PENGUATAN DIGITALISASI PROMOSI WISATA MELALUI SOSIAL MEDIA DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI SMARTANO BERSAMA KELOMPOK WISATA INIAKU DESA MATANO

Nirsal Nirsal, Aryadi Nurfalaq, Muhammad Naim, A. Muhammad Idkhan, Andi Baso Kaswar, Suharsono Bantun

Abstract


Abstrak: Desa Matano merupakan desa wisata yang pengelolaan wisatanya masih bersifat konvensional. Kegiatan ini bertujuan untuk digitalisasi promosi wisata melalui media sosial dan implementasi teknologi smartano, serta memberikan pelatihan pengelolaan sosial media dan website smartano, agar akun sosial media dan website dapat eksis dengan pengelolaan mandiri. Metode yang dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan. Mitra utama adalah kelompok Wisata Iniaku Desa Matano, pelatihan pemasaran digital dan penguatan promosi wisata secara umum diberikan kepada perangkat desa secara umum, terutama untuk Kelompok Wisata Iniaku sebagai pengelola wisata. Kegiatan menghasilkan sebuah pemahaman pemasaran digital, promosi wisata dan implementasi website smartano yang dikemas dengan skema promosi secara digital, dan peningkatan softskill peserta dalam pemasaran digital dan promosi wisata. Melalui kegiatan ini keterampilan peserta dalam hal penggunaan platform digital media sosial dan Sistem Informasi Smart Desa Matano (Smartano) untuk pemasaran produk desa dan promosi wisata meningkat dengan skor rata-rata 41%.

Abstract: Matano Village is a tourist village whose tourism management is still conventional.This activity aims to digitize tourism promotion through social media and the implementation of smartano technology, as well as providing training in managing social media and smartano websites, so that social media accounts and websites can exist with independent management. The method used is through training and mentoring. The main partner is the Matano Village Tourism group, digital marketing training and strengthening tourism promotion in general are given to village officials in general, especially for this tourism group as a tourism manager. The activity produces an understanding of digital marketing, tourism promotion and implementation of the smartano website which is packaged with a digital promotion scheme, and improving participants' soft skills in digital marketing and tourism promotion. Through this activity, participants' skills in using digital social media platforms and the Matano Village Smart Information System (Smartano) for marketing village products and promoting tourism increased with an average score of 41%.


Keywords


Tourist Village; Tourism Promotion; Smartano.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). The Effectiveness of The Website And Instagram as a Means of Promotion in Community Based Tourism Area. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(4), 451–466. https://doi.org/10.29244/jskpm.1.4.451-466

Anjani, R. W. (2023). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.4

BAPELITBANGDA Luwu Timur. (2023). Laporan Kajian Peningkatan Mutu dan Nilai Tambah Lada di Kabupaten Luwu Timur tahun 2021. Malili: BAPELITBANGDA Luwu Timur.

Dewi, M. F., & Nurcahyo, F. (2022). Digitalisasi Promosi Wisata Budaya Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Melalui Akun Instagram @gunungpring.muntilan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 81–86. https://doi.org/10.54082/jamsi.586

Disbudpar. (2022). Matano Iniaku. https://disbudpar.sulselprov.go.id/page/wisata/87/matano-iniaku

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.

Fitrianingsih, D., Warman, C., Febrianata, E., & Sulistiana, I. (2023). Optimalisasi Platform Digital Dalam Pengembangan Desa Wisata Tanjung Lesung. 2(2).

Kirom, N. R. (2019). Strategi Promosi Wisata Budaya Bernuansa Religi Di Kabupaten Malang. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 21(2), 196–206. https://doi.org/10.37303/a.v21i2.139

Limanseto, H. (2021). Pembangunan Kepariwisataan Melalui Pengembangan Desa Wisata Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3520/pembangunan-kepariwisataan-melalui-pengembangan-desa-wisata-untuk-meningkatkan-pertumbuhan-ekonomi

Mahaputri, D. R., & Anom, I. P. (2018). Potensi Pura Desa Pura Puseh Desa Pakraman Batuan Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Gianyar. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(1), 21. https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2017.v05.i01.p05

Nirmala, B. P. W., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350–355. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.11273

Nirsal, N., Nurfalaq, A., Naim, M., Idkhan, A. M., Kaswar, A. B., Atfar, R., Sari, S., Rapa, W., Darme, A. S., Muhtar, H., Bantun, S., & Sari, J. Y. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kawasan Wisata Desa Matano Kabupaten Luwu Timur. Madaniya, 5(4), 2122-2127. https://doi.org/10.53696/27214834.1050.

Nirsal, N., Nurfalaq, A., Naim, M., Idkhan, A. M., Kaswar, A. B., Muhtar, H., ... & Sari, J. Y. (2024). Purwarupa Sistem Informasi Desa Matano-Smartano dalam Rangka Penguatan Pemasaran Hasil Pertanian Lada dan Promosi Wisata Desa Matano. In UNRI Conference Series: Community Engagement (Vol. 6, pp. 715-720).

Presiden Republik Indonesia (2014). UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. 3.

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Muniroh, T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., Listiana, P., & Indah, S. R. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM.

Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 05(02).

Riyanto, A. D., & Noeris, M. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Online untuk Pelaku UMKM di Cilacap. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 53. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.236

Triyono, J., Damiasih, D., & Sudiro, S. (2018). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Wisata Terhadap Kepuasaan Pengunjung Kampoeng Wisata Di Desa Melikan Kabupatean Klaten. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 12(01), 29–40. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v12i01.92




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nirsal, Aryadi Nurfalaq, Muhammad Naim, A. Muhammad Idkhan, Andi Baso Kaswar, Suharsono Bantun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: