PELATIHAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENYUSUN MATERI AJAR BAGI GURU

Reni Oktaviani, Siti Ansoriyah, Muhamad Fajar Rizkia, Selly Oktarini

Abstract


Abstrak: Pemanfaatan artificial intelligence berbasis literasi digital diperlukan oleh guru dalam menyusun materi ajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan pembelajaran menjadi menarik. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk pelatihan penggunaan artificial intelligence berbasis literasi digital untuk menyusun materi ajar bagi guru di kecamatan Cileungsi. Pelatihan ini menggunakan artificial intelligence pada aplikasi Canva dalam menyusun materi ajar di sekolah. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode demonstrasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan guru sebanyak 28 orang di Cileungsi, Bogor. Hasil pengabdian ini dilakukan melalui angket untuk mengukur ketercapaian kompetensi dan pemahaman guru meliputi menyusun materi ajar sebesar 100%, pemahaman penggunaan artificial intelligence dalam menyusun materi ajar sebesar 100%, menyusun materi ajar berbasis literasi digital dengan memanfaatkan artificial intelligence dengan ketercapaian 100%, penyusunan materi ajar melalui penggunaan artificial intelligence berbasis literasi digital secara mandiri dengan presentasi ketercapaian 93%, dan penggunaan artificial intelligence dalam menyusun materi ajar berbasis literasi digital di kelas sebesar 89%. Penyusunan materi ajar dengan menggunakan artificial intelligence berbasis literasi digital yang kreatif dan menarik dapat meningkatkan pengetahuan siswa.

Abstract: The use of digital literacy-based artificial intelligence is necessary for teachers in developing teaching materials so that learning objectives can be achieved and learning becomes interesting. This community service program aims to provide training on the use of digital literacy-based artificial intelligence to develop teaching materials for teachers in the Cileungsi sub-district. This training uses artificial intelligence in the Canva application to develop teaching materials in schools. This community service program uses the demonstration method. This community service activity involved 28 teachers in Cileungsi, Bogor. The results of this community service were measured through a questionnaire to assess the teachers' competency and understanding, including developing teaching materials by 100%, understanding of the use of artificial intelligence in developing teaching materials by 100%, developing digital literacy-based teaching materials using artificial intelligence with an achievement rate of 100%, developing teaching materials through the use of digital literacy-based artificial intelligence independently with a presentation achievement rate of 93%, and the use of artificial intelligence in developing digital literacy-based teaching materials in the classroom by 89%. The development of teaching materials using creative and interesting digital literacy-based artificial intelligence can improve students' knowledge.


Keywords


Teaching Materials; Artificial Intelligence; Canva; Digital Literacy.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Al Haq, G. T., Sismulyasih SB, N., & Purwati, P. D. (2024). Canva-based Smart Apps Creator Media to Enhance Comprehension Skills of Informational Text for Third-Grade Students. International Journal of Elementary Education, 8(2), 385–393. https://doi.org/10.23887/ijee.v8i2.77090

Anggraini, W., Komikesari, H., Pratiwi, M., & Ningtias, P. A. (2024). Development of an e-module based on the Self-Organized Learning Environment (SOLE) model assisted by Artificial Intelligence (AI) on kinematics material. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 10(2), 173.

Astutik, E. P., Ayuni, N. A., & Putri, A. M. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran Pemanfaatan Kecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Sindoro Cendekia Pendidikan, 1(10), 101–112.

Batubara, M. H., Nasution, A. K. P., Lbs, M., & Nurmalina, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Dengan Pelatihan Renderforest.Com. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 67–72.

Chiu, T. K. F., Meng, H., Chai, C. S., King, I., Wong, S., & Yam, Y. (2022). Creation and Evaluation of a Pretertiary Artificial Intelligence (AI) Curriculum. IEEE Transactions on Education, 65(1), 30–39. https://doi.org/10.1109/TE.2021.3085878

Febriani, D. R., Indriyani, I., Fauziyah, A. S., Divania, A. S., & Maulidah, N. (2025). Peran Literasi Digital dalam Pembentukan Etika Sosial di Dunia Maya Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 858–865. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2962

Fitria, T. N. (2023). Artificial intelligence (AI) technology in OpenAI ChatGPT application: A review of ChatGPT in writing English essay. Journal of English Language Teaching, 12(1), 44–58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt

Maxwell, L. (2020). Digital Literacy and Digital Legacy. Library Technology Reports, 56(5), 7–11. www.tagxedo.com

Oktaviani, R., Ansoriyah, S., & Oktarini, S. (2023). Peningkatan Daya Baca Masyarakat melalui Literasi Digital Menggunakan Teknik Pembacaan Sepintas di Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Abdimas Galuh, 5(1), 346–353.

Oktaviani, R., Ansoriyah, S., Oktarini, S., & Sekhudin, N. (2024). Pelatihan Pembuatan Materi Ajar Melalui Animasi Renderforest Berbasis Literasi Digital bagi Guru SMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3826–3838.

Oktaviani, R., & Marliana, N. L. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Penyuntingan Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 85–92. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.11771

Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152–159.

Teiseran, G. G. (2020). Implementasi Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Monolog Pendek Berbentuk Prosedur. Journal of Education Action Research, 4(2), 192–197.

Yuliani, Y., Kusrina, T., & Suriswo, S. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Artificial Intelligence Canva Berbasis Diferensiasi untuk Siswa SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(2), 260–269.

Zulaeha, I., Sulisyaningrum, S., Suratno, S., Pristiwati, R., Arsanti, M., & Supriyono, A. Y. (2021). Bimtek Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural bagi Guru MTs/SMP di Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1(2), 01–06.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.33871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Reni Oktaviani, Siti Ansoriyah, Muhamad Fajar Rizkia, Selly Oktarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: