PENDAMPINGAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DENGAN STRATEGI VISUALISASI PADA SISWA USIA SEKOLAH DASAR KELAS V

Fransiska Jaiman Madu, Mariana Jediut, Wahyuni Purnami

Abstract


Abstrak: Rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar merupakan mendorong tim PkM untuk menerapkan strategi visualisasi yang diklaim dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Terdapat 15 orang siswa kelas IV yang dijadikan objek dalam kegiatan ini. Tes dilakukan sebanyak dua kali yakni tes awal dan tes akhir. Kegiatan dilakukan dengan beberapa langkah seperti menyiapkan bacaan, anak-anak diminta membaca dan memahami teks bacaan, tim memvisualisasikan secara lisan teks bacaan berupa cerita kepada anak-anak, meminta anak menceritakan ulang, dan anak-anak diberi kesempatan menulis kembali cerita yang sudah divisualisasikan (tes). Hasil kegiatan PkM mencerminkan bahwa strategi visualisasi terbukti membantu siswa dalam memahami isi bacaan yang divisualisasikan. Hal tersebut tersebut terbkuti pada meningkatnya nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas sebelum diberi pendampingan adalah 55.66% sedangkan nilai rata-rata kelas setelah diberi pendampingan adalah 90,66%.

Abstract: The low reading comprehension skills of primary school students prompted the PkM team to implement a visualisation strategy that is claimed to help students improve their reading comprehension skills. Fifteen fourth-grade students were selected as subjects for this activity. The test was conducted twice, namely the pre-test and post-test. The activity was carried out in several steps, such as preparing the reading material, asking the children to read and understand the text, the team verbally visualising the text in the form of a story to the children, asking the children to retell the story, and giving the children the opportunity to rewrite the story that had been visualised (test). The results of the PkM activity reflect that the visualisation strategy proved effective in helping students understand the content of the visualised reading material. This was evidenced by the increase in the class average score. The class average score before the intervention was 55.66%, while the class average score after the intervention was 90.66%.


Keywords


Visualization Strategy; Reading Comprehension, Reading, Primary School Students.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aysah, F., & Maknun, L. (2023). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.549

Damayanti, P. R., Fitriani, S. S., & Marhaban, S. (2020). The Visualization Metacognitive Strategy To Imptove Reading Comprehension. Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau, 11(4), 498–511.

Dewi, P. (2017). Teaching Reading to Young Learners Through Visualization Strategy. English Language and Literature International Conference (ELLiC),Vol? Issue? 178–182.

Eka Sari, N., Oktapia, R., Marliana, I., Hardiyanto, A., Bahasa Inggris, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Muhammadiyah Kotabumi, U. (2019). Penggunaan Strategi Visualisasi Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Berbasis Karakter Pada Siswa SMP. Prosiding, Vol? Issue?148–156.

Erlita, Y. (2021). Teaching Reading By Visualization As A Strategy. BAHAS, 32(4), 307–389.

Kemendikbud. (2021). Dokumen Rekomendasi Kebijakan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021 Pengelompokan Satuan Pendidikan Berdasarkan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021 (pp. 1–25).

Ningrum, E. F. (2022). Pengaruh Media Quizizz Terhadap Kosa Kata Baku Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 83–98. https://doi.org/10.30659/pendas.9.1.83-98

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing. In OECD Publishing: Vol. IIssue?Page?. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.

Palupi, P., Laila, A. A., & Santi, N. N. (2020). Analisis Kemampuan Mencermati Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dari Teks Tulis Melalui Model Pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 119–134. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6619

Santi, M., & Reflinda, R. (2022). Using Visualization Strategy to Improve Students’ Reading Skill in Comprehending Detailed Information. Modality Journal: International Journal of Linguistics and Literature, 2(1), 63–71. https://doi.org/10.30983/mj.v2i1.5115

Suandi, S., Ason, A., & Atmaja, M. K. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 05 Landau Tubun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3), 26–35. https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i3.1402

Sulistyaningra, G. (2016). Upaya Meningkatkan Reading Comprehension Ability Melalui Visualizing Strategy Pada Siswa Kelas IV SD Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan. Universitas Negeri Jakarta, 1–149.

Thamrin, N. R., Darmawan, E., & Irawan, D. (2025). Enhancing Reading Skills through Visualizing Strategies : A Fresh Approach for English Education Students at Kuningan University. 13(1), 95–103.

Will, J. (2018). Visualization Techniques To Support Students’ Reading Comprehension. In School of Education and Leadership Student Capstone Projects. https://digitalcommons.hamline.edu/hse_cp/269

World Bank. (2020). Janji Pendidikan di Indonesia. In World Bank. www.worldbank.org




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fransiska Jaiman Madu, Mariana Jediut, Wahyuni Purnami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: