PENGUATAN NILAI UBUDIYAH MAHASISWA MELALUI PROGRAM DARUL ARQAM SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KARAKTER ISLAMI
Abstract
Abstrak: Pembinaan spiritual mahasiswa menjadi aspek penting dalam pengembangan karakter Islami di lingkungan perguruan tinggi. Program Darul Arqam diselenggarakan dengan tujuan untuk menanamkan pemahaman mendalam mengenai pentingnya nilai-nilai ubudiyah dalam kehidupan mahasiswa serta meningkatkan kualitas ibadah dan spiritualitas mereka. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa sebagai mitra dan dirancang menggunakan metode pembinaan yang mencakup penyampaian materi keislaman secara tematik, pelaksanaan praktik ibadah seperti salat berjamaah, tilawah Al-Qur’an, qiyamul lail, serta diskusi kelompok yang mendorong refleksi dan penguatan nilai spiritual. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh peserta dan panitia untuk menilai tingkat kepuasan, efektivitas pelaksanaan, serta masukan terhadap aspek yang perlu ditingkatkan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini mencapai tingkat keberhasilan sebesar 75%, yang mencerminkan dampak positif dalam penguatan karakter Islami dan peningkatan kesadaran ibadah di kalangan mahasiswa. Program ini terbukti efektif sebagai salah satu bentuk pembinaan spiritual yang berkelanjutan di lingkungan perguruan tinggi.
Abstract: Spiritual development of students is an important aspect in developing Islamic character in higher education. The Darul Arqam program was held with the aim of instilling a deep understanding of the importance of ubudiyah values in the lives of students and improving the quality of their worship and spirituality. This activity was attended by 50 students as partners and was designed using a coaching method that includes the delivery of Islamic material thematically, the implementation of worship practices such as congregational prayers, recitation of the Qur'an, qiyamul lail, and group discussions that encourage reflection and strengthening of spiritual values. Evaluation of the activity was carried out through filling out questionnaires by participants and organizers to assess the level of satisfaction, effectiveness of implementation, and input on aspects that need to be improved. The evaluation results show that this activity achieved a success rate of 75%, which reflects a positive impact in strengthening Islamic character and increasing awareness of worship among students. This program proved to be effective as a form of sustainable spiritual development in the university environment.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alamsyah, A. A. (2024). Inovasi Pengembangan Karakter Islami dalam Konteks Global: Pendekatan Pragmatis untuk Tantangan Modern. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(2), 80–92. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.491.80-92
Anisa, Sri and Asha, Lukman and Zakiyah, Z. (n.d.). Pengaruh pembinaan akhlak dalam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Cahaya Islam terhadap akhlak mulia mahasiswa IAIN Curup (Skripsi sarjana). Institut Agama Islam Negeri Curup. Diunduh dari http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4148
Annas, A. N., & Mas, S. R. (2022). Transformasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Boarding Di Era Disruptif. Penerbit Nem.
Handayani, I. P., Jannah, M. M., & Almujaddedi, M. S. (2021). Materi karakter Islami pada Darul Arqom Dasar Ikatan Mahasiswa Muhammadiya. AL-QALAM Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 1–9.
Hunaidah, H., Fadllurrahman, F., & Warohmah, M. (2024). Ketahanan Keluarga Berbasis Pendidikan Spiritual: Solusi Mencegah Kenakalan Remaja Di Babelan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ilham Putri Handayani, Mutia Miftahul Jannah, & Almujaddedi, M. S. (2022). Materi Karakter Islami Pada Darul Arqam Dasar (Dad) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.609
Maruf, A. (2023). Efektivitas Kompetensi Dasar Ubudiyah (Kdu) Terhadap Pembentukan Mental Dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(1), 54–60.
Mustamin, S. W., Rahman, A., & Yusrianto, Y. (2022). Tingkat Kedalam Materi Pengkaderan Dan Penghayatan Mahasiswa Dalam Menerima Materi. OEL: Journal of Educational and Language Research, 2(5), 739–750.
Nasihatun, S. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Strategi Implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.100
Nisaul Husna, & Meyniar Albina. (2024). Peran Metode dalam Merumuskan Pendidikan Islam yang Inovatif: Perspektif Filsafat dan Aplikasinya. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan, 2(1), 37–50. https://doi.org/10.62282/je.v2i1.37-50
Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., ... & Mahdi, M. (2023). Pendidikan karakter membangun generasi unggul berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Raudatussalamah, & Susanti, R. (2017). The Role of Religiousity: Keikutsertaan dalam Pembinaan Keislaman Mahasiswa dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 181–190. http://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/download/48/20/
Sagala, H. H., & Nasution, M. H. (2024). Model Pembinaan Kemandirian Ibadah Santri di Pesantren Modern Misbahul Ulum Paloh Lhokseumawe. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 15(2), 203–218.
Setiawan, A., Nurhadi, H., Yusuf, I. A., Hasanah, A., & Arifin, B. samsul. (2024). Ragam Model Penanaman Karakter di Satuan Lembaga Pendidikan (Pesantren, Madrasah dan Sekolah). Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(3), 85–104. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.143
Setyaningsih, R. (2017). Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa (Studi Terhadap Lembaga Pengembangan Studi Islam (Lpsi) Di Universitas Ahmad Dahlan (Uad), Yogyakarta). … : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27405
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.33649
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mappanyompa Mappanyompa, Rukimin Rukimin, Sahwan Sahwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: