PELATIHAN PENYUSUNAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI PENDIDIK PAUD

Beata Palmin, Emilia Graciela Mega Taran, Maria Fatima Mardina Angkur

Abstract


Abstrak: Data hasil penelitian yang dilakukan pada bulan Juni-Agustus tahun 2024 menunjukkan bahwa belum ada satu pun lembaga PAUD di PKG Rahong Utara yang memiliki dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP), lebih khusus KSP berbasis kearifan lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pendidik di PKG Bintang Utara dalam menganalisis karakteristik satuan PAUD, merumuskan visi misi sesuai konteks local, menyusun pengorganisasian pembelajaran yang kontekstual, menyusun alur tujuan pembelajaran serta perangkar pembelajaran kurikulum merdeka yang sesuai dengan kondisi lokal. Kegiatan ini melibatkan 15 orang pengelola dan pendidik yang merupakan perwakilan dari 5 lembaga PAUD di PKG Rahong Utara. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dan metode workshop karena berorientasi pada pemberdayaan mitra untuk memenuhi kebutuhan dan penyelesaian masalah berkaitan dengan kurangnya kompetensi dalam merancang kurikulum satuan pendidikan berbasis kearifan lokal. Evaluasi kegiatan dilakukan menggunakan metode Summative Evaluation yang diukur berdasarkan indikator keberhasilan kemampuan pendidik PAUD sebesar 100% dalam merancang dokumen KSP yang kontekstual sesuai dengan potensi lokalnya masing-masing dan tersedianya 100% dokumen kurukulum berbasis kearifan local. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa a) terjadi peningkatan kemampuan pendidik PAUD sebesar 100% dalam merancang dokumen KSP yang kontekstual sesuai dengan potensi lokalnya masing-masing; b) tersedianya dokumen kurukulum berbasis kearifan lokal pada 5 (100%) lembaga PAUD yang terlibat.

Abstract: Data from research conducted between June and August 2024 shows that none of the early childhood education institutions in PKG Rahong Utara have an Education Unit Curriculum (KSP) document, specifically a KSP based on local wisdom. This activity aims to enhance the capabilities of educators at PKG Bintang Utara in analyzing the characteristics of early childhood education institutions, formulating vision and mission statements aligned with the local context, designing contextualized learning organization, developing learning objective sequences, and creating curriculum-based learning tools that are appropriate for local conditions. This activity involved 15 managers and educators representing five PAUD institutions in PKG Rahong Utara. The community service was conducted using a Participatory Action Research (PAR) approach and workshop method, as it was oriented toward empowering partners to address needs and resolve issues related to the lack of competence in designing local wisdom-based educational unit curricula. The activity was evaluated using the Summative Evaluation method, measured based on the success indicators of PAUD educators' ability to design contextual KSP documents aligned with their respective local potentials, achieving 100% success, and the availability of 100% curriculum documents based on local wisdom. The results of the activity show that a) there has been a 100% increase in the ability of early childhood educators to design contextual KSP documents in accordance with their respective local potentials; b) the availability of local wisdom-based curriculum documents in 5 (100%) participating early childhood education institutions.


Keywords


Training; ECE Educators; Curriculum; Local Wisdom.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Schooling progress, learning reversal: Indonesia’s learning profiles between 2000 and 2014. International Journal of Educational Development, 85(June). https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436

Dilla, R. F. (2019). Manajemen Keuangan Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Wealth Management : Studi di TK Ceria Demangan Baru Yogyakarta. 4(November), 353–371.

Direktorat GTK PAUD. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini.

Egistiani, S., Wibowo, D. V., Nurseha, A., & Kurnia, T. (2023). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045. Educatio, 17(2), 141–152. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.6859

Fauzi, I., & Srikantono. (2013). Kurikulum Bahan Ajar PAUD (Untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa dan Para Praktisi Pendidikan). In Kurikulum Bahan Ajar PAUD. SUPERIOR.

Hadi Siswanto. (2014). Permasalahan Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Anak Usia Dini. Cendekia, 8(2), 137–150.

Hastasasi. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, April, 118.

Indrawati, I., Na’imah, N., Sope, Y. A., & Susanti, T. (2024). Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Singapura dan Indonesia: Refleksi dan Implikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1197–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6034

Juairia, Sapitri, A. P., Wulandari, Audina, M., & Wulandari, R. (2022). Peran Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, 1(3), 298–306.

Kemdikbud, D. P. (2014). Permendikbud 146 Tahun 2014.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2024). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. kurikulum.kemdikbud.go.id

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, S. G., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (Rosyiful (ed.); 1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kurniawan, M. W., & Lutfiana, R. F. (2021). Penguatan Nilai-nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal Di SMA Se-Malang Raya. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 61–70. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/15254

Kusuma, S. R. (2018). Peran Sentral Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pedagogik, 05(02), 228–239. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Lestari, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Tinjauan Kritis dari Perspektif Guru. Pernik, 7(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15582

Lidyasari, A. T., Purwanta, E., Maryatun, I. B., Anggito, A., Ningrum, D. S. C., & Utami, S. U. P. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru PAUD dalam Pelatihan Pengembangan Kurikulum berbasis Local Wisdom. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 905–914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6099

Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327

Mimin, E. (2023). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dengan kurikulum paud: strategi mewujudkan siswa paud profil pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, 7(01), 93–104. https://doi.org/

Purnamasari, I., Khasanah, I., Kusumaningtyas, N., & Putriyanti, L. (2024). Meningkatkan Kompetensi Penyusunan Modul Ajar Bagi Pendidik PAUD Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JGEN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–83. https://doi.org/10.60126/jgen.v2i1.282

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Integrating Local Cultural Values into Early Childhood Education to Promote Character Building. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(7), 84–101. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.7.5

Simarmata, A., Purba, R. F. D., Simbolon, J., Siallagan, M., Purba, D., Damanik, W., & Panjaitan, P. D. (2024). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 164–169.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.

Widiyanti, I. A. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru Paud Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui in-House. Journal of Community Empowerment, 4(1), 89–96.

Wirahyuni, K., Suandi, I. N., Martha, I. N., & Sudiana, I. N. (2021). Integrating Balinese Local Wisdom of Tri Hita Karana: Primary School Teachers’ Belief. Alinteri Journal of Agriculture Sciences, 36(2), 132–139. https://doi.org/10.47059/alinteri/v36i2/ajas21133

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Beata Palmin, Emilia Graciela Mega Taran, Maria Fatima Mardina Angkur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: