EDUKASI PANGAN JAJAN ANAK SEKOLAH (PJAS) SD PLUS AL-ASHRI MAKASSAR
Abstract
Abstrak: Keamanaan pangan jajanan anak sekolah(PJAS) menjadi perhatian penting karena dikonsumsi sekitar 98,9% anak setiap harinya dan menyumbang hingga 50% kebutuhan energi serta protein tubuh. Kasus keracunan Indonesia yang paling sering dilaporkan tahun 2004-2014 adalah keracunan akibat pangan jajanan dan pangan olahan. Data BPOM 2023, dari 9.262 sampel uji terdapat 102 sampel mengandung 0,53% formalin, 0,39% Rhodamin B dan 0,28% boraks. Konsumsi PJAS yang tidak aman secara terus-menerus memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Tujuan untuk mengedukasi siswa dan guru SD Plus Al-Ashri tentang pentingnya jajanan sehat dan bergizi serta bahaya zat adiktif yang terkandung dalam jajanan. Metode yaitu penyuluhan dan permainan edukasi menggunakan kuartet PJAS. Jumlah peserta sebanyak 25 orang, terdiri dari 23 siswa kelas VI dan 2 orang guru. Evaluasi dilakukan dengan pretest dan posttest, indikator keberhasilan yaitu peserta memperoleh posttest nilai diatas 70 sebanyak 70% dengan rata-rata peningkatan 25%. Hasil yaitu peningkatan persentase jumlah nilai diatas 70 dari 44 % menjadi 100% saat post test dengan rata-rata peningkatan 40,08%.
Abstract: The safety of school snacks is a crucial concern because they are consumed by approximately 98.9% of children daily and contribute up to 50% of the body's energy and protein needs. The most frequently reported cases of poisoning in Indonesia from 2004 to 2014 were those caused by snacks and processed foods. According to BPOM data from 2023, of 9,262 test samples, 102 contained 0.53% formalin, 0.39% Rhodamine B, and 0.28% borax. Continuous consumption of unsafe snacks has negative health impacts. The aim was to educate students and teachers at Al-Ashri Plus Elementary School about the importance of healthy and nutritious snacks and the dangers of addictive substances contained in them. The method used was counseling and educational games with the PJAS Quartet. The number of participants was 25; it consisted of 23 sixth-grade students and 2 teachers. The evaluation was conducted using a pretest and posttest. The success indicator was that 70% of participants obtained a posttest score above 70, with an average increase of 25%. The results showed an increase in the percentage of scores above 70 from 44% to 100% during the posttest, with an average increase of 40.08%.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Amni Idrus, D., & Reni Agustina, D. (2024). Analysis of the Effectiveness of Food Safety of School Snacks Program in Changing Knowledge. ERUDITIO, 4(2), 145–157.
Febrianis, A. (2023). Pengawasan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Di Kota Solok Tahun 2023. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9631-9643
Ihsan, B. R. P., Putri, A. R., Muchlashi, L. A., & Bahar, Muh. A. (2025). Penyuluhan Keamanan Makanan dan Kantin Sehat pada Siswa SD Menggunakan Buku Cerita. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 2367. https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29574
Imara Ihsan, N., Dida, S., & Lusiana, E. (2024). Peran Role Model dalam Edukasi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Praksis Dan Dedikasi (JPDS, 7(1), 85–93. https://doi.org/10.17977/um022v7i1p85-93
Inayah, A., Fitri, A., Nur Amanah, S., Salsabila, S. S., Siti Sopiah, S., & Nurul Rohimah, S. (2024). Permainan ULTAJAS (Ular Tangga Jajanan Sehat) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Tentang PJAS (Pangan Jajanan Anak Sekolah). Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 83–90. https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i2.264
Indah, M. Y., Bahar, H., & Hikmawati, Z. (2025). Gambaran Jajanan Sehat dan Perilaku Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di SD. HEALTHY : Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 4(1), 49-57
Indrawati, A., Haris, R., & Hafidah, A. (2024). Pemberdayaan Lingkungan Sekolah melalui Program Kantin Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 6159. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.26991
Komalasari, E., & Widiawati, D. (2020). Tingkat Kepatuhan Pedagang Pangan Jajanan terhadap Cara Produksi Pangan yang Baik. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, 5(3), 130-135
Latif, A., Priatna, A., & Suwarni, W. (2024). Edukasi Ketahanan Pangan melalui Permainan Kartu Kuartet pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat (KNPPM). 9, 12
Nanda Sari, T., Agusty Putri, S., Sulfakar, S., & Kartikasari Sebba, A. (2025). Analisis Pengetahun tentang Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) terhadap Sikap Jajan pada Peserta Didik SDN 007 Lantora Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kesehatan, 8(1), 140-153 https://doi.org/10.56467/jptk.v8i1.358
Rima Sintyadewi, P., Ayu Putu Ary Widnyani, I., Gusti Agung Yogi Rabani, I., Treesna Wulansari, N., Ngurah Dwi Ariesta Wijaya Putra, A., Studi Sarjana Teknologi Pangan, P., Teknologi, F., & Teknologi dan Kesehatan Bali, I. (2024). Peningkatan Pengetahuan tentang Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah pada Siswa SMK Sanjiwani Gianyar melalui Penyuluhan. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 4(1), 58-63. https://ejournal.itekes-bali.ac.id/jai
Rivaldi, M. T., Okfrianti, Y., & Wahyudi, A. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Implementasi Cara Pengolahan Pangan yang Baik (CPPB) di Industri Rumah Tangga Pangan Kota Bengkulu Tahun 2023. SHR: Svasta Harena Raflesia, 2(2), 73-81
Sanjaya, K., & Pitriani. (2024). Edukasi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dengan Media Belajar Kreatif untuk Peningkatan Pengetahuan Siswa Di SDN Tondo Kota Palu. Jurnal Dedikatif Kesehatan Masyarakat, 5(I). 32-38 https://doi.org/10.22487/dedikatifkesmas.v5i1.1628
Saputro, G. I., Handajani, S., Bahar, A., & Dewi, R. (2022). Game Card sebagai Media Edukasi Konsumsi Jajanan Sehat untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa SD. 11(1), 50–58. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/
Sri Wulandari, N., Sofyana, H., & Kusmiati, S. (2022). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Anak Sekolah Dasar Usia 10-12 Tahun dalam Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS). Jurnal Keperawatan Indonesia Florence Nightingale, 2(1), 73-86.
Syarifuddin, S., Afni Ponseng, N., Latu, S., & Ade Ningsih, N. (2022). Edukasi Jajanan Sehat pada Anak Usia Sekolah. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(1), 316-320
Wulandari, S., Ismoyo Aji, R., Izzah, N., & Eka Permanasari, D. (2022). Perancangan E-Booklet tentang Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Berbahaya untuk Siswa SD. ARS: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 25(1), 71–78.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nangsih Sulastri Slamet, Hasni, Suriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: