MENINGKATKAN KAPABILITAS SISWA DAN GURU SMA MELALUI PEMBINAAN OLIMPIADE MATEMATIKA

Putri Ardhanita Harahap, Rivani Adistia Dewi, Damra Ali Sitanggang, Fauzan Syahbudin, Muhammad Dwiky Febriansyah, Jarnawi Afgani Dahlan

Abstract


Abstrak: Banyak sekolah menengah atas (SMA) masih menghadapi tantangan dalam mempersiapkan siswa dan guru untuk mengikuti ajang olimpiade matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas akademik siswa dan guru melalui program pembinaan olimpiade yang mencakup diskusi soal-soal olimpiade, pelatihan bagi guru, serta evaluasi efektivitas kegiatan. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada 19–20 April 2025, dan diikuti oleh 46 peserta dari mitra, yaitu SMA AQL Islamic School 2 Purwakarta, yang terdiri atas siswa kelas X–XII dan guru pendamping. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan interaktif berupa pemaparan materi, simulasi soal, serta diskusi terbuka dengan topik meliputi Geometri, Aljabar, dan Teori Bilangan. Evaluasi dilakukan melalui post-test dan angket kepuasan untuk mengukur pemahaman peserta dan efektivitas program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 89,1% peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap materi, dan 93,4% menyatakan puas hingga sangat puas terhadap pelaksanaan kegiatan. Selain itu, 89,1% peserta menilai webinar ini sangat bermanfaat dalam memperluas wawasan dan meningkatkan kesiapan menghadapi kompetisi. Dengan demikian, program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kapasitas akademik siswa dan keterampilan guru dalam membimbing peserta olimpiade, serta memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan matematika di tingkat SMA.

Abstract: Many senior high schools still face challenges in preparing students and teachers for mathematics olympiads. This study aims to enhance the academic capacity of both students and teachers through a training program that includes problem-solving sessions, teacher workshops, and evaluation of program effectiveness. The activity was conducted online via Zoom Meeting on April 19–20, 2025, involving 46 participants from a partner school, SMA AQL Islamic School 2 Purwakarta, consisting of grade 10 to 12 students and accompanying teachers. The program applied an interactive approach, including lectures, problem simulations, and open discussions covering Geometry, Algebra, and Number Theory. Evaluation was carried out through post-tests and satisfaction questionnaires to measure participants' understanding and the overall effectiveness of the program. The results showed that 89.1% of participants experienced improved understanding of the material, and 93.4% expressed satisfaction with the implementation of the activity. Additionally, 89.1% of respondents found the webinar highly beneficial in broadening their knowledge and increasing their readiness for academic competitions. Therefore, this program proved effective in improving both student competencies and teacher mentoring skills, while also contributing positively to the quality of mathematics education at the senior high school level.


Keywords


Olympiad Training; Students Training; Teacher Training.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anim, Rahmadani, E., & Prasetyo, Y. D. (2019). Pelatihan Persiapan Kegiatan Olimpiade Matematika Sebagai Tambahan Ekstrakurikuler di SMAN 2 Tanjung Balai Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 83–86.

Ansori, M., Wamiliana, Amanto, & Chasanah, S. L. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Pemahaman Siswa SMPN 1 Baradatu dalam Penguasaan Materi Olimpiade Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(3), 159–166. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.90

Dewi, P. K., Sugiarta, I. M., & Handayani, I. R. (2024). Pelatihan Pengembangan Soal untuk Guru-Guru Pembina Olimpiade Matematika di SMAN 2 Banjar. Proceeding Senadimas Undiksha 2024, 9(1), 1990–1995.

Fauzan, A., & Dzikrullah, A. A. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Siswa Dengan Intensitas Pembinaan Olimpiade Matematika. AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 03(03), 209–216.

Ikashaum, F., Mustika, J., Soeseno, Z. E., & Winata, B. B. (2021). Pembinaan Olimpiade: Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 300–308. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.618

Karim, M. A., Yulida, Y., Jamil, A. K., Fitria, R., Gultom, G. H., Nooriman, R., & Wulandari, R. P. (2022). Pelatihan Calon Pembina Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika bagi MGMP Matematika SMA Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1459–1467. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6245

Mujib, A., & Ariswoyo, S. (2020). Problem solving soal KSM nasional bagi guru dan siswa MTs AL-Washliyah Kolam Percut Sei Tuan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2020, 3(1), 1–8.

Patmala, K., Aien, N., Nada, N. Q., Salmila, Y., & Anggraini, R. S. (2023). Pembinaan Olimpiade Matematika Di Smp Negeri 4 Kota Sungai Penuh. Servirisma, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.21460/servirisma.2023.31.32

Rahman, L., Rilianti, A. P., & Najwa, W. A. (2022). Studi Deskriptif Model Pembinaan Olimpiade Di Mi Muslimat Nu Sidoarjo. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1), 67–82. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619

Utami, T. S. D., & Triwidayati, K. R. (2022). An Assistance of Scientific Writing in Preparation Olimpiade Sains Tarakanita Nasional (Ostarnas) Competition. International Journal of Community Engagement Payungi, 2(1), 24–42. https://www.journal.payungi.org/index.php/ijcep/article/view/20

Wiyoko, T., Megawati, Aprizan, & Avana, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN) 1 Tri Wiyoko, 2 Megawati, 3 Aprizan, 4 Nurlev Avana. Jurnal Warta Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat, 22(2), 67–75. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Yohanes, B., & Setyowati, I. D. (2022). Pembinaan Olimpiade: Meningkatkan Kemampuan Operasi Matematika bagi Siswa SD Negeri 3 Buluagung. Jurnal Anugerah, 4(2), 109–120. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4279




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Putri Ardhanita Harahap, Rivani Aditia Dewi, Damra Ali Sitanggang, Fauzan Syahbudin, Muhammad Dwiky Febriansyah, Jarnawi Afgani Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: