MODEL PEMBERDAYAAN SANTRI MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI PESANTREN MELALUI PELATIHAN PRODUK LAUNDRY

Agus Imam Kharomen, Mokh Sya’roni, Titik Rahmawati, Danang Priyadi

Abstract


Abstrak: Kemandirian ekonomi pesantren merupakan tantangan sekaligus peluang dalam pengembangan potensi santri. Pesantren Asy-Syarifah Mranggen, Demak, memiliki keterbatasan dalam aspek kewirausahaan dan penguatan ekonomi produktif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan santri melalui pelatihan produksi dan pemasaran produk laundry seperti detergen cair, pewangi, dan pelembut pakaian. Kegiatan dilaksanakan oleh tim pengabdian Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) melalui enam tahapan: identifikasi masalah, diskusi, perencanaan, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi. Sebanyak 22 santri dilibatkan secara aktif dalam pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan santri dalam memproduksi serta memasarkan produk laundry secara mandiri. Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 85% peserta menyatakan telah menguasai dengan baik proses pembuatan produk laundry, sementara sekitar 75% peserta memahami strategi pemasaran seperti analisis pasar dan cara menjangkau konsumen secara tepat. Capaian ini menunjukkan bahwa program pelatihan memberikan kontribusi nyata terhadap penguatan kapasitas santri dan menjadi langkah awal yang menjanjikan dalam mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren secara berkelanjutan.

Kemandirian ekonomi pesantren merupakan tantangan sekaligus peluang dalam pengembangan potensi santri. Pesantren Asy-Syarifah Mranggen, Demak, memiliki keterbatasan dalam aspek kewirausahaan dan penguatan ekonomi produktif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan santri melalui pelatihan produksi dan pemasaran produk laundry seperti detergen cair, pewangi, dan pelembut pakaian. Kegiatan dilaksanakan oleh tim pengabdian Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) melalui enam tahapan: identifikasi masalah, diskusi, perencanaan, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi. Sebanyak 22 santri dilibatkan secara aktif dalam pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan santri dalam memproduksi serta memasarkan produk laundry secara mandiri. Program ini menjadi langkah awal menuju kemandirian ekonomi pesantren secara berkelanjutan.

Abstract: The economic independence of Islamic boarding schools is both a challenge and an opportunity in developing the potential of students. Asy-Syarifah Islamic Boarding School Mranggen, Demak, has limitations in terms of entrepreneurship and strengthening the productive economy. This community service activity aims to empower students through training in the production and marketing of laundry products such as liquid detergent, fragrances, and fabric softeners. The activity was carried out by the community service team of Walisongo State Islamic University Semarang using the Participatory Action Research (PAR) approach through six stages: problem identification, discussion, planning, socialization, implementation, and evaluation. A total of 22 students were actively involved in the training. The results of the activity showed an increase in the knowledge and skills of students in producing and marketing laundry products independently. Based on the results of the questionnaire, 85% of participants stated that they had mastered the process of making laundry products well, while around 75% of participants understood marketing strategies such as market analysis and how to reach consumers appropriately. This achievement shows that the training program has made a real contribution to strengthening the capacity of students and is a promising initial step in realizing the economic independence of Islamic boarding schools in a sustainable manner.


Keywords


Student Empowerment; Economic Independence; Pesantren; Laundry Products.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andriyani, Z., Hasan, M. A., & Wulandari, R. A. (2018). Membangun Jiwa Enterpreneurship Santri Melalui Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(1), 47. https://doi.org/10.21580/dms.2018.181.2912

Apdilah, S., & Prayogi, A. (2024). Modernisasi Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Studi pada Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Kabupaten Pemalang). Jurnal Intelek Insan Cendikia, April, 6(2) 75–89. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/80%0Ahttps://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/download/80/114

Gustriani, T., & Kholis, M. (2024). Pembelajaran Life Skills bagi Santri sebagai Inovasi Pendidikan di Pesantren. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 290–296. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.499

Harweli, D., & Supratman, S. (2024). Optimalisasi Peran Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Keterampilan dan Kemandirian Santri. Menara Ilmu, 18(2), 105–112. https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5601

Haryanti, S., & Dhofir, M. A. H. (2022). Pengembangan Kewirausahaan di Pesantren : Antara Urgensi dan Potensi. Jurnal Reflektika, 17(1), 95–118.

Hussin, S., Mohamad, M., & Ghanad, A. (2017). Education For Emancipation And Sustainability: The Roles Of Pesantrens In Societal Development In Java, Indonesia. The Malaysian Online Journal of Educational Management, 5(3), 1–18. https://doi.org/10.22452/mojem.vol5no3.1

Isbah, M. F., & Sakhiyya, Z. (2023). Pesantren in Contemporary Indonesia: Negotiating Between Equity and the Market (pp. 137–152). https://doi.org/10.1007/978-981-99-1878-2_8

Jusubaidi, J., Lindgren, T., Mujahidin, A., & Rofiq, A. C. (2024). A Model of Transformative Religious Education: Teaching and Learning Islam in Pondok Modern Darussalam Gontor, Indonesia. Millah: Journal of Religious Studies, volume? issue? 171–212. https://doi.org/10.20885/millah.vol23.iss1.art6

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere. Sage Publicaions.

Manasikana, A., Studi, P., Kimia, T., Nahdlatul, U., Al, U., Cilacap, G., Julianti, R., Nahdlatul, U., Al, U., Cilacap, G., Hidayat, F. W., Nahdlatul, U., Al, U., Cilacap, G., Khuzaimah, S., Nahdlatul, U., Al, U., Cilacap, G., Nahdlatul, U., … Cilacap, G. (2024). Pelatihan pembuatan sabun padat dari jelantah dengan pewarna dan pewangi alami upaya pengolahan limbah dan pemanfaatan bahan alam desa bunton. 5(1), 328–333.

Nashihin, H., Rachman, Y. A., Fitrianto, I., & Suhartono. (2024). Empowering Creativity Of Disabled Students Through Sustainable Agropreneur Education at Ainul Yakin Islamic Boarding School in Yogyakarta to Support the SDGs. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(2), e02878. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n02.pe02878

Saifullah, M., Royyani, M. A., & Shobaruddin, M. (2016). Pengembangan Potensi Pesantren Dalam Mencetak Santripreneur (Pemberdayaan dan Pendampingan Santripreneur di Pesantren Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati). Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 15(2), 83. https://doi.org/10.21580/dms.2015.152.747

Sarwenda, Rahim, H., Rosyada, D., Zamhari, A., & Salim, A. (2024). Development of digital entrepreneurship programs in pesantren in Indonesia. In Religion, Education, Science and Technology towards a More Inclusive and Sustainable Future (pp. 273–278). Routledge. https://doi.org/10.1201/9781003322054-46

Wijaya, N. K., & Aini, S. (2020). Pemberdayaan Santri Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif “Kimi Bag” Di Pondok Pesantren Al Qohar Klaten. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(1), 23. https://doi.org/10.21580/dms.2020.201.5124

Zarkasyi, H. F. (2020). Imam Zarkasyi’s Modernization of Pesantren in Indonesia (A Case Study of Darussalam Gontor). QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 8(1), 161. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i1.5760




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.31962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Agus Imam Kharomen, Mokh Sya’roni, Titik Rahmawati, Danang Priyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: