MENINGKATKAN KETERAMPILAN WAWANCARA MELALUI SIMULASI PROFESIONAL: PELATIHAN UNTUK SISWA TINGKAT SMA DAN MAHASISWA
Abstract
Abstrak: Minimnya akses dan eksposur terhadap pelatihan wawancara berstandar internasional mengakibatkan rendahnya kesiapan siswa dan mahasiswa dalam bersaing di pasar global yang semakin kompetitif. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan berbasis simulasi profesional kepada siswa SMA dan mahasiswa dalam upaya meningkatkan keterampilan wawancara melalui praktik wawancara beasiswa dan lamaran kerja secara langsung, menyesuaikan standar internasional, bersama dengan Konsulat Jenederal AS (Konjen AS), Surabaya, sebagai mitra. Program ini menggunakan pendekatan partisipatif yang melibatkan total 23 peserta, 10 siswa SMA, dan 13 mahasiswa secara aktif. Metode yang digunakan meliputi pelatihan interaktif, simulasi wawancara langsung, mentoring oleh profesional, serta monitoring dan evaluasi secara komprehensif untuk memastikan keberhasilan program dengan melakukan survei kepuasan peserta menggunakan instrumen skala Likert. Hasil dari praktik wawancara ini menunjukkan konsep “simulasi” menjadi pembekalan yang lebih efektif untuk membuat peserta merasakan pengalaman yang nyata. sebanyak 82% dari peserta setuju bahwa pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh pemateri sudah sesuai dengan topik, dan 95% peserta mengungkapkan pembicara menyampaikan studi kasus yang inspiratif.
Abstract: The lack of access and exposure to international standard interview training results in low readiness among students and university students to compete in an increasingly competitive global market. This program aims to provide professional simulation-based training to high school and university students, aiming to improve their interview skills through direct scholarship and job application interviews, in line with international standards, in collaboration with the US Consulate General in Surabaya. The program adopts a participatory approach that actively involves 23 participants in total, 10 for high school students and 13 for university students. The methods used include interactive training, direct interview simulations, mentoring by professionals, as well as regular monitoring and evaluation comprehensively to ensure the program's success implementing participant satisfaction survey represented in Likert Scale Instrument. The results of the interview practice show that the “simulation” concept is a more effective preparation method, allowing participants to experience a different and realistic scenario. 82% of participants agreed that the questions and answers provided by the trainers were appropriate for the topic, and 95% of participants expressed that the speakers presented inspiring case studies.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Akhmadi, A. (2022). Pelatihan Jarak Jauh Era COVID-19 di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Jurnal Kewidyaiswaraan, 7(1), 229–235.
Altonji, J. G., & Zimmerman, S. D. (2017). The costs of and net returns to college major (NBER Working Paper No. 23029). National Bureau of Economic Research.
Ariawan, S., Suhardi, R. M., Hidayat, R., Zulkarwin, Aprillah, A., S, H., & Munjizun, A. (2021). Mentoring Beasiswa dan Studi Lanjut secara Online melalui Sekolah Beasiswa Straya untuk Pelamar Beaiswa Pascasarjana Tujuan Dalam dan Luar Negeri. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2165–2175.
Aysina, R. M., Efremova, G. I., Maksimenko, Z. A., & Nikiforov, M. V. (2017). Using a computer simulation to improve psychological readiness for job interviewing in unemployed individuals of pre-retirement age. Europe’s Journal of Psychology, 13(2), 251–268. https://doi.org/10.5964/ejop.v13i2.1250
Carnevale, A. P., Cheah, B., & Wenzinger, E. (2021). The College Payoff More Education Doesn’t Always Mean More Earnings. Georgetown University Center on Education and the Workforce, 1–22.
Dipboye, R. L. (2018). the Emerald Review of Industrial and Organizational Psychology. The Emerald Review of Industrial and Organizational Psychology, August, 1–912. https://doi.org/10.1108/9781787437852
Febrianti, R., & Santi, D. E. (2021). Efektivitas Program Pelatihan Interview Kerja pada Karyawan Di Perusahaan Daerah Pasar Surya. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2308
Greenwood, D., & Levin, M. (2007). Introduction to Action Research (2nd ed.). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781412984614
Hanushek, E. A., Schwerdt, G., Woessmann, L., & Zhang, L. (2017). General Education, Vocational Education, and Labor-Market Outcomes over the Lifecycle. Journal of Human Resources, 52(1), 48 LP – 87. https://doi.org/10.3368/jhr.52.1.0415-7074R
Kumala, I., Dewi, R., & Adhiyati, U. P. (2023). Pelatihan Kraepelin Dan Tips Menghadapi Wawancara Untuk Persiapan Tes Melamar Pekerjaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(4), 131–136. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i4.2259
Leiliyanti, E., Salma, H. Z., Devany, C., Anwar, M., & Harwood, L. (2024). Collaborative Storytelling Workshop For Students In Canberra : Learning Indonesian Culture Through Lutung Kasarung Folktale Universitas Negeri Jakarta ( in this case the Faculty of Languages and ( Bahasa Indonesia for Speakers of Other Languages ) program. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 1–10.
Mann, M. J., Yanson, R., & Lambert, A. D. (2018). Using Service Learning to Improve Interviewer and Interviewee Effectiveness. Management Teaching Review, 3(1), 20–36. https://doi.org/10.1177/2379298117697698
Melatiningsih, B. S., & Harmonis. (2024). Strategi Komunikasi Yang Efektif Dalam Negosiasi. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(10), 1–8.
Nayazik, A., Ramadhani, L. K., Hidayah, S., & Sifa, M. (2025). Pelatihan Wawancara Kerja Kelas XII SMK Al Asror Semarang. Manggali, 5(1), 11–19.
Oktavia, A. N., & Dwijayanti, R. (2024). Persepsi Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Di Smkn 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 35–46.
Pakpahan, E. M. (2022). Kecemasan, Kemampuan Dan Kebiasaan Berbahasa Inggris. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 300–306.
Puspita, N., & Aryanika, S. (2025). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 53–65.
Putu Shinta Novianty, Eka Ayu Purnama Lestari, & Komang Trisnadewi. (2022). Pengaruh Kompetensi Bahasa Inggris Terhadap Kinerja Pegawai. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.22225/kulturistik.6.1.3763
Ramadhan, R. (2024). Konsulat Jenderal AS , Surabaya : Pendidikan di Amerika Serikat adalah Investasi Seumur Hidup. 3–5.
Retno Ayu Wulandari, Nailla Rafa Safitri, Nilot Pramudita Ayu Mahesty, Alif Kurniyanto, Fitrotul Afifah, Abdul Rahman Bin Rahim, & Suhariyanto Suhariyanto. (2024). Peningkatan Skill Wawancara Narasumber Melalui Pelatihan Jurnalistik Teknik Wawancara Narasumber Pada Siswa SMA 02 Masehi PSAK Semarang. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(3), 205–218. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i3.1094
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2012). Organizational behavior 15th edition. Prentice Hall.
Sugiartha, A. (2016). Studi Deskriptif Program Pelatihan Karyawan pada Ibis Hotel Basuki Rahmat Surabaya. Agora, 4(1), 882–893.
Suprayogi, S., Puspita, D., Putra, E. A. D., & Mulia, M. R. (2022). Pelatihan Wawancara Kerja Bagi Anggota Karang Taruna Satya Wira Bhakti Lampung Timur. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 356–363. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4494
Wediawati, T., Althalets, F., Sulistio, L. C., Hendiani, P., Musdalifah, R., Verdina, V., & Aransyah, M. F. (2021). Pelatihan job interview dan soft skills guna memasuki dunia kerja. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1–8.
Willison, J., Sabir, F., & Thomas, J. (2017). Shifting dimensions of autonomy in students’ research and employment. Higher Education Research & Development, 36(2), 430–443. https://doi.org/10.1080/07294360.2016.1178216
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.33530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ephrilia Noor Fitriana, Cicilia Deandra Maya Putri, Uci Elly Kholidah, Fariq Shiddiq Tasaufy, Ayunita Leliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: