PROGRAM PEER SUPPORT UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH PADA REMAJA PUTRI KECAMATAN TILANGO

Endah Yulianingsih, Sri Nurlaily Z, Magdalena Martha Tompunuh, Selvi Mohamad, Mohamad Anas Anasiru, Herman P. Luawo

Abstract


Abstrak: Anemia pada remaja putri masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang signifikan di Indonesia, terutama di wilayah pedesaan. Kepatuhan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) yang rendah merupakan salah satu penyebab utama tingginya prevalensi anemia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD melalui pendekatan peer support yang melibatkan remaja sebagai pendamping sebaya (peer educator). Dalam pelaksanaan program ini, penguatan soft skill menjadi fokus utama agar remaja putri tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga memiliki kemampuan interpersonal yang baik untuk membangun jejaring dukungan yang efektif. Melalui program peer support, remaja putri dilatih untuk meningkatkan kemampuan komunikasi efektif, Kemampuan public speaking selain itu program ini menumbuhkan sikap empati dan kepedulian sosial, sehingga remaja dapat menjadi pendukung emosional bagi teman-temannya yang mengalami hambatan dalam mengonsumsi tablet tambah darah. Penguatan soft skill ini diharapkan dapat membentuk karakter remaja yang komunikatif, suportif, dan bertanggung jawab dalam membangun budaya sehat di lingkungan mereka. Kegiatan dilaksanakan di Desa Tilote, Kecamatan Tilango dengan melibatkan 30 remaja putri sebagai peserta dan 6 di antaranya sebagai peer educator. Metode pelaksanaan mencakup penyuluhan, pelatihan, diskusi kelompok, serta pendampingan mingguan oleh teman sebaya. Evaluasi dilakukan melalui pre-posttest sebanyak 15 pertanyaan dan observasi perilaku konsumsi TTD. Hasil menunjukkan peningkatan kepatuhan dari 30% menjadi 76,7%, serta peningkatan rata-rata skor pengetahuan dari 58,3 menjadi 85,6. Selain itu, penguatan soft skills seperti komunikasi dan kerja sama kelompok juga mengalami peningkatan sebesar 60%. Program ini menunjukkan bahwa pendekatan peer support efektif dalam membentuk perilaku sehat pada remaja putri dan dapat direplikasi untuk isu kesehatan remaja lainnya.

Abstract: Anemia in adolescent girls is still a significant public health problem in Indonesia, especially in rural areas. Low compliance with iron supplement consumption is one of the main causes of the high prevalence of anemia. This program aims to improve compliance with iron supplement consumption through a peer support approach involving adolescents as peer educators. In implementing this program, strengthening soft skills is the main focus so that adolescent girls not only gain knowledge, but also have good interpersonal skills to build effective support networks. Through the peer support program, adolescent girls are trained to improve their effective communication skills, public speaking skills, in addition, this program fosters empathy and social concern, so that adolescents can become emotional supporters for their friends who experience obstacles in consuming iron supplement tablets. Strengthening these soft skills is expected to shape the character of adolescents who are communicative, supportive, and responsible in building a healthy culture in their environment. The activity was carried out in Tilote Village, Tilango District, involving 30 adolescent girls as participants and 6 of them as peer educators. The implementation method includes counseling, training, group discussions, and weekly mentoring by peers. The evaluation was conducted through a pre-posttest of 30 numbers and observation of TTD consumption behavior. The results showed an increase in compliance from 30% to 76.7%, as well as an increase in the average knowledge score from 58.3 to 85.6. In addition, strengthening soft skills such as communication and group work also increased by 60%. This program shows that the peer support approach is effective in forming healthy behavior in adolescent girls and can be replicated for other adolescent health issues.


Keywords


Anemia; Teenage Girls; Iron Tablets; Peer Support; Compliance.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aisah, S., Sahar, J., & Hastono, S. P. (2022). Pengaruh Edukasi Kelompok Sebaya terhadap Perubahan Perilaku Pencegahan Anemia Gizi Besi pada Wanita Usia Subur di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional, 119–127. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/56/30

Astuti, Y., & Kusumawardhani, A. M. (2023). Efektifitas Antara Metode Peer Group dan Think, Pair, Share terhadap Pengetahuan dan Perilaku Pencegahan Anemia Remaja. Jurnal Kesehatan Komunitas, 9(2), 221–230. https://doi.org/10.25311/keskom.vol9.iss2.1417

Ayuningtyas, N. P. (2025). Evaluasi Program Peer Educator bidang Kesehatan Reproduksi di SMP Kota Semarang Menggunakan Model Discrepancy. 11(2), 379–386.

Maretta, M. Y., Andhikatias, Y. R., Umarianti, T., & Apriani, A. (2022). Penguatan Peran Kader dan Masyarakat dalam Upaya Persiapan Kehamilan Sehat Melalui Kegiatan Sikring Arus. Indonesia Berdaya, 3(1), 113–118. https://doi.org/10.47679/ib.2022181

Nurlaily, S., Yanti, F. D., & Warsilia, N. N. S. (2023). Pemberdayaan Teman Sebaya Dalam Memberikan Edukasi Dengan Menggunakan Media Video Untuk Mencegah Anemia Pada Remaja. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 469. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12244

Olivia, H., Yusriani, Y., & Alwi, M. K. (2024). Pengaruh Peer Educator dan Media Leaflet terhadap Perceived Barrier to Action dalam Konsumsi Tablet Tambah Darah. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 5(1), 130–137. https://doi.org/10.36590/kepo.v5i1.948

Raharjo, D. S. (2020). Peer Group Support for Iron Tablet Medication Adherance Un Female Teenagers of Sma N 1 Banguntapan in 2020 Dukungan Peer Group Terhadap Kepatuhan Konsumsi Minum Obat Tablet Tambah Darah Pada Remaja Putri Di Sma N 1 Banguntapan Tahun 2020. Journal of Health (JoH), 8(1), 36–41.

Ratnawati, A. E. (2022). Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe Pada Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kebidanan, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.48092/jik.v9i1.177

Rima Andini, F., & Agestika, L. (2022). Efektivitas Edukasi Gizi Berbasis Digital Melalui Peer-group dalam Pencegahan Anemia pada Remaja Putri. Amerta Nutrition, 6(1SP), 220–225. https://doi.org/10.20473/amnt.v6i1sp.2022.220-225

Salmiati, S., Hasbahuddin, H., & Bakhtiar, M. I. (2018). Pelatihan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Pemecahan Masalah Siswa. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i1.117

Saraswati, I., Saraswati, N. L. G. I., & Sudarsana, I. D. A. K. (2024). Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Kepatuhan Mengonsumsi Tablet Tambah Darah pada Siswi SMA Negeri 1 Bangli. Malahayati Nursing Journal, 6(6), 2181–2187. https://doi.org/10.33024/mnj.v6i6.12259

WHO. (2024). Guideline on haemoglobin cutoffs to define anaemia in individuals and populations. In WHO (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Wittiarika, I. D., Jayanti, R. D., Setyowati, D., Aprianti, R., Mirasari, N., Sumbawati, M. D., Komariah, S. N., Ultraluana, P., Pangastutik, D. A., Neno, N., Rambu, Y., Idi, M., Amin, N. F., Haikal, M. A., & Izzati, F. N. (2025). International Collaboration : Strengtheining Adolecent Health Programs Through Global Partnerships In Empowering School Health Program Cadres And Peer Tutors. 9(1), 133–139.

Yulianingsih, E., & Porouw, H. S. (2020). Risk Factors Determinants Anemia Events in Adolescent Puskesmas in Kota Selatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 8(3), 194. https://doi.org/10.21927/jnki.2020.8(3).194-205

Yuliasari, H. (2020). Pelatihan Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Self Awareness Terhadap Perilaku Beresiko Remaja. Jurnal Psikologi Insight, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.17509/insight.v4i1.24638




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.31967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Endah Yulianingsih, Sri Nurlaily Z, Magdalena Martha Tompunuh, Selvi Mohamad, Mohamad Anas Anasiru, Herman P. Luawo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: