PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI APLIKASI AKUNTANSI DALAM PENCATATAN BANK MINI DI SMK
Abstract
Abstrak: Bank Mini masih menjalankan proses pencatatan keuangan secara manual dan belum menghasilkan laporan keuangan, sehingga kinerja keuangan belum dapat dievaluasi secara optimal. Kegiatan pengabdian diikuti oleh guru akuntansi sejumlah lima orang yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam melakukan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi Accurate. Kemudian guru akan berperan penting sebagai pendamping siswa dalam mengelola pencatatan keuangan bank mini secara digital. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, pelatihan, dan praktik langsung yang melibatkan pengelola bank mini. Kegiatan terbagi dalam tiga tahapan, persiapan, pelaksanaan pelatihan setting aplikasi dan transaksi, serta tahap evaluasi dan penyerahan aplikasi. Evaluasi dilakukan melalui observasi praktik dan pengumpulan umpan balik dari peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan teknis (hardskill) hingga 83,2%. Bank Mini juga mulai mampu menyusun laporan keuangan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pendampingan dalam digitalisasi pencatatan keuangan sangat efektif untuk diterapkan di SMK.
Abstract: The Mini Bank still operates its financial recording manually and has not yet produced financial reports, making it difficult to evaluate its financial performance optimally. The community service activity was attended by five accounting teachers with the aim of enhancing their capacity in financial recording using the Accurate application. Subsequently, the teachers will play a vital role as mentors for students in managing the digital financial records of the school mini bank The implementation methods include socialization, training, and hands-on practice involving the Mini Bank managers. The activity is divided into three stages: preparation, training on application setup and transactions, and the evaluation and handover phase. Evaluation was conducted through practice observation and feedback collection from participants. The results showed an improvement in technical skills (hardskills) of up to 83,2%. The Mini Bank has also started preparing financial reports. This activity demonstrates that assistance in the digitalization of financial recording is highly effective for implementation in vocational high schools (SMKs).
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Affan, M. W., Irawan, D., Laili, T. F., Ayu, A. R., & Rahmawati, L. F. I. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Modul Praktikum Berbasis Software Akuntansi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 1(3), 197–202.
Agustina, R., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Funding decisions anddividend policy to company value. World Journal of Advanced ResearchandReviews, 14(3), 395–402.
Annisa, N., Hamzah, R. A., & Hasmiati, H. (2025). Struktur Kebahasaan Bahasa Indonesia Sebagai Rujukan Penggunaan Bahasa (Morfologi). Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2), 207–217.
Aulia, T. Z., Sari, A. P., Sudarmanto, E., Ningsih, T. W., Umi, Haryani, Zuliyati, & Safari, M. D. E. T. (2025). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akuntansi Pada Siswa SMKN 3 Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 3161–3166.
Kartikawati, T. S., Kurniasih, N., Yuliana, E. S., Zawitri, S., Farizi, Al, Z., Soraya, Arianto, Wahyudi, & Rahmaniar, R. (2023). Pelatihan Akuntansi Berbasis Komputer Menggunakan Program Acurate Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Siswa Smk Jurusan Akuntansi Di Kota Pontianak Dalam Memasuki Pasar Tenaga Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional, 6(1), 292–297.
Khairani, S., Kusuma, D. P., Fransiska, J., & Hartati, E. (2021). Pelatihan Aplikasi Accurate Bagi Guru dan Siswa SMK Negeri 1 Palembang. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12.
Mashuri, A. A. S., Fahria, R., & Siswantini, T. (2024). Peningkatan Kompetensi Siswa/Siswi SMK Al Hidayah melalui Edukasi Zahir Accounting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(2), 257–264.
Maulidah, H., Aryanto, Farida, I., Sedya, E. U., & Utami. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi Accurate Online Siswa SMK NU 1 SLAWI. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 410–415.
Mustika, R., Wirahadi, A., Dwiharyadi, A., Endrawati, Endrawati, Elfitri, & Santi. (2024). Optimalisasi Kompetensi Akuntansi melalui Pelatihan Aplikasi Accurate bagi Siswa dan Guru di SMK Taruna 1 Padang. Japepam: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 82–88.
Nurhidayah, F., Sofia, I. P., Dewi, N. S., Pratama, F. A., Eksandy, A., Ghifari, F. F., Mutira, P., & Siahaan, R. R. (2024). Pelatihan Akuntansi dengan Media Pembelajaran Accounting Business Games untuk Peningkatan Pemahaman Siswa SMK. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 340–345.
Peraturan Perundang-undangan. (2016). Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta : Pemerintah Pusat RI.
Peraturan Perundang-undangan. (2022). Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Jakarta : Pemerintah Pusat RI.
Prima, A. P., Janrosi, V. S. E., & Purba, N. M. B. (2023). Pelatihan Accurate Online Di Smk Tunas Muda Berkarya Kota Batam. J-PIS, 2(2), 109–114.
Putri, U. E., Estriyanto, Y., & Sukatiman, S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa SMK Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dalam Perspektif Akademik, Ekonomi, dan Sosial. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 540–554.
Sembiring, M. S., Rosalia, V., Kumalasari, F., & Selvida, D. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi Untuk Guru dan Siswa SMK Ar-Rahman Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1731–1735.
Sulistiani, W., Fajrianthi, F., & Kristiana, I. F. (2022). Validation of the Indonesian Version of the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS): A Rasch Model Approach. Jurnal Psikologi, 21(1), 89–103.
Sutrisno, P., Debora, D., Destriana, N., Putri, A. T. K. P. S., Marlinah, A., Wijaya, N., & Lekok, W. (2023). Pendampingan Pelatihan Software Akuntansi Accurate dalam Membantu Guru & Siswa-Siswi Smk untuk Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme (Accurate Accounting Software Training Assistance in Helping Teachers & Vocational School Students to Improve Compet. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi (JPE), 2(1), 29–37.
Utama, A. A. G. S., & Pratama, D. (2020). Pelatihan Accurate Bagi Guru SMA/SMK Se-Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Solma, 9(2), 316–322.
Wibowo, H. T., Qotrunnada, N., & Saputri, D. M. A. (2024). Pelatihan Kompetensi Penggunaan Software Accurate Untuk Guru Akuntansi SMK Negeri 1 Warureja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 21–28.
Wirianata, H., Alberto, M., & Rusi. (2024). Peningkatan Keterampilan Akuntansi Siswa/I Smk Kristen Rahmani Melalui Pelatihan Software Accurate. Jurnal Serina Abdimas, 2(3), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Sumaryati, Asri Diah Susanti, Sudiyanto, Elvia Ivada, Lies Nurhaini, Astuning Saharsini, Indra Faizal Rizki Mufid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: