PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNOLOGI ROBOTIKA BAGI SISWA SMK MELALUI PELATIHAN PEMROGRAMAN ROBOT BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN OUTSEAL STUDIO

Miftakhul Huda, Arfan Haqiqi Sulasmoro, Mohammad Humam, Yerry Febrian Sabanise

Abstract


Abstrak: SMK PGRI 2 Taman Pemalang merupakan salah satu institusi pendidikan vokasi yang memiliki peran penting dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja dan berkompeten di bidang teknik. Saat ini, beberapa tantangan yang dihadapi oleh SMK PGRI 2 Taman adalah keterbatasan akses ke teknologi terbaru dan minimnya pelatihan yang mengarah pada pemahaman teknis tentang robotika yang berdaya guna dalam dunia industri. Salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan tersebut adalah dengan memperkenalkan pelatihan pemrograman robot berbasis Arduino dengan Outseal Studio untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang robotika berbasis arduino. Pengabdian Kepada Masyarakat berbentuk pengenalan atau sharring pengetahuan tentang Outseal Studio dan demo penerapan Outseal Studio pada sebuah Robot berbasis Arduino yaitu Arduino Nano, materi disampaikan berupa presentasi/pemaparan dan demontrasi Pemrograman Robot dengan Outseal Studio dan Implementasi ke Robot. Jumlah perserta pada pengabdian kepada masyarakat adalah 27 peserta. Tahap awal kegiatan pengabdian ini berupa survey dan persiapan peralatan yang dibutuhkan, kemudian pada tahap pelaksanaan berupa pemberian materi tentang Robotika dan Outseal Studio, pretest 15 soal dilakukan untuk mengukur pengetahuan awal, setelah pemaparan dan demontrasi diakhiri dengan post test 15 soal. Pelaksanaan pengabdian ini berdampak positif dalam hal robotika berbasis Arduino dan Outseal Studio ditandai dengan adanya kenaikan pemahaman yang signifikan setelah melalui Post Test sebesar 50.50%.

Abstract: SMK PGRI 2 Taman Pemalang is a vocational education institution that has an important role in preparing graduates who are ready to work and are competent in the engineering field. Currently, several challenges faced by SMK PGRI 2 Taman are limited access to the latest technology and a lack of training that leads to a technical understanding of robotics that is useful in the industrial world. One opportunity that can be utilized to overcome these limitations is by introducing Arduino-based robot programming training with Outseal Studio to improve students’ understanding of Arduini-based robotics. Community Service takes the form of an introduction or sharing of knowledge about Outseal Studio and a demo of implementing Outseal Studio on an Arduino-based robot, namely the Arduino Nano. The material is delivered in the form of a presentation/exposure and demonstration of Robot Programming with Outseal Studio and Implementation on Robots. The number of participants in community service was 27 participants. The initial stage of this service activity is in the form of a survey and preparation of the required equipment, then in the implementation stage it is the provision of material about Robotics and Outseal Studio, a 15 question pretest is carried out to measure initial knowledge, after the presentation and demonstration ends with a 15 question post test. The implementation of this service has had a positive impact in terms of Arduino and Outseal Studio based robotics, marked by a significant increase in understanding after going through the Post Test by 50.50%.


Keywords


Robotic; Outseal Studio; Programming; Arduino Nano.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA : Journal Of Education, 2(2), 64–73.

Daryanto, E., Darwin, Siregar, B., & Januariansyah, S. (2022). Model Manajemen Pelatihan Pendidikan Vokasi. UMSU Press.

Fatchurrohman, N., Imani, R., Yenni, Z., & Yuwanda, T. (2024). Pelatihan Robotika dengan Memanfaatkan Teknologi Arduino Smart Robot Pendahuluan. Konsienti: Community Services Journal, 2(02), 52–59.

Huda, M., Sulasmoro, A. H., Humam, M., & Sabanise, Y. F. (2024). Pengenalan Penerapan Aplikasi Pemrograman Berbasis Gui Outseal Studio Pada Arduino Nano Sebagai Pengendali Berbasis PLC. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1–4.

Irawan, D., Winarno, H. A., Astutik, R. P., Kinanti, Z. A., Prastya, E. P., & Hidayah, A. (2022). Pelatihan Outseal-Haiwell Pada Smk Mambaul Ulum, Gresik. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(3), 290. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i3.4190

Maulidia, L., Nafaridah, T., Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, & Sari, E. M. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Bajarsari. SeminarNasional (PROSPEK II), Prospek Ii, 127–133.

Miranto, A., Asrofi, M., Prasetyawan, P., Utami, N. S., Wira Buana, S., Ramadhan, A. K., Kartadilaga, M. Q., Naufal, Y., Apritrycia, E., & Oscar, M. R. (2023). Service Learning: Otomasi Industri Menggunakan Robot Lego Di Smk Smti Bandar Lampung. Communnity Development Journal, 4(6), 13588–13593. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23846

Mubarrakh, M. (2021). Rancang Bangun Sistem Emergency Generator Otomatis Berbasis Programmable Logic Control dengan Penerapan Generator Sinkron. Politeknik Ilmu Pelayaran.

Nunsina, Darnila, E., & Fadhilah, C. (2024). Pelatihan Arduino di SMK Negeri 1 Bireuen untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Siswa di Bidang IPTEK Robotik. Nawadeepa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 53–59. https://doi.org/https://doi.org/10.58835/nawadeepa.v3i2.350

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91–98.

Risfendra, R., Sukardi, S., & Setyawan, H. (2020). Uji Kelayakan Penerapan Trainer Programmable Logic Controller Berbasis Outseal PLC Shield Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 48. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108508

Risfendra, & Setyawan, H. (2020). Otomatisasi Industri Arduino Outseal PLC. UNP PRESS.

Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Vierke, I. M. L. (2019). Lingkungan Pembangunan SDM Sektor Industri melalui Pendidikan Vokasi Intan Maria Lewiayu Vierke. Prosiding Seminar Nasional, 1, 35–43.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Miftakhul Huda, Arfan Haqiqi Sulasmoro, Mohammad Humam, Yerry Febrian Sabanise

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: