HABITUASI GERAKAN LITERASI-NUMERASI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tim pengabdian terdiri dari peserta kampus mengajar sebanyak 5 orang mahasiswa yang berasal dari universitas Riau, universitas islam riau, dan STMIK AMIK Riau dan seorang dosen pembimbing lapangan (DPL). Adapun yang menjadi sekolah mitra dalam pengabdian ini adalah sebuah sekolah dasar di kabupaten Kampar, Riau. Pengabdian dilakukan kurang lebih selama 5 bulan. Selama masa pengabdian, habituasi gerakan literasi-numerasi dilakukan dengan berbagai kegiatan diantaranya private membaca, mading, pembuatan poster, membaca nyaring, festival literasi, kunjungan rutin antar kelas ke perpustakaan, pohon numerasi, dan media pembelajaran numerasi. Metode yang dilakukan meliputi sosialisasi dan habituasi melalui pendekatan partisipatif. Kegiatan dilakukan setiap hari dan di akhir kegiatan dilakukan evaluasi melalui pre test dan post test AKM. Hasil pretest menunjukkan presentase nilai literasi sebesar 80% dan numerasi sebesar 72%. sedangkan hasil posttest menunjukkan peningkatan pada literasi dengan presentase 85%, namun presentase numerasi mengalami penurunan menjadi 65%. Direkomendasikan agar kegiatan habituasi literasi-numerasi ini dapat terus dilanjutkan oleh pihak sekolah guna meningkatkan kecerdasan literasi numerasi peserta didik.
Abstract: The community service team consisted of five campus teaching participants from the University of Riau, the Islamic University of Riau, and STMIK AMIK Riau, and a field supervisor (DPL). The partner schools in this community service were two elementary schools in Kampar Regency, Riau. The community service was carried out for approximately five months. During the community service period, habituation of the literacy-numeracy movement was carried out through various activities including private reading, wall magazines, poster making, reading aloud, literacy festivals, regular visits between classes to the library, numeracy trees, and numeracy learning media. The methods used included socialization and habituation through a participatory approach. Activities were carried out every day and at the end of the activity, an evaluation was carried out through a pre-test and post-test AKM. The pre-test results showed a literacy score of 80% and a numeracy score of 72%. While the post-test results showed an increase in literacy with a percentage of 85%, but the numeracy percentage decreased to 65%. It is recommended that this literacy-numeracy habituation activity can be continued by the school to improve the numeracy literacy intelligence of students.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Akbar, A. (2017). Membudayaan Literasi dengan Program 6M. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52.
amriani, siti suryani, nurul fitriani. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan Lima dalam Adaptasi Teknologi di SD Inpres Bistio. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 127–135.
Annida Azhari Ritonga, Atikah Zahrani Purba, Fadhillah Hilmi Nasution, Fenika Adriyani, & Yunita Azhari. (2023). Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Kelas Tinggi Di Tingkat Mi/Sd. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 102–113. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.988
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2021). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.
Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339
Hariyanti. (2023a). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnl Moral Kemasyarakatan, 8(2), 133–146.
Hariyanti, et all. (2023b). Kampus mengajar angkatan 4 dan peningkatan literasi numerasi peserta didik berkebutuhan khusus. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2), 1482–1496.
Hariyanti, et al. (2023c). Campus teaching: an effort to enhance the primary education quality in remote area. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(2), 122–138.
Kartasasmita, S., Handayani, D., Istianah, A., & Cahya, G. (2024). Analyzing roles, challenges and opportunities of the participants of “campus teaching program” in elementary school. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 7(3), 138–147.
Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37.
Mengajar, T. P. K. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023. Diterbitkan Oleh: Program Kampus Mengajar Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Mengajar, T. program kampus. (2022). buku panduan kampus mengajar angkatan 4. In Kementerian Pendidikan Kebudayaan, riset dan teknologi.
Pardede, S. D., Pardede, S., & Siregar, H. A. (2022). Analisis kegiatan Kampus Mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5422–5431.
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938
Satyahadewi, N., Amir, A., Ashari, A. M., Apindiati, R. K., & Hartanti, L. (2022). Penguatan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 622–628. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.962
Sukma, E., Indrawati, T., & Suriani, A. (2020). Penggunaan Media Literasi Kelas Awal di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 103. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107623
Tobing, E., Junaedi, Irbath, N., Wagiran, Ginting, M., Putri, A. A., Jesica, A. M., Sunarni, R. R., Cahyono, E., Hendrastomo, G., Nursa’ban, M., Sondang, A., Fitriana, N., WY, H. J., Sampe, M. Z., Sandi, F. A., & Aryo, R. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar angkatan 3 tahun 2022. Diterbitkan oleh: Program Kampus Mengajar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Catatan.
Widhiasih, L. K. S., & Dharmayanti, P. A. P. (2017). Strategi Membaca Nyaring Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 96. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.967
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hambali, Hariyanti, Radini, Hamdi Abdullah Hasibuan, Filma Alia Sari, Anif Istianah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: