PENINGKATAN KOMPETENSI SISTEM KONTROL PNEUMATIK DENGAN METODE SIMULASI MENGGUNAKAN APLIKASI FESTO FLUIDSIM

Nur Aidi Ariyanto, Andre Budhi Hendrawan, Sigit Setijo Budi, Muhammad Aril Vebrianto

Abstract


Abstrak: SMK Negeri 1 Adiwerna merupakan sekolah vokasi di Kabupaten Tegal, memiliki jurusan Teknik Alat Berat (TAB) yang mempelajari sistem hidrolik dan pneumatik, namun belum mengajarkan simulasi menggunakan aplikasi industri seperti Festo Fluidsim. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan melatihkan penggunaan Festo Fluidsim guna meningkatkan keterampilan siswa dalam merancang dan menganalisis sistem kontrol pneumatik dan hidrolik secara digital, sesuai standar industri.Oleh karena itu perlu adanya pelatihan penggunaan aplikasi Festo Fluidsim. Pelatihan dilaksanakan dengan dihadiri oleh 32 siswa kelas XI Jurusan TAB. Pelatihan berfokus pada penggunaan Aplikasi Festo Fluidsim khususnya sistem pneumatik. Pelatihan ini diawali dengan pretest, pendalaman materi, praktik langsung penggunaan aplikasi Festo Fluidsim Pneumatic dengan beberapa simulasi yang berbeda-beda, postest, dan diakhiri dengan evaluasi kepuasan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang pneumatik dan hidrolik serta penggunaan aplikasi Festo Fluidsim dengan rata-rata peningkatan sebesar 72,5%, dengan nilai postest seluruh siswa di atas nilai minimal dan dinyatakan Kompeten.

Abstract: SMK Negeri 1 Adiwerna is a vocational school located in Tegal Regency, which has 7 majors, one of which is Heavy Equipment Engineering (HEE). In the HEE major, students learn a lot about hydraulic and pneumatic systems. The Festo Fluidsim application is a widely used tool in the industry, particularly when designing pneumatic or hydraulic systems. However, SMK Negeri 1 Adiwerna has not provided material on simulation using the Festo Fluidsim application. Therefore, there is a need for training on the use of the Festo Fluidsim application. The training was held with the attendance of 32 students of grade XI of the HEE Department. The training focused on the use of the Festo Fluidsim Application, especially pneumatic systems. This training began with a pretest, in-depth material, direct practice using the Festo Fluidsim Pneumatic application with several different simulations, a posttest, and ended with a satisfaction evaluation. The evaluation results showed an increase in students' knowledge about pneumatics and hydraulics and the use of the Festo Fluidsim application, with an average gain of 72.5%, with all students' post-test scores above the minimum score and declared Competent.


Keywords


Pneumatic; Hydrolic; Festo; Fluidsim.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adiwerna, S. (2025). Teknik Otomotif. Humas SMK N 1 Adiwerna.

Akbar, S., Anhar, W., & Basri. (2021). Penerapan Alat Praktek Air Conditioning ( AC Trainer ) pada SMK Negeri 5 Balikpapan. 1(1), 1–6.

Apriliani, D., Ilmadina, H. Z., Hidayattullah, M. F., Sasmito, G. W., Risqi, B., Saputri, D., & Haqqani, H. A. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Menunjang Proses Belajar Siswa : Studi Kasus Penggunaan Generative Pre-Trained Transformer Sebagai melalui fitur-fitur interaktif , seperti pemberian jawaban otomatis dan melalui berbagai kebijakan yang sejalan de. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 1927–1936.

Ariyanto, N. A. (2025). Desain dan Simulasi Pneumatik Menggunakan Festo Fluidsim bagi Pemula. CV. Eureka Media Aksara.

Ariyanto, N. A., Qurohman, M. T., & Hendrawan, A. B. (2023). Pembelajaran Kontrol Sistem Pneumatik Sebagai Penunjang Kompetensi Sistem Hidrolik Dan Pneumatik Di Smk Negeri 1 Adiwerna. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 5(1), 9. https://doi.org/10.24853/jpmt.5.1.9-14

Darmanto, Surjono, H. D., Khairudin, M., Nugraheni, M., Ismara, K. I., Fitrihana, N., Ma’arif, F., Efendi, Y., Sardjono, Anhari, B. S. F., Hernita, Suharto, & Sunardi. (2021). Norma & Standar Lab Bengkel SMK Teknik Alat Berat (Vol. 1). Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fitri, H. M., Khaerunnisa, P., Setiawan, E., & Wardoyo, S. (2025). Peningkatan Keterampilan Pra-Vokasional Siswa SMK melalui Project-Based Learning (PjBL): Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 307–318. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.996

Hamdani, H., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2024). Era Baru Pendidikan Vokasi : Menuju Merdeka Belajar dan Tantangan Dunia Kerja 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 17(2), 120. https://doi.org/10.20961/jiptek.v17i2.88904

Hendra, H., Nur, I., Leni, D., Roza, Y., & Mayana, H. C. (2023). Pembuatan Simulasi Kelistrikan Motor Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Smk Teknik Otomotif Di Smkn 1 Sumbar. Jurnal Vokasi, 7(3), 307. https://doi.org/10.30811/vokasi.v7i3.4187

Humiati, H., & Budiarti, D. (2020). Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.51213/jmm.v3i1.46

Iskandar, A. G. (2022). Optimalisasi Link and Match Melalui Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 4773–4791.

Kemdikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. In Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 20).

Maryanti, N. (2019). Siswa Smk Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0 (Kajian Praktis Smk Di Provinsi Sumatera Selatan). Journal of Chemical Information and Modeling, 0, 1689–1699.

Massaty, M. H., Fahrurozi, S. K., & Budiyanto, C. W. (2025). Implementasi Teknologi Robotika Line Follower Berbasis Arduino untuk Pembelajaran Praktik Otomasi di SMK Negeri 1 Kaliwungu. DEDIKASI: Community Service Report, 7(1), pp36-47.

Munthe, F., & Mataputun, Y. (2021). Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 586. https://doi.org/10.29210/020211479

Niam, B., Sabara, M. A., & Wikaningtyas, R. (2025). Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Tentang Programmable Logic Controller. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 1–2.

Nugroho, J. W., Rusimamto, P. W., Munoto, & Wrahatnolo, T. (2023). Penggunaan Festo Fluidsim Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di SMK Negeri 1 Cerme. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 1–9.

Nurul, Lu’mu, & Syahrul. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Festo Fluidsim Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik Tenaga Di JPTE FT UNM. Journal Technologycal and Vocational, 8(2), 150–158.

Primartadi, A., & Widiyatmoko. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Praktik Mata Kuliah Pneumatik Hidrolik dengan Pendekatan Saintifik pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. 15(01), 1–7.

Qirom, Albab, U., & Wikaningtyas, R. (2025). Peningkatan keterampilan pemrograman arduino siswa melalui pelatihan simulator wokwi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 912–923.

Ridwan, M. (2021). Pembangunan Sumber Daya Manusia Pada Sekolah Kejuruan Di Indonesia: Tantangan Dan Peluang Di Era Revolusi Industri 4.0. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol2.iss1.35

Safitri, F. S. A., & Sutadji, E. (2025). Strategi Pengembangan Kompetensi Lulusan Pendidikan Kejuruan Guna Meningkatkan Daya Saing Global. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1507–1522.

Sanjaya, F. L., Fatkhurrozak, F., Akhmadi, A. N., Satrio, R. A., & Mubarok, A. (2025). Implementasi Karakteristik Biofuel Pada Mesin Untuk Meningkatkan Kompetensi Perawatan Mesin Kendaraan Bagi Siswa Smk. Jurnal Masyarakat Mandiri, 9(2), 1650–1662.

Schütz, A., Lechler, A., Verl, A., & Fleischer, J. (2023). Robot machining of thin-walled workpieces with automatically reconfigurable fixturing through feature analysis. Procedia CIRP, 120, 1065–1070. https://doi.org/10.1016/j.procir.2023.09.126

Sugiarto. (2022). Competencies of Automotive Engineering Vocational High School Graduates According to the Industrial Revolution 4.0 : Literature Review Kompetensi Lulusan SMK Program Studi Teknik Otomotif Sesuai Dengan Tuntutan Revolusi Industri 4.0 : Kajian Literatur. AEEJ : Journal of Automotive Engineering, 03, 2022.

Syarifudin, Suhartana, & Sanjaya, F. L. (2025). Penguatan Kompetensi Siswa Smk Melalui Improvisasi Kompetensi Biogasoline. Jurnal Masyarakat Mandiri, 9(2), 2405–2417.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Aidi Ariyanto, Andre Budhi Hendrawan, Sigit Setijo Budi, Muhammad Aril Vebrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: