PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KWT BERBASIS GROW COACHING MODEL DALAM MENGIMPLEMNTASIKAN GREEN ECONOMY: PENGEMASAN DAN DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK
Abstract
Abstrak: Permasalahan yang dihadapi Kelompok Wanita Tani (KWT) di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) adalah belum maksimalnya produktivitas dan keterampilan dalam pengemasan ramah lingkungan serta pemasaran berbasis digital produk hasil KWT. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan softskill dan hardskill anggota KWT melalui pendekatan pembinaan dan pendampingan berbasis GROW Coaching Model dalam upaya mengimplementasikan green economy di daerah perbatasan. Mitra pengabdian ini adalah KWT Tomat Intan dan Karya Tani. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, penyuluhan, workshop, dan praktikum dengan melibatkan 20 orang anggota KWT. Evaluasi dilakukan melalui observasi langsung dan kuesioner pra dan pasca kegiatan dengan menetapkan target capaian keberhasilan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kemampuan pengemasan dan pemasaran digital, dengan peningkatan softskill dan hardskill KWT dengan rata-rata Ketercapaian Target Pelaksanaan Program sebesar 89,03%. Selain itu, nilai ekonomis produk meningkat sebesar 40% pemanfaatan inovasi kemasan dan strategi pemasaran digital berbasis green economy. Pengabdian ini diharapkan dapat memperkuat kemandirian ekonomi anggota KWT secara berkelanjutan dan bersaing di daerah perbatasan negara.
Abstract: The problems faced by the Women Farmers Group (KWT) within the working area of the Agricultural Extension Center (BPP) include suboptimal productivity and skills in environmentally friendly packaging as well as digital marketing of KWT products. The objective of this community service program is to enhance the soft skills and hard skills of KWT members through a guidance and mentoring approach based on the GROW Coaching Model to implement the green economy in the border regions. The partner groups involved are KWT Tomat Intan and Karya Tani. The methods employed include socialization, extension services, workshops, and practicums involving 20 KWT members. Evaluation was conducted through direct observation and pre- and post-activity questionnaires, with success targets established. The results demonstrated improved packaging and digital marketing capabilities, with an average program implementation target achievement of 89.03%. Additionally, the economic value of products increased by 40% due to innovations in packaging and green economy-based digital marketing strategies. This community service is expected to strengthen the economic independence of KWT members sustainably and enhance their competitiveness in the border regions.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afridhianika, A. N., & Lestari, R. D. (2025). Strategi pemasaran digital di bidang agribisnis pertanian perbaikan daya saing produk lokal. Innovative: Journal of Social Science Research, 5(2), 2925–2932.
Amalia, F., Saefullah, A., Yolita, R. P., Rumua, Y., Yuliansyah, M. F., Khaila, P., Nurhidayat, M., Pratama, K. P., Putri, A. M., & Rahmadini, A. S. (2024). Kolaborasi Mahasiswa Dalam Pembangunan Agrowisata Di Kelompok Wanita Tani Garuda 12 Cipayung Kecamatan Ciputat. Journal of Community Research & Engagement, 1(1), 36–48.
Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi pemasaran digital: Inovasi untuk maksimalkan penjualan produk konsumen di era digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155–166.
Arfian, A., & Siregar, J. (2024). Strategi Peningkatan Daya Saing Dan Nilai Tambah Melalui Sosialisasi Desain Kemasan Produk Umkm Di Desa Sirnajaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif, 2(1), 149–154.
Atlantika, Y. N., Lumbantobing, W. L., Salfarini, E. M., & Beni, S. (2024). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pengemasan Produk Ekonomi Di SMKN 1 Bengkayang. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 13–24.
Atlantika, Y. N., Vuspitasari, B. K., & Salfarini, E. M. (2025). Digital-Based Educational Strategies For Msmes In Border Areas To Implement A Green Economy. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 755–764.
Auliya, R. T. (2024). Analisis Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Mengembangkan Bisnis UMKM di Kota Semarang. Journal of Islamic Entrepreneurship and Business Research, 1(2), 93–102.
Dong, S., Wang, N., Fan, C., Chen, S., & Zhang, L. (2024). E-commerce and rural women entrepreneurship——Based on the quasi-natural experiment of “comprehensive demonstration policy” for E-commerce in rural areas. Economic Analysis and Policy, 83, 749–765.
Doss, C. R. (2018). Women and agricultural productivity: Reframing the Issues. Development Policy Review : The Journal of the Overseas Development Institute, 36(1), 35–50. https://doi.org/10.1111/dpr.12243
Handayani, L., Pakpahan, S., Rusda, D., Julyanto, L., Erang, B. R., & Ambarwati, K. (2025). Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Kelompok Wanita Tani Alam Lestari Dalam Pengelolaan Usaha Pertanian. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 6(1), 45–53.
Indahyani, R., & Maga, L. (2023). Alternatif Kebijakan dalam pembangunan pertanian berkelanjutan di Provinsi Papua. Analisis Kebijakan Pertanian, 21(1), 111–131.
Indiarto, R., Subroto, E., Fedryansyah, M., & Al Adawiah, R. (2025). Peningkatan Daya Saing Umkm Kue Berbasis Inovasi Digital Dalam Pemasaran. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 1521–1532.
Jezierska-Thöle, A., Gwiaździńska-Goraj, M., & Dudzińska, M. (2022). Environmental, social, and economic aspects of the green economy in polish rural areas—a spatial analysis. Energies, 15(9), 3332.
Kim, E. (2023). Sustainable new product development for ten thousand villages, a fair-trade social enterprise: Empowering women and economic development through problem-based service learning. Sustainability, 15(8), 6452.
Kristiana, N. A. D., Huda, M. S., Tsaabita, O. S., Mukti, N. R., Fatiha, N. N., & Rasyid, M. N. (2024). Pemanfaatan Potensi Produk Lokal Dalam Agribisnis Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 7476–7483.
Lidder, P., Cattaneo, A., & Chaya, M. (2025). Innovation and technology for achieving resilient and inclusive rural transformation. Global Food Security, 44, 100827. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.gfs.2025.100827
Purnasari, P. D., Didik Saputro, T. V., Silvester, & Sadewo, Y. D. (2023). Primary Teacher Working Group Assistance in the Indonesia-Malaysia Border Area to Design the Annual Work Program. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 636–643. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.14519
Relawati, R., Ariadi, B. Y., & Tain, A. (2021). Eco-friendly packaging training for women farmers group to support digital marketing in Tawangargo Village, Malang Regency. Community Empowerment, 6(5), 849–855. https://doi.org/10.31603/ce.4531
Sofyani, H., Darsono, S. N. A. C., Amalia, R., Arundaya, F. A., & Putra, A. Z. (2025). Strategi Scale Up Bisnis UMKM Kelompok Wanita Tani Berbasis Sustainability di Desa Awu-Awu Purworejo. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 6(2), 55–69.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yeremia Niaga Atlantika, Eligia Monixa Salfarini, Candra Gudiato, Yuda Yuda, Elisabet Ariana, Jimmy Person

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: