IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL BERBASIS SENI BUDAYA DAERAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD
Abstract
Abstrak: Penanaman nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar melalui penguatan kurikulum muatan lokal berbasis seni dan budaya daerah merupakan langkah strategis untuk membangun generasi yang berkarakter luhur dan cinta budaya. Namun, implementasinya masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya adalah terbatasnya jumlah pelatih yang kompeten di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada guru dalam mengimplementasikan kurikulum muatan lokal secara efektif. Metode yang digunakan meliputi pelatihan dan pendampingan berkelanjutan bersama 30 guru SD. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis muatan lokal, terutama pada aspek edukatif, rekreatif, dan kompetitif. Program ini terbukti menjadi solusi inovatif dan aplikatif dalam membentuk karakter siswa melalui pendekatan seni dan budaya daerah.
Abstract: Instilling character values in elementary school students through strengthening the local content curriculum based on regional arts and culture is a strategic step towards developing a generation with noble character and a love of culture. However, its implementation still faces various obstacles, one of which is the limited number of competent trainers in schools. This activity aims to provide guidance to teachers in implementing the local content curriculum effectively. The methods used include training and ongoing mentoring. The results of the activity show an increase in teachers' understanding and skills in implementing local content-based learning, especially in the educational, recreational, and competitive aspects. This program has proven to be an innovative and applicable solution in shaping student character through a regional arts and culture approach.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Amaliah, D. (2015). Pengembangan muatan lokal sebagai salah satu strategi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY “Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA”, hlm. 419-613. Universitas Negeri Yogyakarta.
Annisa ul Khaira, Devi Cynthia, & Cut Kumala Sari. (2025). Membangun Generasi Berintegrasi: Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Nasional. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 120–127. https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i3.1660
Asy’ari, M., & Arifin, A. (2024). Implementasi Kurikulum Berbasis Muatan Lokal Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Peserta Didik. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 4, 1–12. https://doi.org/10.51178/jpspr.v4i2.1962
Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M., & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences and Humanities Open, 4(1), 100171. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171
Fazza Erwina Dwi, & Bradley Setiyadi. (2024). Peran Kurikulum Muatan Lokal dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Journal Innovation In Education, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i2.1178
Febriantina, S., Riswono, D. A., Aprilia, L., -, S., & Ukhfiya, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 16–26. https://doi.org/10.17509/jppd.v8i1.31503
Gunawan, R. Z., Fatma, &, & Najicha, U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Moral Pelajar Di Era Modern. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 422–427.
Handayani, L., Hartono, & Saearani, M. F. T. Bin. (2024). Paradigma dan Tantangan Pendidikan Seni dalam Mengintegrasikan Akhlaq, Teknologi, dan Multikulturalisme. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 9(2), 235–248. https://doi.org/10.36982/jsdb.v9i2.4165
Hazizah Isnaini, & Robie Fanreza. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 279–297. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1130
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2023). The Role of Problem Based Learning Learning in Improving Student Character Education. Jurnal Basicedu, 7(1), 169–170.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Najih, A., Nafiah, N., Akhwani, A., & Sunanto, S. (2024). Implementasi Media Wayang untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Nasionalis Siswa Kelas III SDN Sawunggaling VII Surabaya. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 484–491.
Nehru. (2024). Peran Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tantangan Sosial Di Kalangan Remaja Pada SMAN 3 Kota Bima. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(4), 21–28. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol3.iss4.1317
Octavia, E., & Rube’i, M. A. (2017). Penguatan pendidikan karakter berbasis pancasila untuk membentuk mahasiswa prodi PPKN menjadi warga negara yang baik dan cerdas [The strengthening of character education based on Pancasila to form a student of PPKn major to be a good and intelligent citiz. Social Horizon: Journal of Social Education/ Sosial Horison: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 111–124. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/download/427/409
Putri, S. A. F., & Wiranata, I. H. (2025). Peran Strategis Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Moral Pelajar. Jurnal Prosiding Konseling Kearifan Nusantara, 563–576.
Ramadhan, F., Helmawati, Puspitasari, D., Yanto, T., & Denih, A. (2023). Perencanaan Stratejik Pendidikan Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 38 Bandung. Al Afkar: Journal for Islamic Studies, 6(2), 353–365. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.559.Educational
Saputro, A., & Wijayanti, O. (2021). Tantangan Guru Abad 21 Dalam Mengajarkan Muatan Sbdp Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 51–59. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.77
Supeni, S., Farida Sari, A., Sutoyo, S., & Nur Oktavia, B. (2023). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Budaya Daerah Pada Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 161–172. https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.8988
Supeni, S., Sumaryati, S., & Handini, O. (2025). Pelatihan Project Based Learning Berbasis Wayang Sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 637–645.
Suyitno, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307
Syafrizal, T. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka dalam perspektif teori belajar humanistik di MTSN 3 dan MTSN 19 Jakarta. tesis. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 130. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/74388%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/74388/1/21200181000035-Tomy Syafrizal.pdf
Wahyuni, A. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Kebudayaan Lokal pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 743–753. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12929
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.33857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Supeni, Wartoyo, Riyana Agustina, Dony Prastyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: