PEMBELAJARAN SDGS SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL GENERASI MUDA DI INDONESIA DAN FILIPINA

Ihyani Malik, Andi Luhur Prianto, Estefanie G. Cortez

Abstract


Abstrak: Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) menuntut keterlibatan aktif generasi muda sebagai agen perubahan strategis, khususnya di Indonesia dan Filipina. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan peran strategis generasi muda dalam mendukung pencapaian SDGs di kedua negara tersebut. Metode kegiatan yang digunakan adalah sosialisasi partisipatif, yang memadukan ceramah interaktif dan Forum Group Discussion (FGD) guna mendorong keterlibatan aktif peserta. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta aktif, terdiri dari mahasiswa dan pemuda komunitas di Indonesia dan Filipina. Instrumen evaluasi yang digunakan adalah observasi langsung, yang dilakukan secara kontinu oleh tim pelaksana selama seluruh rangkaian kegiatan berlangsung, serta wawancara semi-terstruktur setelah sesi FGD untuk menggali pemahaman dan sikap peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa generasi muda berperan sebagai agen perubahan melalui partisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan komunitas (15%), advokasi serta keterlibatan dalam pengambilan keputusan (25%), peningkatan kesadaran dan pendidikan SDGs (20%), pemanfaatan teknologi dan inovasi digital (18%), serta penerapan gaya hidup berkelanjutan (22%). Persentase ini menegaskan bahwa advokasi dan keterlibatan dalam pengambilan keputusan menjadi kontribusi terbesar, diikuti oleh penerapan gaya hidup berkelanjutan dan peningkatan literasi SDGs. Temuan ini mengindikasikan adanya kesadaran kritis yang berkembang serta kemampuan implementasi nilai-nilai SDGs dalam kehidupan sehari-hari.

Abstract: The achievement of Sustainable Development Goals (SDGs) requires the active involvement of the younger generation as strategic agents of change, especially in Indonesia and the Philippines. This community service aims to analyze and develop the younger generation's strategic role in supporting SDG achievement in both countries. The activity method used is participatory socialization, which combines interactive lectures and Forum Group Discussion (FGD) to encourage active involvement of participants. This activity was attended by 50 active participants, consisting of students and community youth in Indonesia and the Philippines. The evaluation instruments used were direct observation, which was carried out continuously by the implementation team during the entire series of activities, and semi-structured interviews after the FGD session to explore participants' understanding and attitudes. The evaluation results show that young people play a role as agents of change through active participation in social and community activities (15%), advocacy and involvement in decision-making (25%), increasing SDGs awareness and education (20%), utilizing technology and digital innovation (18%), and implementing sustainable lifestyles (22%). These percentages confirm that advocacy and involvement in decision-making are the biggest contributions, followed by applying sustainable lifestyles and increasing SDG literacy. This finding indicates a growing critical awareness and ability to implement SDGs values in daily life.


Keywords


Sustainable Development (SDGs); Young Generation; Sustainable Education.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alia, N. F., & Dermawan, W. (2025). Kontribusi Aktor Non Negara Dalam Sdgs: Studi Mengenai Schoters Dalam Pembelajaran Berbasis Digital Di Indonesia. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 244–256. Https://Doi.Org/10.33506/Jn.V11i1.4431

Amalia, A. A. (2020). Prototipe Desain Ruang Produktif Kelompok Ibu Rumah Tangga Nelayan di Kampung Ujung Kassi Kelurahan Barombong Kota Makassar. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 3(1), 400-409.

Ariansyah, A. et al. (2024) ‘Digital Technology to Support Sustainable Development Goals (SDGs): Literature Review’, Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 12(2), p. 315. doi: 10.33394/j-lkf.v12i2.13557.

Atikoh, N. et al. (2024) ‘The Role of Youth as Agents of Change in Realizing Sustainable Development Goals: A Humanistic Theory Perspective’, Proceeding of International Conference of Religion, Health, Education, Science and Technology, 1(1), pp. 415–419. doi: 10.35316/icorhestech.v1i1.5668.

Christabel, B. (2024). Katalis Perubahan: Potensi Pemuda Lokal Dalam Membangun Keberlanjutan Melalui Realisasi Ekonomi Hijau. Review Of International Relations, 6(2), 242–266. Https://Doi.Org/10.24252/Rir.V6i2.47980

Fonataba, J. (2025). Kolaborasi Pemerintah, Swasta, Dan Masyarakat Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar Di Merauke. Jejak Digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 1376–1395. Https://Doi.Org/10.63822/Vmthgf73

Genik Puji Yuhanda, & Muhibudin Wijaya Laksana. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Digital. Community Empowerment : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.15575/Commen.V2i1.720

Huda, K., Doloksaribu, T. I., & Siregar, S. H. (2024). Perilaku Politik Mahasiswa Dan Generasi Muda. Future Academia : The Journal Of Multidisciplinary Research On Scientific And Advanced, 2(4), 761–782. Https://Doi.Org/10.61579/Future.V2i4.254

Huda, K., & Feriandi, Y. A. (2018). Pendidikan Konservasi Perspektif Warisan Budaya Untuk Membangun History For Life. Aristo, 6(2), 329. Https://Doi.Org/10.24269/Ars.V6i2.1026

Kamaruddin, H. (2025). Pemberdayaan Ekonomi Umat Berkelanjutan Melalui Program Kampung Zakat Di Kampung Oesalaen Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmiah Gema Perencana, 4(1), 119–138. Https://Doi.Org/10.61860/Jigp.V4i1.190

Malik, I., Khaerah, N., Prianto, A. L., & Hamrun, H. (2020). Edukasi Politik Virtual Era Demokrasi Digital Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 39–47. Https://Doi.Org/10.33292/Mayadani.V1i2.14

Manullang, H. B. (2025). Analisis Kritis Terhadap Moderasi Beragama Dalam Upaya Pengembangan Perdamaian Dalam Konteks Kemajemukan Agama. Aradha: Journal Of Divinity, Peace And Conflict Studies, 5(1), 19–36. Https://Doi.Org/10.21460/Aradha.2025.51.1362

Misdawi, M., Moh. Ikmal, & Basri, H. (2025). Analisis Peran Generasi Emas Nusantara (Gen) Sumenep Dalam Membangun Kesadaran Politik Generasi Muda Di Kabupaten Sumenep. Peshum : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(3), 4143–4156. Https://Doi.Org/10.56799/Peshum.V4i3.8718

Muftiana Sahra Pasa, Meilani Putri, & Benedictus Raditya Santoso. (2025). Pendekatan Dan Strategi Pembelajaran Sosiologi Abad 21. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(2), 521–535. Https://Doi.Org/10.61722/Jirs.V2i2.5685

Nanda Aulia Rahmawati, Fierena Riza Guntari, & Fauziyah Almas Janani Widodo. (2025). Suara Pemuda : Peran Media Dan Teknologi Instagram Bagi Komunitas Amnesty Dalam Menyuarakan Hak Asasi Manusia Di Universitas Jember. Abstrak : Jurnal Kajian Ilmu Seni, Media Dan Desain, 2(4), 51–66. Https://Doi.Org/10.62383/Abstrak.V2i4.695

Prianto, A. L., & Abdillah, A. (2023). Vulnerable countries, resilient communities: Climate change governance in the coastal communities in Indonesia. In Climate Change, Community Response and Resilience (pp. 135-152). Elsevier.

Prianto, A. L. (2013). Model of advocacy coalitions in the formulation of spatial plan policy of Makassar in 2010-2030. Bisnis & Birokrasi, 20(3), 163.

Prianto, A. L. (2012). Kepentingan Politik dan Ekonomi Kepala Daerah dalam Reformasi Birokrasi: Kasus Reformasi Pelayanan Perizinan Di1kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar. Jurnal Borneo Administrator, 8(3)Halaman?.

Rafli Ali Masyuri, Amaliatulwalidain, & Doris Febriyanti. (2025). Strategi Kemenangan Partai Golkar Dalam Meningkatkan Representasi Perempuan Pada Pemilihan Dprd Tingkat 1 Kota Palembang. Thejournalish: Social And Government, 6(1), 99–110. Https://Doi.Org/10.55314/Tsg.V6i1.898

Rengganis, A. P., Prianto, A. L., Harakan, A., Muchsin, A., Tenorio, C. B., & Amri, A. R. (2023). Strengthening national identity among Indonesian diaspora in general Santos city, Philippines. Humanities, Arts and Social Sciences Studies, 539-552.

Rulandari, N. (2021). Study Of Sustainable Development Goals (Sdgs) Quality Education In Indonesia In The First Three Years. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(2), 2702–2708. Https://Doi.Org/10.33258/Birci.V4i2.1978

Rusnaedy, Z., Haris, A., Congge, U., & Prianto, A. L. (2021). Adaptive climate change governance in Makassar, Indonesia. Journal of Governance, 6(2), 244-258.

Sagara, R., Setiawan, A. H., Almuzafir, & Purnawan, E. (2025). Dinamika Kependudukan Dan Ketenagakerjaan: Tantangan Dan Kebijakan Berkelanjutan Untuk Indonesia. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 11(1), 317–329. Https://Doi.Org/10.37567/Alwatzikhoebillah.V11i1.3629

Theodora, E. M., Pakpahan, V. M., & Banuari, N. (2024). Revolusi Digital Umkm Bagi Kalangan Wirausaha Muda Komunitas Bisnis Centre. Gendis: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 47–54. Https://Doi.Org/10.56724/Gendis.V2i2.299

Tuakara, Y. (2025). Tata Kelola Perbatasan Yang Berkelanjutan: Sinergi Lintas Sektor Untuk Pembangunan Dan Keamanan Di Merauke. Jejak Digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 1356–1368. Https://Doi.Org/10.63822/Jjapgk18

Wati, R. I., Maulida, Y. F., & Subejo, S. (2025). Faktor Penentu Regenerasi Petani Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kawistara, 15(1), 138. Https://Doi.Org/10.22146/Kawistara.95740




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ihyani Malik, Andi Luhur Prianto, Estefanie G. Cortez

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: