada pengabdian. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menerapkan pendekatan kualitatif adapun data didapatkan melalui pengamatan, wawancara, dan studi literatur. Teknik analisis data kualitatif adalah proses sistematis untuk menganalisis data non-numerik seperti teks, wawancara, observasi, dan lainnya. Tujuan analisis ini adalah untuk memahami makna, pola, dan tema yang muncul dalam data, serta memberikan interpretasi terhadap fenomena yang ada pada café dan resto crumbz. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi sistem informasi penjualan berbasis web dengan pelayanan dapat meningkatkan kecepatan transaksi menjadi 80% , akurasi data penjualan 95% dan pendataan pendapatan bisa terkomputerisasi. Dengan menerapkan sistem informasi penjualan berbasis web akan menjadi langkah yang tepat yang efektif untuk meningkatkan layanan penjualan pada Café dan Resto crumbz dan sudah dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Abstract: This service is useful for improving sales services at Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) cafe and restaurant Crumbz where implementing a web-based sales information system can improve services. With the rapid development of technology, web-based information systems can improve the efficiency and effectiveness of the sales process, providing a better experience to customers. The subject of the service is Cafe and Resto Crumbz, while the owner of this business is Mr. Oktavianus who is an informant in the service. The research method used is to apply a qualitative approach while data is obtained through observation, interviews, and literature studies. Qualitative data analysis techniques are systematic processes for analyzing non-numerical data such as text, interviews, observations, and others. The purpose of this analysis is to understand the meaning, patterns, and themes that appear in the data, and to provide interpretations of the phenomena that exist at cafe and restaurant Crumbz. The results of the study stated that the implementation of a web-based sales information system with services can increase transaction speed to 80%, sales data accuracy to 95% and income data recording can be computerized. By implementing a web-based sales information system, it will be the right and effective step to improve sales services at the Crumbz Café and Resto and can increase customer satisfaction.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ayuningtyas, F. J. (2020). Strategi Branding Dan Promosi Online ‘Warung Sembako Arfa’ Di Masa Pandemi Covid-19. Managemen kualitas pelayanan, 6.prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2020, 162-167
Camelia Saftri., Gunawan., Murtopo., Latif., A. S., Noviasari., H., Fauzi., A. A. S. W. W., Megawati., I. A. P., Ahmadi., E. A., Ayuningtyas., A., & Wijayanto, G. (2023). DIGITAL MARKETING: Menembus Market Meningkatkan Omset. CV. Adanu Abimata.
Dwi, I., Wati, A., Nabilahsari, R., Janah, M., Putri, N. M., Alamin, B., Hashin, H., Hidan, A., Pangestu, P. D., Andani, S. F., & Kediri, I. (2024). Optimalisasi SDM Gudeg Bu Anjar untuk Melayani Permintaan Melalui Aplikasi Penghantaran Makanan. 2(4), 789–794.
Haerofifah, D. (2022). Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web. Nuansa Informatika, 16(1), 101–107. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4771
Hariadi, B., & Habib, A. (2023). Strategi Pengembangan dan Percepatan Digitalisasi UKM Kuliner “GAB.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada …, 4(4), 3302–3312.
Junaedy, A., Huraerah, A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 133–146.
K, M. C. S., Lena, N. S., Oktavianti, R., & Afdhol, M. D. (2024). Sistem Informasi Penjualan Hasil Perkebunan Berbasis Web menggunakan Metode Hybrid Waterfall RAD. 5(2).62-69
Kristina, Ndaumanu, R., Nugraha, D., & Santika, D. (2022). Sosialisasi BlendedLearning untuk Mendukung Pembelajaran Dalam MasaPandemi di SMPN 3 Sadaniang Kalbar. 6(6), 4897–4905. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11232
Maryani, I., Ishaq, A., & Mulyadi, D. S. (2018). Sistem Informasi Pemesanan Minuman Berbasis Client Server Pada Kampung Dahar Purwokerto. Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen, 6(2), 84–90. https://doi.org/10.31294/evolusi.v6i2.4455
Ndaumanu, R. I., Nugraha, D., & Putra, A. J. A. (2021). Peningkatan Efisiensi Kinerja Melalui Pembuatan Aplikasi Berbasis Desktop Sebagai Upaya Membantu Penjualan dan Pembelian Produk UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 2082–2089. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5130
Nistrina, K., & Sahidah, L. (2022). Unified Modelling Language (Uml) Untuk Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Smk Marga Insan Kamil. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 4(1), 17.
Ramdany, S. (2024). Penerapan UML Class Diagram dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web. Journal of Industrial and Engineering System, 5(1). 1-12 https://doi.org/10.31599/2e9afp31
Noviana, Rina. (2022). Pembuatan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Monja Store Menggunakan Php Dan Mysql. Jurnal Teknik dan Science, 1(2), 112–124. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.128
Rochmah, D., & Purwanto, S. (2022). Analisis Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Smartphone Vivo di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1516. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2445
Suprapti, T., Hartati, T., Arie Wijaya, Y., & Lukman Rohmat, C. (2022). Penegembangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Peningkatan Layanan Usaha Loundry. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 4(2), 73–82.
Supriyadi, S., & Lutfiyana, N. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru pada SMA Pusaka 1 Jakarta Berbasis Web. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 62. https://doi.org/10.36499/jinrpl.v2i1.3224
Totok Mulyono. (2021). Pengembangan Aplikasi Web Untuk Pemesanan Makanan Secara Online Di Cafe Roadway Coffee Jaksa Agung Gresik. Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis (JTTB), 04(2), 8–12.
Yasin. (2019). Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya (Lengkap). In Niagahoster Blog (p. 1). https://www.hostinger.com/id/tutorial/apa-itu-mysql
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.30398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ricky Imanuel Ndaumanu, Fredrikus Suarezsaga, Andhika Adnan, Suprianus Pian TA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: