MODERN ENGLISH FOR DAILY NEEDS SEBAGAI PENINGKATAN LITERASI BAHASA INGGRIS KONTEKSTUAL UNTUK IBU MUDA DI ERA DIGITAL
Abstract
Abstrak: Kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan keluarga menjadi fondasi penting dalam membentuk generasi yang adaptif secara global sejak usia dini. Namun, banyak ibu muda yang masih kurang percaya diri dan belum memiliki keterampilan memadai untuk membiasakan percakapan Berbahsa Inggris di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan mengevaluasi efektivitas program Pengabdian kepada Masyarakat "Modern English for Daily Needs – Ciptakan Rumah yang Bilingual" sebagai inovasi pemberdayaan ibu muda dalam menciptakan lingkungan dwibahasa di rumah. Studi ini melibatkan 16 ibu muda kader Nasyiatul Aisyiyah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi sedangkan data dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi dan antusiasme peserta sangat tinggi, dengan 75% ibu muda aktif berdiskusi dan melakukan simulasi percakapan. Setelah pelatihan, sebagian besar peserta menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berbicara, mampu mengucapkan kosakata baru dan mempraktikkan percakapan sederhana dalam situasi sehari-hari. Program ini juga mendorong motivasi belajar berkelanjutan peserta melalui materi yang relevan, suasana menyenangkan dan komitmen untuk membangun keluarga bilingual. Disimpulkan bahwa, program "Modern English for Daily Needs" terbukti efektif dan inovatif dalam meningkatkan literasi bahasa Inggris kontekstual ibu muda dan layak dikembangkan lebih lanjut dengan durasi pelatihan dan pengukuran kemampuan yang lebih terarah.
Abstract: The ability to speak English within the family environment serves as an essential foundation for shaping a globally adaptive generation from an early age. However, many young mothers still lack confidence and do not yet have adequate skills to get used to speak English at home. This study aims to analyze the implementation and evaluate the effectiveness of the community service program “Modern English for Daily Needs – Create a Bilingual Home” as an innovation effort to empower young mothers who are members of Nasyiatul Aisyiyah using a descriptive qualitative approach. The instruments used included observation, semi structured interviews and documentation, while the data were analyzed thematically. The results of the study showed a high level of participant and enthusiasm among participants, with 75% of the young mothers actively engaging in discussion and conversation simulations. After the training, most participants showed improvement in their speaking skills, demonstrated the ability to pronounce new vocabulary and practiced simple conversations in everyday situations. This program also encouraged continuous learning motivation through relevant materials, an enjoyable atmosphere and commitment to build a bilingual family. It is concluded that the “Modern English for Daily Needs” program has proven to be effective and innovative in enhancing the contextual English literacy of young mothers, and it is worthy of further development with a more targeted duration and targeted skill assessment.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aminatun, D., Alita, D., Rahmanto, Y., & Dwi Putra, A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Interaktif Di SMK Nurul Huda Pringsewu. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS), 1(2), 66–71. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/141-450-1-PB.pdf
Anindita, W. K. (2021). Pelatihan Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada “Giving & Asking Direction” Bagi Ibu-Ibu Puri Buran Indah Karanganyar. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 204–211. https://doi.org/10.53363/bw.v1i2.17
Azizah, Y. A. N., Desyanty, E. S., & Ahmad, A. (2023). Literasi Bahasa Inggris Ibu Rumah Tangga: Studi Kasus Desa Inggris Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 355–361. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p355-361
Connaughton Crean, L., & Ó Duibhir, P. (2025). ‘They started school and then English crept in at home’: Insights into the influence of forces outside the family home on family language policy negotiation within Polish transnational families in Ireland. Education Sciences, 15(6), 732.
Ilyas, R., & Kustini, T. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Kepada Ibu-Ibu Usia Produktif Untuk Membantu Mendampingi Anak Dalam Pebelajaran Daring Di Masa Pandemi Di Desa Sukamenak Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka. BERNAS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 768–774. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1140
Jayadi, A., Widiyanti, P., Sari, G. M., & Qulub, F. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan dalam Bidang Bahasa dan Budaya di Desa Kare Kabupaten Madiun. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 2027–2034. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3532
Larasati, N. A., Qodariah, L., & Joefiani, P. (2021). Studi Deskriptif Mengenai Parenting Self-Efficacy Pada Ibu Yang Memiliki Anak Dengan Autism Spectrum Disorder. Journal of Psychological Science and Profession, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i1.26717
Makrifah, I. A., Rofi’ah, S., & Widiarini, W. (2020). Pelatihan Berbahasa Inggris bagi Ibu-ibu PKK Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro Blitar sebagai Strategi Pendampingan Anak Berbahasa Inggris Sejak Dini Istina. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(2), 130–134. https://journal.unublitar.ac.id/jppnu/index.php/jppnu/article/view/24
Maulana, C., Dewi, M., & Sitohang, N. (2020). Pelatihan Pengembangan Komunikasi Bahasa Inggris Bagi Ibu Bhayangkari Di Polsek Porsea. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i1.394
Meyer, F., Johansz, D., Laumaly, A., Porumau, D., Lestari, L., Sugiarto, S., & Jahlana, Y. (2023). Pembelajaran Outdoor Learning “Pohon Singgah” Berbasis Lingkungan dan Teknologi pada Anak-Anak di Desa Patti. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.59025/js.v2i2.115
Moelyono, C. A., & Sumargi, A. M. (2025). Peran Dukungan Sosial terhadap Parenting Self-Efficacy Ibu Bekerja dengan Anak Usia Dini. Psychopreneur Journal, 9(1), 29–40. https://doi.org/10.37715/psy.v9i1.4698
Muslimin, A. I. (2020). Pemberdayaan masyarakat untuk merintis kampung Inggris di Desa Kalipakem Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Transformasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 27–42. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2144
Nareswari, E. D., Wulandari, P. Y., & Fardana, N. A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Bilingual terhadap Self-Efficacy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1–5. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6023%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/6023/5045
Nguyen, T., Schleihauf, H., Kayhan, E., Matthes, D., Vrtička, P., & Hoehl, S. (2021). Neural synchrony in mother-child conversation: Exploring the role of conversation patterns. Social Cognitive and Affective Neuroscience, 16(1–2), 93–102. https://doi.org/10.1093/scan/nsaa079
Pipin, A., Ludovikus, Ellynia, & Martini. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak Dengan Menggunakan Flashcard Di Sd Mathla’ul Anwar, Kelurahan Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jurnal Abdimas Pamenang, 1(2), 39–43. https://doi.org/10.53599/jap.v1i2.160
Rahmasari, B. S., Chasanatun, T. W., Azzahra, S. N., & Septiyani, D. C. (2022). Workshop Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru TK Dan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Canva. Abdimas Ekodiksosiora. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora, 2(2), e-ISSN: 2809-3917. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.3971
Risarani, S. T., Syafrudin, U., & Oktarina, R. (2023). Pemerolehan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Edu Cendikia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 204–212. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2435
Rohmah, F., Wahidah, N., & Dinah, A. (2025). Parenting Self-Efficacy and Grit among Mothers with Stunting Children in Indonesia. 5(1).
Rudianto, G., & Simanjuntak, D. S. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris Untuk Ibu-Ibu PKK RT 06 RW 16 Kelurahan Sungai Langkai Kecamatan Sagulung Batam. Puan Indonesia, 2(1), 72–82. https://doi.org/10.37296/jpi.v2i1.19
Tang, F., & Calafato, R. (2025). Family language policy: The impact of multilingual experiences at university and language practices at home. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism. Advance online publication, 28(1), 92–107. https://doi.org/10.1080/13670050.2024.2409114
Tri Widarwati, N., Arianti, A., & Wijayava, R. (2023). Pelatihan Vocabulary Building melalui Objects, Materials, Shapes and Colours bagi Guru TK di Mojolaban. Cendekia. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 8–16. https://doi.org/10.32503/cendekia.v5i1.2902
Wahyuningsih, S., & Mua’dib, M. G. (2023). The Role of Parents in Enhancing Children’s English Skills: Evidence from Indonesia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(2), 187–197. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i2.14309
Winarti, O. (2023). Types of messages used by mothers to communicate the children: conversation analysis. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 7(1), 285–296. https://doi.org/10.25139/jsk.v7i1.6154
Wulandari, A. B., Heryanti, R., Dwiki Reza Usman, R., & Ridha, A. (2022). A Case Study of Parental Involvement in Fostering Their Child’s English-Speaking Skills How to Cite. IRJE |Indonesian Research Journal in Education| |Vol. 6| No. 2|Dec|Year 2022| Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 6(2), 394.
Zabrodskaja, A., Meir, N., Karpava, S., Ringblom, N., & Ritter, A. (2023). Family language policies of multilingual families during the COVID 19 pandemic: Evidence from Cyprus, Estonia, Germany, Israel, and Sweden. Languages, 8(4), 263. https://doi.org/10.3390/languages8040263
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ela Kristi Permatasari, Aldin Ramdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: