PENGENALAN SAINS DATA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DATA DAN KESIAPAN KARIER DIGITAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Abstrak: Pengenalan sains data di tingkat sekolah menengah memiliki peran penting dalam membekali siswa menghadapi era digital yang kian berkembang. Kegiatan pengabdian ini dirancang untuk menumbuhkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar sains data sekaligus mendorong kesiapan mereka dalam meniti karier di bidang digital. Pelatihan dilangsungkan secara tatap muka di Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya dan melibatkan 26 siswa dari empat sekolah di Bandar Lampung. Materi pelatihan meliputi pengantar teori sains data, praktik pengolahan dan visualisasi data serta pengantar bahasa pemrograman Python, hingga pengenalan awal pembelajaran mesin. Sebagai bentuk evaluasi, peserta mengikuti pre-test dan post-test dengan menjawab soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Hasil penilaian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami peningkatan kemampuan setelah pelatihan yang diberikan. Persentase peningkatan pengetahuan diperoleh melalui analisis hasil melalui pre-test dan post-test. Peningkatan diperoleh, dimana 18 dari 26 siswa menjawab benar soal atau persentase sebesar 69,23%, meningkat 30,73% dari nilai sebelumnya sebesar 38,5%. Hal ini mencerminkan respon yang sangat positif terhadap isi materi dan fasilitas pendukung yang tersedia. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang membekas dan bermanfaat, serta dapat dijadikan model untuk pelatihan serupa di masa mendatang.
Abstract: The introduction of data science at the high school level has an important role in equipping students to face the growing digital era. This service activity is designed to foster students' understanding of the basic concepts of data science while encouraging their readiness to pursue careers in the digital field. The training was held face-to-face at Darmajaya Informatics and Business Institute and involved 26 students from four schools in Bandar Lampung. The training materials included an introduction to data science theory, data processing and visualization practices and an introduction to the Python programming language, to an early introduction to machine learning. As a form of evaluation, participants took a pre-test and post-test by answering 25 multiple choice questions. The assessment results showed that the majority of students experienced an increase in ability after the training provided. The percentage of knowledge improvement was obtained through analysis of results through pre-test and post-test. An increase was obtained, where 18 out of 26 students answered the questions correctly or a percentage of 69.23%, an increase of 30.73% from the previous value of 38.5%. This reflects a very positive response to the material content and supporting facilities available. Overall, this activity provided a memorable and useful learning experience, and can be used as a model for similar training in the future.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alfarisy, M. F., Wibowo, A. A., & Kholifaturrohmah, R. (2024). Pengabdian Masyarakat pada UMKM CV Kinjeng Melalui Pengenalan Metode Visualisasi Data Statistik dalam Bentuk Media Diagram Interaktif berbasis Peta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), Article 11. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.629
Athoillah, M., Rochmanto, H. B., Wae, M. Y. V., & Rokhmania, N. A. J. (2025). Eksplorasi Data Sains dalam Pendidikan: Membuka Wawasan Baru untuk Siswa SMA. Journal of Community Service and Society Empowerment, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.59653/jcsse.v3i01.1350
Ben-Porath, S., & Ben Shahar, T. H. (2017). Introduction: Big data and education: ethical and moral challenges. Theory and Research in Education, 15(3), 243–248. https://doi.org/10.1177/1477878517737201
Dwiasnati, S., Devianto, Y., Yuliarty, P., & Gunawan, W. (2025). Pelatihan Klasifikasi Data Menggunakan Naive Bayes untuk Mengembangkan Literasi Data di SMK Media Informatika. IRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (IRAJPKM), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.56862/irajpkm.v3i1.166
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hidayat, A. N., Ma’arief, M. S., Jamaludin, J., & Ulfah, U. (2024). Upaya Guru Pembimbing Dalam Membantu Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tahsinia, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.57171/jt.v5i1.199
Holivil, E., Pane, B., Narang, N. H. Z., Arpin, R. M., Kholikin, R. A., Radja, A. K., & Mushlih, M. A. H. (2025). Pelatihan Literasi Digital Dan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Kreatif. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 2082–2092. https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29712
Kurniawan, H., Purwati, N., & Karnila, S. (2023). Pelatihan Teknologi Informasi, Internet Sehat dan Multimedia Bagi Siswa-Siswi SMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 2022–2030. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13902
Lasisi, A. K., Ibraheem, I. O., & Muibudeen, I. A. (2024). Self-Management Strategies and Mastery Learning’s Impacts on Civic Education Among Senior Secondary School Students. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 21(01), Article 01. https://doi.org/10.34005/guidance.v21i01.3686
Mulyatno, M., Pujitresnani, A., Legowo, D. K., Firman, A., & Mahendra, A. R. (2024). Pemberdayaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pelatihan Pengenalan Machine Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), Article 11. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.628
Mursalim, M., Aprilia, T., Samas, M. A., Rahmawati, A., & Mufidah, I. F. (2024). Pengenalan Machine Learning Untuk Mahasiswa Menggunakan Metode Service Learning. ABDIMASKU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.1959
Nasution, A. Z. I., Daharnis, D., & Ifdil, I. (2024). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bimbingan Karir: Implikasi Terhadap Kematangan Karir Siswa Sma. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/je.v10i2.26838
Nuraini, R., Pattiasina, P. J., & Ulfah, A. (2022). Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1045
Pechenkina, E. (Katya). (2023). 9. Artificial intelligence for good?: Challenges and possibilities of AI in higher education from a data justice perspective. 239–266. https://doi.org/10.11647/obp.0363.09
Puspa, S. D., Riyono, J., Pujiastuti, C. E., & Puspitasari, F. (2024). Pelatihan Pembuatan Dashboard dan Visualisasi Data dengan Looker Studio untuk Penguatan Literasi Data dan Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi, 3(2), 78–85. https://doi.org/10.31284/j.adipati.2024.v3i2.6272
Renaldi, D., & Aziz, E. S. (2021). The Design of Basic Computer Neworking Simulation Learning using Multimedia Development Life Cycle Method based on Augmented Reality at SMKN 1 Tangerang. Tech-E, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31253/te.v4i2.534
Safitri, E., Karnila, S., Purwati, N., Kurniawan, H., Nurjoko, N., & Fikri, R. R. (2024). Meningkatkan Pembelajaran Siswa Dengan Pengenalan Berbasis Data Dan Machine Learning. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2311–2320. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22096
Siregar, B., Gunawan, N. B., & Riswandi, C. (2024). Pelatihan Visualisasi Data Menggunakan Excel di SMA Erenos Tangerang. Abdimas Galuh, 6(1), 595–603. https://doi.org/10.25157/ag.v6i1.13358
Siregar, B., Pangruruk, F. A., Siridion, S. T., Immanuel, K. R., Wijaya, J., Supit, V., & Gani, J. I. (2022). Pengenalan Data Science dan Profesi Data Scientist di SMA Pramita Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.620
Supeni, S., Sumaryati, S., & Handini, O. (2025). Pelatihan Project Based Learning Berbasis Wayang Sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 637–645. https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.28228
Uyun, M. (2023). Pembinaan Karir Pada Mahasiswa Persiapan Memasuki Dunia Kerja di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2688–2695. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14989
Wahyudi, M., Purnama, R. A., Atrinawati, L. H., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi Dampak Teknologi Pembelajaran Aktif di Institusi Pendidikan Kejuruan Menengah. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.458
Wati, D. C., & Rahmadi, D. (2024). Implementasi Pengetahuan Sains Data di Era Society 5.0 Luar Ruang Lingkup Universitas Insan Cita Indonesia. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i2.430
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.31940
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Karnila, Hendra Kurniawan, Suhendro Yusuf irianto, Danang Ade Muktiawan, Yuda Septiawan, Egi Safitri, Nurjoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: