PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN E-MODUL AJAR TERINTEGRASI DEEP LEARNING

Robinson Situmorang, Suyitno Muslim, Moch Sukardjo, Marsofiyati Marsofiyati, Annis Kandriasari, Aan Subhan Pamungkas, Ria Asep Sumarni, Nisvu Nanda Saputra

Abstract


Abstrak: Yayasan Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School yang didirikan oleh Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abi Bakar bin Salim beserta istrinya Umi Waheeda beralamat berlokasi di Desa Waru Jaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School menghadapi keterbatasan teknologi dan rendahnya pemahaman guru terhadap pemanfaatan Deep Learning dalam pengembangan modul ajar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelatihan pembuatan e-modul ajar berbasis Deep Learning yang personal dan adaptif. Sasaran dari kegiatan ini adalah para guru di lingkungan Yayasan Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Kegiatan dilaksanakan dalam lima tahapan: analisis kebutuhan, persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Pelatihan mencakup sosialisasi, penyampaian materi, praktik langsung, serta penggunaan ChatGPT untuk menyusun tujuan pembelajaran, konten ajar, dan evaluasi. Fokus utamanya adalah integrasi AI untuk mendukung pembelajaran kontekstual dan interaktif. Hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman peserta, dari rata-rata 54,91% menjadi 95,64%. Evaluasi kepuasan juga menunjukkan respons sangat positif, dengan skor rata-rata di atas 4,75. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan kompetensi guru sekaligus mendorong transformasi digital pendidikan di lingkungan pesantren secara efektif dan berkelanjutan.

Abstract: The Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Foundation, founded by Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abi Bakar bin Salim and his wife Umi Waheeda, is located in Waru Jaya Village, Parung Subdistrict, Bogor Regency, West Java. The Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Foundation was facing technological limitations and a low understanding among teachers regarding the utilization of Deep Learning in developing teaching modules. This community service initiative aimed to enhance the quality of learning through training in creating personalized and adaptive Deep Learning-based e-modules. The target of this activity is the teachers within the Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School environment. The activity was carried out in five stages: needs analysis, preparation, training, mentoring, and evaluation. The training covered socialization, material delivery, hands-on practice, and the use of ChatGPT for crafting learning objectives, teaching content, and evaluations. The primary focus was on integrating AI to support contextual and interactive learning. Pretest and posttest results showed a significant improvement in participants' understanding, from an average of 54.91% to 95.64%. The satisfaction evaluation also revealed a very positive response, with an average score above 4.75. These findings indicate that the training successfully improved teacher competence while effectively and sustainably encouraging the digital transformation of education within the boarding school environment.


Keywords


Deep Learning; E-Module Teaching; Educational Technology; Learning Personalization; ChatGPT.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Kalor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 193–202.

Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana, L. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229–3236. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7442

Akmala, F. F. (2025). Efektivitas E-Modul Fisika Interaktif Berbasis PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(4), 255–268.

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

Ekadjaja, M., & Tjandra Bravo, C. (2024). Pelatihan Siap Menghadapi Transformasi Digital: Pemanfaatan Chat Gpt Untuk Pelajar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(1), 11–17.

Haryanti, Y. D., Yuliati, Y., Damayanti, I., Afriyuni, D., Intifada, R. D., Rahman, A., & Majalengka, U. (2025). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning Bagi Guru Sdit Al-Azhar Madani Center. Jurnal Pengabdian Kolaborasidan Inovasi IPTEKS, 3(3), 557–568.

Haryono, H. E., Almubarokah, N. H., Faridah, L., Hamidah, E., & Sasomo, B. (2025). AI untuk Pendidikan : Workshop Modul Ajar Deep Learning bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka, 3(4), 400–408.

Herlina, E., Hindriana, A. F., & Ismail, A. Y. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif IPA pada Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 9(1), 67–88. https://doi.org/10.26811/didaktika.v9i1.1713

Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Indonesian Research Journal on Education. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 1079–1085.

Mahzuardi, Refdinal, Ambiyar, & Maksum, H. (2024). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Mata Pelajaran Mesin Penggerak Utama Kapal. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 8030–8041. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.8644

Manik, S. M., Ritonga, M. U., & Hadi, W. (2025). Integrating Deep Learning Into School Curriculum: Challenges, Strategies, and Future Directions. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.62007/joupi.v3i1.415

Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.

Mas’ud B, Malik, M. A., Agustini, Asrida, Dewi, F., & Ramadhan, F. (2025). Workshop Pembuatan Modul Ajar Pembelajaran Mendalam Menggunakan AI. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(2), 397–405. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i2.1403

Maulidiya Nabila, S., Septiani, M., & Pendidikan Dasar, M. (2025). Pendekatan Deep Learning untuk Pembelajaran IPA yang Bermakna di Sekolah Dasar. Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal, 2(1), 9–20.

Prihantini, P., Sutarto, S., Apriliyani, E. S., Stavinibelia, S., Arsyad, M., & Mukhtar, D. (2025). Deep Learning Approaches in Education: A Literature Review on Their Role in Addressing Future Challenge. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(5), 1213–1220. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i5.532

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258–3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Setiawan, D. (2024). Peran Guru dan Siswa Dalam Menggunakan CHATGPT (Generative Pre-Training Transformer) Dalam Implementasi Pendidikan. Krida Cendekia, 3(1), 1–5.

Shidqon Famulaqih, & Aceng Lukman. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 1(2), 01–12. https://doi.org/10.61132/karakter.v1i2.156

Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.61476/186hvh28

W, M. G., Mardatillah, B., H, C. W., Wulandari, I., & Dwi, B. (2025). Strategi Penggunaan Modul Ajar IPAS Integrasi Deep Learning : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 3(1), 175–183.

Wahyuni, R., N, F., Suwondo, Arnentis, Putra, R., & Febrina, H. (2025). Pelatihan Pengembangan Modul Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Pbl Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 436–446.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Robinson Situmorang, Suyitno Muslim, Moch Sukardjo, Marsofiyati, Annis Kandriasari, Aan Subhan Pamungkas, Ria Asep Sumarni, Nisvu Nanda Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: