PENDAMPINGAN GURU TK AISYIYAH DALAM SKRINING PENYIMPANGAN TUMBUH KEMBANG BALITA
Abstract
Abstrak: Optimalisasi peran guru TK/PAUD akan meningkatkan cakupan kegiatan SDIDTK pada anak balita dan prasekolah, sehingga penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan anak akan terdeteksi secara dini. Permasalahan TK Aisyiyah Barumbung adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam skrining penyimpangan tumbuh kembang balita, gangguan mental emosional 31,3% dan keterlambatan bicara 21%. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui pendampingan skrining penyimpangan tumbuh kembang balita. Metodenya dengan melakukan edukasi tentang skrining penyimpangan tumbuh kembang balita, pelatihan dan pendampingan pemeriksaan tumbuh kembang balita. Mitra kegiatan adalah guru TK Aisyiyah Barumbung berjumlah 7 orang dan muridnya berumur 12-60 bulan berjumlah 48 orang. Evaluasi pengetahuan dilakukan dengan pretest-postest dan observasi langsung untuk menilai keterampilan. Terjadi peningkatan pengetahuan dan terampilnya guru-guru TK Aisyiyah Barumbung dalam melakukan skrining penyimpangan tumbuh kembang balita. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pengetahuan peserta pada kategori baik sebesar 64% setelah edukasi dan pelatihan serta pendampingan.
Abstract: Optimizing the role of kindergarten/early childhood education teachers will increase the scope of SDIDTK activities for toddlers and preschoolers, so that deviations in children's growth and development will be detected early. The problems of Aisyiyah Barumbung Kindergarten are the lack of teacher knowledge and skills in screening deviations in toddler growth and development, 31.3% emotional mental disorders and 21% speech delays. The purpose is to overcome this problem through assistance in screening for developmental abnormalities in toddlers. The method is to provide education and assistance in screening for abnormalities in toddler growth and development. The activity partners are 7 Aisyiyah Barumbung Kindergarten teachers and 48 students. Knowledge evaluation is pretest-posttest, direct observation to assess skills. There has been an increase in the knowledge and skills of Aisyiyah Barumbung Kindergarten teachers in screening deviations in toddler growth and development. This is proven by the increase in participants' knowledge in the good category by 64% after education, training and mentoring.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Astika, E., Damayanti, F., Ma’ruf, H., Keperawatan, A., & Jakarta, Y. (2023). Assistance To Stimulate Child Growth And Development Through Education And Empowerment Of Community Cadres. Abdimas Galuh, 5(1), 36–48.
B, S., & Miradwiyana, B. (2020). Pengaruh Model Pendampingan Deteksi Dini terhadap Kemampuan Guru PAUD dalam Melaksanakan Deteksi Dini Pertumbuhan dan Perkembangan Anak PAUD di Wilayah Kerja Puskesmas Beji Depok. Jurnal Kesehatan Terpadu (Integrated Health Journal), 11(2), 94–100.
Delfina, R., Sardaniah, & Sorena, E. (2023). Upaya Penguatan Program Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Pada Anak Usia Pra Sekolah dengan Metode KPSP dan Pemeriksaan Antropometri. Communnity Development Journal, 4(5), 10806–10809.
Febriani, A., & Diansyah, A. (2024). Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di Kota Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 9(1), 100–108.
Hasbi, M., Nurfadillah, Handayani, I., Rosita, W., & Mangunwibawa, A. A. (2021). Pedoman Identifikasi Hambatan Tumbuh Kembang Anak dan Penanganan di Satuan PAUD (A. Khairati (ed.)). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Irdawati, Imani, N. N., Wardani, A. C., & Anggoro, K. D. (2024). Peningkatan Kapasitas Guru PAUD ‘Aisyiyah Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1214–1221.
Kemenkes RI. (2022). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar (R. Kementerian Kesehatan (ed.)).
Khadijah, Mardiana, S., Syahputri, N., & Anita, N. (2022). Analisa Deteksi Dini Dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 139–146.
Lestari, P. I., Prima, E., Nyoman, N., & Indra, A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Di PAUD Taman Agustus, Tabanan Bali. In I. G. N. W. Pratama, I. P. Darmawijaya, N. K. Wiradnyani, & N. M. A. Suryaningsih (Eds.), Prosiding SINAPTEK (Vol. 5, pp. 83–92). Universitas Dhyana Pura.
Mualifah, L., Fauziandari, E. N., & Punjastuti, B. (2020). Kaderisasi Guru PAUD Dalam Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Permata Hati Al Mahalli. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada, 2(1), 28–34.
Nasitoh, S., Hiddayaturrahmi, Rosmawaty, Handayani, Y., & Maribeth, A. L. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Usia 0-2 Tahun : Tinjauan Literatur. Scientific Journal, 3(4), 221–231.
Nurilah, & Fajriani, E. (2024). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 1(1), 17–25.
Pratiwi, D., Afrianingsih, A., & Mufid. (2024). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak dengan Meningkatkan Nutrisi Melalui Islamic Education Parenting. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 6(1), 71–76.
Puspita, Y., & Andini, I. F. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Tumbuh Kembang Anak Paud/Tk Holistik Di Puskesmas Prumnas Rejang Lebong Bengkulu. Rambideun : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 190–197. https://doi.org/10.54239/2319-022-001-001
Renityas, N. N., Sari, L. T., & Noviasari, I. (2022). Pemberdayaan Kader Posyandu Dalam Stimulasi Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Pada Anak Usia 0-5 Tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, 3(2), 134. https://doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4920
Sari, D. F., Muthia, G., & Syofiah, P. N. (2020). Optimalisasi Peran Guru PAUD dalam Pemantauan Tumbuh Kembang Balita dan Anak Prasekolah. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 129. https://doi.org/10.36339/je.v4i2.299
Sunarsih, T. (2020). Pelatihan dan Edukasi Pada Guru Paud Tentang Tumbuh Kembang Balita dan Anak Pra Sekolah. Jurrnal Pengabdian Dharma Bakti, 3(2), 66–71.
Sutianingsih, H., Rumiatun, D., & Nuraineu, Y. (2023). Pelatihan Stimulasi dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Dini untuk Guru TK / RA / PAUD. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 278–283.
Tunik, Yulidaningsih, E., & Mandasari, Y. P. (2022). Program Kemitraan Masyarakat Sosialisasi dan Pemberdayaan Guru PAUD Dalam Pelaksanaan Skrining dan Stimulasi DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan (JPKMK), 2(3), 73–85.
Ummah, F., Turlina, L., & Kusbiantoro, D. (2016). Optimizing the Role of Early Childhood Teachers to Improve the Quality of Growth and Development of Preschool Children. In RAKERNAS AIPKEMA 2016 “Temu Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.”
Wulaningtyas, E. S., Yanti, E. S., Dari, P., Allsabah, M. A. H., Puspitasari, O., Fauziah, A., Rahmadini, S. N., & Bale, E. (2023). Program Pelatihan Deteksi Dini dan Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Orang Tua dan Guru Pada Anak Usia 3-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Kecamatan Ngadiluwih. Jurnal Abdi Masyarakat Universitas Kadiri, 6(2), 14–19.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31133
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurlina, Nurbiah Eka Susanty, Selviana Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: