EDUKASI PARENTING DALAM MENANGANI STRES PADA ANAK USIA DINI: PENGUATAN PERAN ORANG TUA DI LINGKUNGAN KELUARGA
Abstract
Abstrak: Masa usia dini merupakan periode krusial dalam perkembangan anak, khususnya dalam aspek mental dan emosional. Salah satu faktor yang dapat menghambat perkembangan tersebut adalah stres yang tidak tertangani dengan baik. Pola asuh yang kurang tepat, konflik keluarga, serta kurangnya pemenuhan kebutuhan emosional anak menjadi pemicu utama gangguan stres. Oleh karena itu, peran keluarga, khususnya orang tua, sangat penting dalam mengenali dan menangani stres pada anak usia dini. Edukasi parenting menjadi sangat penting sebagai upaya preventif bagi orangtua sebagai penguatan peran keluarga dalam menangani stres pada anak usia dini. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam mengenali, merespons, dan mengelola stres anak secara tepat melalui pendekatan edukatif-partisipatif. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2025 di TK Dharma Bakti IV, Kasihan, Bantul, dengan melibatkan 37 ibu dari siswa TK. Edukasi diberikan dalam bentuk penyuluhan, diskusi interaktif, dan simulasi studi kasus. Hasil pre-test menunjukkan 27% peserta memiliki pengetahuan yang baik tentang stres pada anak usia dini, yang kemudian meningkat menjadi 95% pada post-test. Hasil ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman orang tua. Kegiatan pengabdian ini membuktikan bahwa edukasi parenting mampu memperkuat peran keluarga dalam mendukung kesehatan mental anak usia dini melalui pengasuhan yang lebih responsif dan suportif.
Abstract: Early childhood is a crucial period in a child's development, particularly in terms of mental and emotional aspects. One factor that can hinder this development is stress that is not properly managed. Inappropriate parenting styles, family conflicts, and the failure to meet a child's emotional needs are the primary triggers of stress-related disorders. Therefore, the role of the family, particularly parents, is crucial in recognizing and addressing stress in young children. Parenting education is vital as a preventive measure for parents to strengthen the family's role in managing stress in young children. The aim of this activity is to enhance parents' knowledge and skills in recognizing, responding to, and managing children's stress appropriately through an educational-participatory approach. The activity was conducted on February 28, 2025, at Dharma Bakti IV Kindergarten, Kasihan, Bantul, involving 37 mothers of kindergarten students. Education was provided in the form of lectures, interactive discussions, and case study simulations. Pre-test results showed that 27% of participants had good knowledge about stress in young children, which increased to 95% in the post-test. These results indicate a significant improvement in parents' understanding. This community service activity demonstrates that parenting education can strengthen the family's role in supporting the mental health of young children through more responsive and supportive care.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Chaplin, T. M., Turpyn, C. C., Fischer, S., Martelli, A. M., Ross, C. E., Leichtweis, R. N., Miller, A. B., & Sinha, R. (2021). Parenting-Focused Mindfulness Intervention Reduces Stress and Improves Parenting in Highly Stressed Mothers of Adolescents. Mindfulness, 12(2), 450–462. https://doi.org/10.1007/s12671-018-1026-9
Cost, K. T., Mudiyanselage, P., Unternaehrer, E., Korczak, D. J., Crosbie, J., Anagnastou, E., Monga, S., Kelley, E., Schachar, R., Maguire, J., Arnold, P., Burton, C. L., Georgiades, S., Nicolson, R., Birken, C. S., & Charach, A. (2023). The role of parenting practices in parent and child mental health over time. BJPsych Open, 9(5), e147. https://doi.org/10.1192/bjo.2023.529
de Maat, D. A., Schuurmans, I. K., Jongerling, J., Metcalf, S. A., Lucassen, N., Franken, I. H. A., Prinzie, P., & Jansen, P. W. (2022). Early life stress and behavior problems in early childhood: Investigating the contributions of child temperament and executive functions to resilience. Child Development, 93(1). https://doi.org/10.1111/cdev.13663
Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328
Dian Ayuningrum, L., Yugistyowati, A., Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan, P., Ilmu-Imu Kesehatan, F., Alma Ata, U., Studi DIII Kebidanan, P., & Ilmu-Ilmu Kesehatan, F. (2024). Manfaat Yoga Dalam Perkembangan Anak: Literature Review. Medical Journal Of Al-Qodiri Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 9(1), 11–19.
Doepke, M., & Zilibotti, F. (2024). The role of parenting in child development. Oxford Open Economics, 3(Supplement_1), i741–i748. https://doi.org/10.1093/ooec/odad074
Hudson, J. L., Minihan, S., Chen, W., Carl, T., Fu, M., Tully, L., Kangas, M., Rosewell, L., McDermott, E. A., Wang, Y., Stubbs, T., & Martiniuk, A. (2023). Interventions for Young Children’s Mental Health: A Review of Reviews. Clinical Child and Family Psychology Review, 26(3), 593–641. https://doi.org/10.1007/s10567-023-00443-6
Indrawati, T. (2020). Efektivitas Program Positif Parenting Dalam Mengurangi Stres Pengasuhan pada Ibu Muda. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 201–215. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7251
Kurniati, N., Rejeki, S., Nizar, M., Purwanti, O. S., & Fitria, C. N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua “Toxic Parents” bagi Kesehatan Mental Anak Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 157–166. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23174
Lin, M.-L., & Faldowski, R. A. (2023). The Relationship of Parent Support and Child Emotional Regulation to School Readiness. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(6), 4867. https://doi.org/10.3390/ijerph20064867
Musonah, N., Ayuningrum, L. D., & Subarto, C. B. (2023). Hubungan Peran Ibu Terhadap Perkembangan Balita Usia 3-5 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Gamping I. Jurnal Genta Kebidanan, 13(1), 38–44. https://doi.org/10.36049/jgk.v13i1.159
Pradini, S., Nopiana, N., & Fatmawati, N. (2025). The Role of Parents in Building Resilience in Early Childhood. Journal of Early Childhood Education (JECE), 6(2), 154–167. https://doi.org/10.15408/jece.v6i2.43798
Rahma, S. A., Ikhsan, A. P. P., & Yemima, D. (2024). Dampak Pengabaian Orang Tua Terhadap Regulasi Emosi Anak. Jurnal Psikologi, 1(4), 18. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2649
Rianti, R., Suryani, A., Munawaroh, L., Nuraida, N., & Maryatin, E. (2023). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUDQU Al Karim Mangunjaya. Pendekar :Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(3), 203–212. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.321
Rostiawan, F. F., Febriansyah, A. D., & Mu’arifah, A. (2025). Peran Pergaulan antar Teman dalam Menjaga Kesehatan Mental dan Emosional. Indonesian Journal of Educational Counseling, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.30653/001.202591.477
Ryan, R., O’Farrelly, C., & Ramchandani, P. (2017). Parenting and child mental health. London Journal of Primary Care, 9(6), 86–94. https://doi.org/10.1080/17571472.2017.1361630
Sari, U. K., & Sulistiyaningsih, R. (2023). Parenting Style to Reduce Academic Stress in Early Childhood during The New Normal. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 82–93. https://doi.org/10.23917/indigenous.v8i1.19562
Sunariyadi, N. S., & Yuni Andari, I. A. M. (2021). Implikasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266
Suryana, D., Mayar, F., & Sari, R. E. (2021). Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 341–352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296
Ulfasari, N., Ena anita, Santika, Dhea Sakila Defanti, Amanda Rizqiah, Laila Utyani Putri, & Muhammad Wahyu Nurdinnullah. (2025). Penyuluhan Mengenai Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak Usia Dini Pada Orang Tua di Paud Kasih Bersama Desa Harapan Makmur Bengkulu Tengah. Journal of Community Empowerment, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/jacom.v3i1.38942
Westrupp, E. M., Bennett, C., Berkowitz, T., Youssef, G. J., Toumbourou, J. W., Tucker, R., Andrews, F. J., Evans, S., Teague, S. J., Karantzas, G. C., Melvin, G. M., Olsson, C., Macdonald, J. A., Greenwood, C. J., Mikocka-Walus, A., Hutchinson, D., Fuller-Tyszkiewicz, M., Stokes, M. A., Olive, L., … Sciberras, E. (2023). Child, parent, and family mental health and functioning in Australia during COVID-19: comparison to pre-pandemic data. European Child & Adolescent Psychiatry, 32(2), 317–330. https://doi.org/10.1007/s00787-021-01861-z
Yugistyowati, A., Wahyuningsih, & Darsih. (2021). Pemberdayaan Keluarga Dengan Anak Stunting Melalui Paket Si-Gans (Stimulasi, Imunisasi, Gizi Dan Pencegahan Infeksi) di Desa Argodadi, Sedayu, Bantul. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 13–21. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.352
Zahroh, F., Habibi, M., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2022). Strategi Orang Tua dalam Menangani Gejala Stres pada Anak TK B Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 129–136. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42564
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lia Dian Ayuningrum, Silvia Rizki Syah Putri, Alifa Risda Fadilasa, Nelli Yendena, Dewi Humairo Nailatul Izzaha, Ramadini Agusti Fajriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: