PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK GURU SMK

Sonny Elfiyanto, Imam Wahyudi Karimullah

Abstract


Abstrak: Berbicara dalam Bahasa Inggris dibutuhkan di era globalisasi, sehingga pelatihan berbicara dalam Bahasa Inggris menjadi kebutuhan yang penting bagi guru di era sekarang. Pihak sekolah dan tim pengabdi melakukan pelatihan yang intensif dan menarik dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan metode roleplay, demonstrasi dan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris para guru SMK baik di area hardskill dan juga softskill , sehingga mereka dapat memberikan pengajaran yang lebih efektif dan efisien kepada siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia kerja yang semakin global. Pelatihan yang dilaksanakan selama enam kali di SMK di Kota Malang ini diikuti oleh 24 guru. Untuk postes, mereka melakukan pidato dalam Bahasa Inggris. Sehingga pelatihan ini menghasilkan tujuhbelas guru atau 70.8% yang bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, dan ada tujuh guru (29.2%) yang masih belum memenuhi nilai minimal yaitu 70. Keterlibatan secara aktif dari para guru dan tanggapan positif dari para guru dalam berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, serta dukungan dari pihak sekolah, bisa memicu motivasi mereka untuk belajar dan berbicara. Sehingga disarankan untuk kegiatan berikutnya bisa memberikan materi yang beragam, serta bisa dilaksanakan secara rutin.

Abstract: Speaking English is needed in the era of globalization; therefore, training in speaking English is an important need for teachers. The school and the community service team conducted an intensive and interesting training to determine the effectiveness of communicating in English with roleplay methods, demonstrations, and the use of learning media. The use of appropriate learning media is very important in improving the English speaking skills of SMK teachers, both in the area of hard skills and soft skills, so that they can provide more effective and efficient teaching to students and prepare them to face the increasingly globalized world of work. The training was conducted six times at SMK in Malang City and was attended by 24 teachers. For the posttest, they did a speech in English. The training resulted in seventeen teachers, or 70.8%, who could communicate in English, and seven teachers (29.2%) still did not meet the minimum score of 70. The active involvement of the teachers and the positive responses from the teachers in communicating in English, as well as the support from the school, could trigger their motivation to learn and speak. Thus, it is suggested that the next activity can provide various materials and be carried out regularly.


Keywords


English; Communication; Vocational High School Teachers; Training.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agistiawati, E. (2024). Pengaruh persepsi siswa atas lingkungan belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta Balaraja. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(01), 112–122. https://doi.org/10.70508/literaksi.v2i01.695

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2021). Laporan perkembangan kemampuan berbahasa Inggris guru di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Elfiyanto, S., & Nasihah, D. (2022). Pemberdayaan santri madin melalui peningkatan berpidato dalam Bahasa Inggris. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 1022–1030. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5765

Elfiyanto, S., Mustofa, M., Mistar, J., Karimullah, I. W., Umam, M. K. (2024). Pelatihan berbicara dalam Bahasa Inggris untuk para santri pondok pesantren di Malaysia. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 8(5), 5304–5316. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26336

Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change (4th ed.). Teachers College Press.

Ghaith, G. (2002). The relationship between teachers’ beliefs and their use of communicative strategies in English language classrooms. Journal of Language Teaching and Learning, 11(3), 45–57.

Ginting, H., & Simanjuntak, W. P. (2021). Pelatihan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dalam program Dare to Speak English di LKP Pistar. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(2), 291–297.

Hardjana, A. M. (2016). Ilmu komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching (4th ed.). Harlow: Longman.

Haryadi, R. N., & Sunarsi, D. (2022). English for beginner (1st ed.). Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Haryanto, A. (2021). Peningkatan kualitas pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 5(2), 45–56.

Hidayat, L. M., Syaodih, E. S., dan Zahara, R. (2016). Efektivitas metode role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiah 2 Sumbersari. Educare, 14(2), 18–29. https://doi.org/10.35719/educare.v5i2

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2007). Models of teaching (8th ed.). Pearson Education.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Laporan evaluasi kualitas pengajaran Bahasa Inggris di SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marcellino, M. (2008). English language teaching in Indonesia: A continuous challenge in education and cultural diversity. TEFLIN Journal, 19(1), 57–69.

Puspitaloka, N. (2020). Pelatihan Basic English for Computing untuk siswa SMK Teksas Purwakarta. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 86–90.

Putra, A., & Wulandari, R. (2023). Inovasi dalam pelatihan Bahasa Inggris untuk guru SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 78–90.

Richards, J. C. (2015). Enhancing communication skills in English: Professional opportunities for teachers. Journal of Language Teaching and Learning, 5(3), 45–58.

Sari, M. (2022). Tantangan dan solusi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(3), 123-134.

Shafira, A., & Santoso, D. A. A. (2021). Peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris melalui guided conversation. JEdu: Journal of English Education, 1(1), 1–13.

Wahyuningsih, S. (2021). Pengembangan media providter untuk keterampilan berbicara Bahasa Inggris peserta didik SMK kelas XI Peternakan. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(2), 224–235.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.31948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sonny Elfiyanto, Imam Wahyudi Karimullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: