PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI PADA IKATAN REMAJA MASJID AS-SALAM
Abstract
Abstrak: UMKM di Indonesia berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi pengangguran dengan menyediakan lapangan kerja. Sebanyak 70% anggota IKRAMA adalah lulusan SMA yang belum bekerja, sehingga dibutuhkan unit usaha untuk meningkatkan kemandirian ekonomi anggota dan organisasi. Mitra memiliki keinginan besar untuk bisa memiliki unit usaha bersama yang dapat membantu organisasi dan keluarga, akan tetapi mitra belum pernah mendapatkan pelatihan kewirausahaan sebelumnya. Target dan luaran aktivitas ini adalah peningkatan pengetahuan, pemberdayaan, dan pendapatan mitra. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pelatihan langsung yang terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu: Metode pelaksanaan dalam bidang manajemen kewirausahaan, Metode pelaksanaan pemasaran produk, Serta demontrasi pembuatan produk jajanan sehat. Mitra dalam kegiatan ini adalah anggota Ranting Aisyiyah yang berjumlah 20 orang dengan evaluasi menggunakan wawancara dan kuesioner dengan 4 (empat) pertanyaan dan hasilnya menyatakan bahwa 90% peserta kegiatan memahami pelatihan yang diberikan dan IKRAMA sudah memiliki logo sendiri untuk setiap produk yang dihasilkan.
Abstract: MSMEs in Indonesia play an important role in driving economic growth and reducing unemployment by providing jobs. As many as 70% of IKRAMA members are high school graduates who are not yet working, so a business unit is needed to increase the economic independence of members and organizations. Partners have a great desire to be able to have a joint business unit that can help the organization and family, but partners have never received entrepreneurship training before. The target and output of this activity is to increase knowledge, empowerment, and income of partners. The method of implementing this community service activity is carried out through direct training consisting of several activities, namely: Implementation method in the field of entrepreneurship management, Product marketing implementation method, and demonstration of making healthy snack products. Partners in this activity are members of the Aisyiyah Branch totaling 20 people with evaluation using interviews and questionnaires with 4 (four) questions and the results stated that 90% of activity participants understood the training provided and IKRAMA already had its own logo for each product produced.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Achmadi, P. C., Rinca, K. F., Gultom, R., Luju, M. T., Maria, Y., & Bollyn, F. (2024). Nugget Ayam Di Ukm Ad Libitum. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(1), 7–12.
Alhempi, R. R., Anggraini, N., & Ulfah, M. (2019). Pemberdayaan Kewirausahaan Bagi Ibu Rumah Tangga. Prosding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 42, 59–66.
Amalia, R., & Mustakim, W. (2024). Pemberdayaan Komunitas Petani Kopi Dalam Pembangunan Ekonomi Lokal Yang Berkelanjutan Melalui Penerapan Teknologi Informasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3579–3588.
Asmini, Fitriyani, I., Kadewi Sumbawati, N., Rachman, R., Ekonomi dan Manajemen, F., & Samawa Sumbawa Besar, U. (2024). Peran Entrepreneur dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi Indonesia. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 4(1), 12–24. https://www.journal.publicationcenter.com/index.php/ijssh/article/view/1625
Darmansyah, A., Zuraida, U., & Purwanto, Y. (2020). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan dan Pembukuan dalam Mendukung Terbentuknya Wirausaha Baru di Kabupaten Indramayu. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 285–291. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5919
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Harjito, B., Apriyani, P., & Jannah, W. (2022). Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan “YAYANT” di Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada Masa Pandemi Covid-19. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 70. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.55176
Hasanah, U., Sunarko, B., Sulistyawan, V. N., Arsyad, A., Farkhan, M., & Aini, C. N. (2023). Halal Certificate Assistance as a Strategy to Increase The Competitiveness of MSME Food Products in Melung Tourism Village. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4971.
Herawati, E., Putri Puspitasari, Maya Susanti, & Nanih Rahmahdani. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Remaja Karang Taruna di Desa Dayeuh. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.4
Herman, B., Haslindah, H., Anwar, M. A., Mursalat, A., & Mutmainnah, M. (2023). Pemberdayaan Bumdes Melalui Edukasi Digital Marketing Dalam Menghadapi Persaingan Usaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5333. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17584
Hidayat, E. W., & Tandilangi, A. H. (2024). Analisis Kemandirian Ekonomi Warga Dalam Program. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 24 (1), 19-26.
Insani, U. B. (2024). Peningkatan Kapasitas Digital Marketing Dan Manajerial Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Berbasis Kemitraan Pada Mutiara Craft ( ECOPRINT ) menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bers. 8(1), 1304–1317.
Januardin Sp, M. (2021). Pengembangan Umkm (Issue October). http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/almizan/article/view/110/82
Lanamana, W., Djou. Laurentius Dominicus Gadi, Fowo, K. Y., & Pande, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Wirausaha dan Pelatihan Pengolahan Ubi Kayu Nuabosi bagi Anggota PKK. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 2996–3006.
Latief, F., Rahman, K. G., Dirwan, D., & R., M. R. G. (2022). Peningkatan Umkm Bidang Pemasaran Dan Keuangan Menyongsong Indonesia Emas 2045. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 4072–4083. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10654
Lina, R. (2024). Membangun Generasi Wirausaha: Pelatihan Kewirausahaan untuk Pelajar di SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i1.669
Mukharomah, W., Wardana, C. K., Abas, N. I., Ulynnuha, O. I., & Fatchan, F. H. (2023). Aktivasi branding pada minimarket lokal. 7(4), 3–7.
Nababan, L., Andiyono, A., & Nurlaila, D. (2023). Pelatihan Peningkatan Kreativitas dan Semangat Wirausaha Siswa SMK Negeri 3 Tuban. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 2(02), 97–105. https://doi.org/10.58812/ejecs.v2i02.177
Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, E., Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak Umkm Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.458
Putri, L. P., Christiana, I., & Rahayu, S. E. (2023). Pelatihan Manajemen Kewirausahaan Guna Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Sebagai Usaha Ranting Aisyiyah Marelan-I. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4821. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17358
Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jutnal EKBIS, 20 (2), 1280–1289.
Rumawas W. (2019). Pelatihan Kewirausahaan Wanita Kaum Ibu dan Pemuda Remaja Putri Jemaat Bukit Moria Malalayang. Jurnal Lppm Bidang Ekososbudkum, 4(2000), 52–58.
Saragih, R. (2017). Jurnal kewirausahaan. Jurnal Kewiraushaan, 3(2), 50–58.
Setyawati, I., Meini, Z., Subiyanto, B., & Setioningsih, R. (2022). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Al-Falah Tangerang Selatan. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.4
Siregar, D. L., Fauzi, R., & Yuliadi, Y. (2020). Pembuatan Media Promosi Berbasis Web Sebagai Upaya Peningkatan Kewirausahaan Dan Manajemen Pemasaran Pada Kelompok …. JMM (Jurnal Masyarakat …, 4(6), 8–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2955
Teguh, M., Harunnurrasyid, H., Hidayat, A., Imelda, I., Kartasari, S. F., & Liliana, L. (2022). Pelatihan Kewirausahaan dan Perencanaan Usaha Masyarakat di Desa Ulak Kembahang II, Pemulutan Barat, Sumatera Selatan. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(2), 129–138. https://doi.org/10.29259/jscs.v3i2.86
Tsuraya, V. A., Hidayatullah, L., Triani, D., Nubaidillah, Istiqomah, A. N., & Lusianingrum, F. P. W. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Guna Menumbuhkan Minat Berwirausahaan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2583–2593.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31359
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Linzzy Pratami Putri, Irma Christiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: