PELATIHAN PENYELENGGARAAN PAUD INKLUSIF PADA GURU-GURU TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KABUPATEN BANDUNG

Adzanishari Mawaddah Rahmah, Yusrinda Silvanis Diwanti, Nurlaela Hamidah, Nabilla Andiani Hasya, Pratiwi Sukhmadewi, Septania Sakti Cahya Kusuma

Abstract


Abstrak: Terbatasnya pemahaman dan keterampilan guru TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) di Kabupaten Bandung mengenai anak berkebutuhan khusus (ABK) dan pendidikan inklusif merupakan tantangan besar dalam menghadirkan inklusivitas di kalangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan PAUD Inklusif bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru TK ABA Kabupaten Bandung dalam memahami prinsip PAUD Inklusif, mengenali karakteristik ABK, serta menggunakan Kuesioner Pra-Skrining Perkembangan (KPSP) sebagai instrumen deteksi dini perkembangan anak. Pelatihan disusun menggunakan pendekatan experiential learning, yang meliputi metode ceramah, diskusi, simulasi, dan praktik langsung. Kegiatan ini diikuti oleh 35 guru dari 14 TK ABA di Kabupaten Bandung. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 24,35%, dengan nilai rata-rata post-test mencapai 81,6. Sementara evaluasi reaksi menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 90,88%, menandakan bahwa pelatihan ini dirasa efektif dan bermanfaat. Pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif di tingkat PAUD dan menjadi dasar bagi pengembangan program pelatihan lanjutan di masa yang akan datang.

Abstract: The limited understanding and skills of 'Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kindergarten teachers in Bandung Regency regarding children with special needs (ABK) and inclusive education are major challenges in bringing inclusivity to Early Childhood Education (PAUD). The Inclusive PAUD Implementation Training activity aimed to improve the competence of ABA Kindergarten teachers in Bandung Regency in understanding the principle of inclusivity in early child education setting, recognizing the characteristics of ABK, and using the Kuesioner Pra-Skrining Perkembangan (KPSP) as an instrument for early detection of child development. The training was designed using an experiential learning approach, which included lecture, discussion, simulation, and direct practice methods. This activity was attended by 35 teachers from 14 ABA Kindergartens in Bandung Regency area. The results of the training evaluation showed an increase in participant understanding of 24.35%, with an average post-test score reaching 81.6. The reaction evaluation showed a satisfaction level of 90.88%, indicating that this training was effective and useful.


Keywords


Inclusive Early Childhood Education; Kindergarten Teachers; Early Childhood; Children With Special Needs; Early Detection of Child Development.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Arifa, F. N. (2024). Tantangan dalam mewujudkan pendidikan inklusif. Info Singkat, 16(3), 21–25.

Ashari, D. (2021). Panduan mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1095–1110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677

Awalia, I. R., Dzulfadhilah, F., & Usman. (2023). Pelatihan penyelenggaraan pendidikan inklusi bagi guru PAUD di TK Manggarupi. KARYA: Journal of Educational Community Service, 2(1), 9–15.

Darojat, O. (2022). Pedoman Evaluasi Pelatihan. Universitas Terbuka.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Firdaus, G., & Kartika, L. (2023). Evaluasi efektivitas program seminar On Early Chilhood Institution, Education And Development (Seed) 2021 pada guru paud Di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 279–291. https://doi.org/10.5281/zenodo.8415654

Hata, A., Town, S., Yuwono, J., & Nomura, S. (2023). Pendidikan anak usia dini inklusif untuk anak-anak dengan disabilitas di Indonesia. In The World Bank.

Hidayat, A. K., Hasanah, N., & Betaubun, M. (2024). Tantangan dan Strategi Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-Kanak Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1437–1452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6205

Jannah, M., Ratri, R. P., & Sabran. (2021). Peningkatan kapasitas guru dan orang tua murid dalam pemantauan pertumbuhan anak di PAUD Inklusif Cerdas Banyuwangi. 5th National Conference for Community Service (NaCosVi).

Kementerian Kesehatan RI. (2022). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Dereksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2023 Tentang Akomodasi yang Layak Untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Formal, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Tinggi. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2023).

Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development, Second Edition. Pearson Education.

Kusmaryono, I. (2023). Faktor berpengaruh, tantangan, dan kebutuhan guru di sekolah inklusi di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 12. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.12-23

Lestari, D. A., Khasanah, M. N., Ambarita, Y. S., & Mustika, D. (2024). Hakikat pendidikan inklusif anak usia dini. Catha : Journal of Creative and Innovative Research, 1(3), 3046–8760.

Nisa, U., & Wati, V. (2022). Dilema guru PAUD inklusi terhadap kompleksitas ABK: antara Tantangan dan keniscayaan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6603

Noorsy, I. J. (2025). Ketiadaan PAUD Inklusi bagi anak berkebutuhan khusus antara tantangan dan harapan. ABATA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 12–21. https://doi.org/10.32665/abata.v4il

Pemerintah Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang tentang Penyandang Disabilitas. Undang-Undang, No. 8 Tahun 2016, UU No. 8 Tahun 2016.

Pimpinan Pusat ’Aisyiyah. (2023, July 14). PAUD ‘Aisyiyah Pertegas Komitmen Wujudkan Pendidikan Berkeadilan Tanpa Diskiriminasi. Pimpinan Pusat ’Aisyiyah. https://aisyiyah.or.id/paud-aisyiyah-pertegas-komitmen-wujudkan-pendidikan-berkeadilan-tanpa-diskiriminasi/

Pradana, R. S., & Rahman, F. (2023). Pemahaman guru dalam penanganan peserta didik berkebutuhan khusus tingkat TK. Jurnal Smart Paud, 6(2), 134–141. https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.74

Sakti, S. A. (2020). Implementasi pendidikan inklusif pada lembaga pendidikan anak usia dini di Indonesia. Golden Age, 04(2), 238–249.

Sitanggang, A. R., Puteri, A., Nduru, E. B., Fazira Mt, E., Anggriana, F., Nainggolan, I. B., Rachdaika Siregar, M., Tanslionva, L., & Ningsih, W. D. (2025). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Indonesia : Tantangan, Permasalahan, dan Strategi Peningkatan Mutu. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2, 217–234. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i2.1675

Sugarda, Y. B. (2020). Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion. Gramedia Pustaka Utama.

Sulasmi, N. (2025). Analisis kesiapan guru dalam menerapkan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 5(1), 243–254.

Tirtayani, L. A., Ambara, D. P., & Astawan, I. G. (2021). Pendampingan penguatan layanan pendidikan inklusi bagi guru-guru pendidik anak usia dini dan sekolah dasar di Kota Denpasar. Proceeding Senadimas Undiksha, 2251–2257.

Wati, D. E. (2016). Pengetahuan guru PAUD tentang KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) sebagai alat deteksi tumbuh kembang anak. Varia Pendidikan, 28(2), 133–139.

Yoenanto, N. H., Yoenanto, P. P., & Widayat, I. W. (2025). Efektifitas pelatihan deteksi dini disabilitas untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Mojokerto. Jurnal Abdi Insani, 12(2), 808–817. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2350

Yunitasari, S. E., Maspupah, E., Komala, Y., Trikaeksi, Y., Janah, R., Putu Dessy Ari Susanti, N., & Rahayu, S. (2024). Peningkatan kompetensi pendidik anak usia dini melalui workshop dan pelatihan deteksi dini anak berkebutuhan khusus di gugus 3 PKG Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Adzanishari Mawaddah Rahmah, Yusrinda Silvianis Diwanti, Nurlaela Hamidah, Nabilla Andiani Hasya, Pratiwi Sukhmadewi, Septania Sakti Cahya Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: