MENUJU SEKOLAH TAHAN BENCANA: PENGUATAN LITERASI DAN SIMULASI SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA DI WILAYAH RAWAN BANJIR
Abstract
Abstrak: Bencana alam merupakan ancaman nyata bagi keberlangsungan proses pendidikan, terutama di wilayah yang memiliki tingkat kerentanan tinggi. Sekolah sebagai institusi pendidikan formal memiliki peran strategis dalam membentuk budaya sadar bencana melalui penguatan literasi kebencanaan dan keterampilan mitigasi risiko sejak dini. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan warga sekolah, khususnya pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri dalam menghadapi situasi darurat, melalui penerapan prinsip Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan metode ceramah interaktif, diskusi partisipatif, dan simulasi penyelamatan diri. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 78% peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap materi kebencanaan, 65% mampu mengidentifikasi jalur evakuasi dan titik kumpul, serta 52% merasa lebih percaya diri menghadapi keadaan darurat. Antusiasme peserta dan dukungan pihak sekolah menjadi faktor pendukung utama, sedangkan keterbatasan waktu menjadi kendala dalam pendalaman praktik. Rekomendasi yang dihasilkan meliputi integrasi SPAB ke dalam kurikulum, penyediaan sarana evakuasi dan alat keselamatan yang memadai, serta penguatan kolaborasi lintas sektor. Program ini berpotensi direplikasi di berbagai satuan pendidikan sebagai model penguatan kesiapsiagaan bencana berbasis sekolah.
Abstract: This Community Service Program (PkM) aimed to strengthen school preparedness for disasters by implementing the Safe School Program (SPAB) at SMA Negeri 2 Kupang Timur, Kupang Regency, East Nusa Tenggara. The school is located in a flood-prone area but lacks a disaster curriculum, mitigation infrastructure, and preparedness training. The program was implemented in three phases: preparation, implementation, and evaluation. Methods included lectures, participatory discussions, and self-rescue simulations during earthquake scenarios. The implementation phase demonstrated strong enthusiasm from students and teachers and solid support from the school and local government. Evaluation results showed that 78% of participants improved their understanding of SPAB content, 65% could identify evacuation routes and assembly points, and 52% felt more confident in responding to emergencies at school. Time constraints were noted as a limitation in delivering in-depth practice and discussion. Recommendations include integrating SPAB into the school curriculum, improving safety infrastructure and equipment, and fostering multi-sectoral collaboration. The program is expected to be a replicable model for promoting disaster awareness and preparedness in other schools.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aka, F. T., Buh, G. W., Fantong, W. Y., Issa, Zouh, I. T., Djomou, S. L. B., Ghogomu, R. T., Gibson, T., Marmol del, M. A., Sigha, L. N., Ohba, T., Kusakabe, M., Yoshida, Y., Tanyileke, G., Nnange, J. M., & Hell, J. V. (2017). Disaster prevention, disaster preparedness and local community resilience within the context of disaster risk management in Cameroon. Natural Hazards, 86(1) 57-88. https://doi.org/10.1007/s11069-016-2674-5
Apriyanti, W. (2019). Implementasi Program Mitigasi Bencana Melalui Sekolah Siaga Bencana di SD Negeri Baluwarti, Kotagede, Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 8(2) 123-133.
Ferianto, K., & Hidayati, U. N. (2019). Efektifitas Pelatihan Penanggulangan Bencana Dengan Metode Simulasi Terhadap Perilaku Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Sman 2 Tuban. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.110
Haryuni, S. (2018). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di “Yayasan Hidayatul Mubtadiin Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(2) 133-139. https://doi.org/10.32831/jik.v6i2.167
Melvia, M., & Alhadi, Z. (2020). Hambatan Pelatihan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Perspektif, 3(3) 393-397. https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i3.288
Nigia Deta Anggriani, Riri Sahri Soumi, Septiani Purnama Sari, Athirah Syaima Nursyamsa, Ichsan Fauzi Pangestu, Sabila, Dian Aprilita, Dini Eka Fitriani, Ni Nyoman Nopiantari Sasmita, & Muhammad Andrian Wijaya. (2022). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi SOP Mitigasi Bencana Banjir dan Gempa Bumi di SMKN 1 Sekotong Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1) 184-189. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1410
Noviani, R., Muryani, C., Sugiyanto, S., Ahmad, A., Sarwono, S., & Prihadi, S. (2023). Literasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) untuk Meningkatkan Kapasitas MGMP Geografi Kabupaten Boyolali. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 12(2) 208-215. https://doi.org/10.20961/semar.v12i2.76890
Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1) 68. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.200
Pah, T. I. K., Pradana, I. P. Y. B., Niga, J. D., Mau, A. O. E., Rene, M. O., Neolaka, G. O. O., & Langaih, N. E. (2023). Strategi Perempuan Usia Subur Dalam Pencegahan Stunting Di Kota Kupang. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(12), 4569–4574. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/13806
Pradana, I. P. Y. B., Andayana, M. N. D., Toda, H., Pah, T. I. B. K., Benyamin, R. A., Ibiruni, W. F. U., & Wijayanti, N. S. (2024). Workshop Penguatan Kapasitas Kader Kesehatan Untuk Pencegahan Stunting Pada Daerah Rawan Bencana Di Timor Tengah Selatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 5041–5053. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26530
Pradana, I. P. Y. B., Ngurah, M., Andayana, D., Toda, H., Intan, T., Kurniati, B., Benyamin, R. A., Febrianus, W., Ibiruni, U., & Wijayanti, N. S. (2024). Workshop Penguatan Kapasitas Kader Kesehatan Untuk Pencegahan Stunting Pada Daerah Rawan Bencana Di Timor Tengah Selatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 6–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26530
Purwaningsih, M. R. (2022). Pelaksanaan Musrenbang Daerah Dalam Proses Perencanaan Dan Penganggaran Partisipatif. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 6(1), 151–164. https://doi.org/10.32630/sukowati.v6i1.346
Samad, M. A., Tawil, Y. P., & Kafi, M. K. Al. (2019). Manajemen Resiko Bencana Kota Palu. Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia, September.
Saputra, iwan A., Rahmawati, & Maliki, R. Z. (2021). Pendampingan Pemetaan Partisipatif Satuan Pendidikan Aman Bencana. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9.
Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1) 47-59. https://doi.org/10.22146/jkn.33142
Sholikhah, E., Astuti Dwiningrum, S. I., & Suryo Sumunar, D. R. (2020). Kebijakan sekolah dalam membangun budaya tanggap bencana. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(2). https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.27023
Sopacua, Y., & Salakay, S. (2020). Sosialisasi Mitigasi Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon. Communicare : Journal of Communication Studies, 7(1) 1-17. https://doi.org/10.37535/101007120201
Stoklosa, H., Burns, C. J., Karan, A., Lyman, M., Morley, N., Tadee, R., & Goodwin, E. (2021). Mitigating trafficking of migrants and children through disaster risk reduction: Insights from the Thailand flood. International Journal of Disaster Risk Reduction, 60, 102268. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102268
Sudrajad, B., Napitupulu, D., & Rhofiq, A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi InaRISK Personal Kepada Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Upaya Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Kota Jayapura. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3) 440-449. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i3.423
Syamsuddin, S., Alaa, S., Ahyana, R., Kurniawidi, D. W., Ayub, S., & Zuhdi, M. (2023). Simulasi Sekolah Aman Bencana di SMKN 1 Kuripan Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Bencana di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 4((1)) 9-12. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(1).175
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi Pendidikan Kebencanaan di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka tentang Problematika dan Solusinya). Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(2) 136-154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093
Virgiani, B. N., Aeni, W. N., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana dengan Metode Simulasi terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana : Literature Review. Bima Nursing Journal, 3(2) 156-163. https://doi.org/10.32807/bnj.v3i2.887
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 I Putu Yoga Bumi Pradana, Syukur Muhaimin Adang Djaha, Ardy Pandie, Andreas Penni, Arsenius A. R. Baru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: