PENGGUNAAN IMPERATIVE SENTENCE BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI PROMPT PADA WEBSITE BERBASIS ARTIFICIAL INTELIGENCE TEXT TO IMAGE
Abstract
Abstrak: Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) menuntut generasi muda untuk memiliki keterampilan baru yang mengintegrasikan aspek linguistik dan teknologi. Salah satu teknologi terkini, yaitu AI text-to-image, memerlukan kemampuan dalam menyusun perintah dalam bentuk kalimat imperatif berbahasa Inggris yang jelas dan efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan softskill (kemampuan linguistik) dan hardskill (penggunaan teknologi AI) siswa SMK Muhammadiyah 1 Adiwerna dalam menyusun kalimat imperatif berbahasa Inggris sebagai prompt pada website berbasis Artificial Intelligence (AI). Metode kegiatan yang digunakan meliputi ceramah, praktik langsung, serta diskusi kelompok (FGD). Kegiatan ini melibatkan 30 siswa kelas XI jurusan Animasi sebagai peserta. Evaluasi dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test berupa soal pilihan ganda untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat imperatif secara signifikan, dengan rata-rata peningkatan sebesar 40% berdasarkan hasil perbandingan pre-test dan post-test. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta baik secara linguistik maupun teknologis, serta membekali mereka untuk siap menghadapi tantangan industri kreatif berbasis AI.
Abstract: The advancement of Artificial Intelligence (AI) technology demands that young generations acquire new skills that integrate linguistic competence with technological proficiency. One such emerging technology, AI text-to-image generation, requires the ability to compose clear and effective imperative sentences in English as prompts. This community service program aimed to enhance both the soft skills (linguistic ability) and hard skills (AI application usage) of students at SMK Muhammadiyah 1 Adiwerna by training them to compose English imperative sentences as prompts for AI-based websites. The methods used included lectures, hands-on practice, and Focus Group Discussions (FGDs). The activity involved 30 eleventh-grade students from the Animation Department as participants. Evaluation was conducted using pre-tests and post-tests consisting of multiple-choice questions to measure improvements in understanding and skills. The evaluation results showed a significant improvement in the students' ability to construct imperative sentences, with an average skill increase of 40%, based on the comparison between pre-test and post-test scores. This program effectively enhanced the participants' linguistic and technological competencies and prepared them to face the demands of the AI-driven creative industry.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Anggrianto, C., Iswanto, R., Pratomo, E. R., Wardaya, M., Sutanto, S. M., Santoso, A. R., Budi, H. S., Wirawan, J., Indriati, L., & Utomo, P. R. (2024). AI & Desain: Ancaman atau Peluang? Penerbit Universitas Ciputra. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=HWMJEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Salah+satu+inovasi+AI+yang+berkembang+pesat+adalah+text-to-image+generation,+yaitu+teknologi+yang+memungkinkan+pembuatan+gambar+berdasarkan+deskripsi+teks.&ots=QuUPvd1AT6&sig=s2Es028raQiOhBYAuxF8R3uUV4U
Darmawan, A. J., Yoo, P. M. H., & Hartawan, R. A. (2024). Teknik Prompt ANVS Progresif untuk Bing Image Creator dan Interpretasi Kesenjangan Gambar AI. Visualita: Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 13(1). https://core.ac.uk/download/pdf/651724585.pdf
Gartner, J., & Romanov, M. (2024). The Advantages of AI Text to Image Generation. International Journal of Art, Design, and Metaverse, 2(1), 1–8.
Hamizan, f. A., Suswanto, M. A. M., Sahril, M., & Rakhmawati, N. A. (n.d.). Studi Kuantitatif Persepsi Etis Penggunaan Ai Image Generator Di Kalangan Mahasiswa Dan Masyarakat Umum. Retrieved June 26, 2025, from https://www.researchgate.net/profile/Fadhiil-Hamizan/publication/392591201_Studi_Kuantitatif_Persepsi_Etis_Penggunaan_AI_Image_Generator_di_Kalangan_Mahasiswa_dan_Masyarakat_Umum/links/68499aa24c64e82b927f309f/Studi-Kuantitatif-Persepsi-Etis-Penggunaan-AI-Image-Generator-di-Kalangan-Mahasiswa-dan-Masyarakat-Umum.pdf
Hendriani, A., Rohayati, E., & Herlambang, Y. T. (2020). Pendidikan dan Keterampilan Berpikir Abad ke-21. Ksatria Siliwangi. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=xPDEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=keterampilan+dalam+menyusun+kalimat+imperatif+menjadi+keterampilan+penting+abad+21+yang+perlu+dimiliki+oleh+generasi+muda,+terutama+mereka+yang+akan+terjun+ke+dunia+industri+kreatif+berbasis+teknologi+digital&ots=F3DaJvKAhD&sig=5vQneEHAEFlWNnb-wSR3975yC4E
Idhartono, A. R. (2023). Literasi digital pada Kurikulum Merdeka belajar bagi anak. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91–96.
Kotha, M., Gopi, A., Balobaid, A., Mubeen, S., Mahalakshmi, V., Reddy Madhavi, K., & Sanjana, M. (2025). Conversion of Prompt to Image Generation Using AI Generator. In K. S. Raju, R. Senkerik, T. K. Kumar, M. Sellathurai, & V. Naresh Kumar (Eds.), Intelligent Computing and Communication (Vol. 1241, pp. 229–243). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-96-1267-3_21
Mahendra, G. S., Ohyver, D. A., Umar, N., Judijanto, L., Abadi, A., Harto, B., Anggara, I. G. A. S., Ardiansyah, A., Saktisyahputra, S., & Setiawan, I. K. (2024). Tren Teknologi AI: Pengantar, Teori, dan Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=qBsFEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA174&dq=pengguna+perlu+menuliskan+perintah+dalam+bahasa+Inggris+agar+AI+dapat+memahami+dan+memproses+permintaan+dengan+benar&ots=pP06n0bw__&sig=H3pOWIFICxdnb-CxucAc4Sc6Lng
Manik, S. I. (2023a). Analisis Pola Kreativitas Visual Penggunaan Prompt pada AI Image Generator. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 2, 59–82. https://proceeding.ikj.ac.id/index.php/semnasIKJ/article/view/57
Manik, S. I. (2023b). Analisis Pola Kreativitas Visual Penggunaan Prompt pada AI Image Generator. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 2, 59–82. https://proceeding.ikj.ac.id/index.php/semnasIKJ/article/view/57
Oppenlaender, J., Visuri, A., Paananen, V., Linder, R., & Silvennoinen, J. (2023). Text-to-Image Generation: Perceptions and Realities (arXiv:2303.13530). arXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2303.13530
Puspitaloka, N., Arifin, Z., & Masbro, P. (2021). Pendampingan pembuatan e-modul sigil software berbasis content language integrated learning (CLIL) Pada Pembelajaran bahasa Inggris SMK di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 554–559.
Saefudin, D. P., & Pratama, S. H. H. (2023). Linguistic Variations in ChatGPT. Philosophica: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 6(2), 106–114.
Susandi, R., Mulyani, S., & Wibowo, T. (2025). Penguatan Literasi Digital dalam Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Vokasi. Jurnal Nusantara Edukasi, 7(1), 33–45.
Susila, I. K. D., Sudarmawan, I. P. Y., & Purandina, I. P. Y. (2019). Teknik pengajaran english for guiding berbasis etnopedagogi. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 341–346. https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/79
Vimpari, V., Kultima, A., Hämäläinen, P., & Guckelsberger, C. (2023). “An Adapt-or-Die Type of Situation”: Perception, Adoption, and Use of Text-to-Image-Generation AI by Game Industry Professionals. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 7(CHI PLAY), 131–164. https://doi.org/10.1145/3611025
Woo, M., Kim, S., & Lee, J. (2024). Prompt Engineering Training for Enhancing Creative Thinking in AI Interaction. arXiv Preprint arXiv:2408.07302. https://arxiv.org/abs/2408.07302
Yadav, N., Sinha, A., Jain, M., Agrawal, A., & Francis, S. (2024). Generation of images from text using AI. International Journal of Engineering and Manufacturing, 14, 24–37.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muchammad Sofyan Firmansyah, Mirza Alim Mutasodirin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: